Kuliner

Mengenal Nasi Langgi, Hidangan Khas Jember untuk Tamu Keraton

Senin, 13 Maret 2023 - 01:12 | 154.05k
Nasi Langgi khas Jember yang dipadukan dengan dapur Java Lotus Hotel. (FOTO: Java Lotus for TIMES Indonesia)
Nasi Langgi khas Jember yang dipadukan dengan dapur Java Lotus Hotel. (FOTO: Java Lotus for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Salah satu hadirnya Java Lotus Hotel di Kabupaten Jember adalah untuk mengangkat kearifan lokal, terutama dalam bidang kuliner.

Seolah tak ada habisnya, kali ini, hotel yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 47 menghadirkan menu Nasi Langgi Pandalungan Jember. 

Sajian Nasi Langgi yang lebih dari sekadar olahan dapur, menyimpan banyak makna filosofis di dalamnya.

Hidangan sederhana yang konon dipersiapkan malam hari menjelang pagi dan kemudian dihidangkan sewaktu sarapan, mencerminkan budaya, warisan tradisi dan rasa khas masyarakat pandalungan Jember.  

Hal tersebut dijelaskan General Manager Java Lotus Hotel, Jeffrey Wibisono V. atas kehadiran menu Nasi Langgi yang melengkapi hidangan rumahan di Hotel Java Lotus Jember.

"Menu Nasi Langgi memperkaya menu hidangan rumahan Nusantara yang ada di Java Lotus, seperti yang sudah ada sebelumnya yakni, ayam kampung bacem pandalungan, sop iga, sop buntut dan Penyetan Pedas Melekat. Berbahan baku hasil pertanian, peternakan dan perkebunan di kawasan Kabupaten Jember dan sekitarnya," jelas Jeffrey. 

Namun, Nasi Langgi yang nyatanya berasal dari Jember, Jawa Timur, lebih terkenal di daerah Jawa Tengah, seperti Solo dan Yogyakarta.

“Survey yang kami lakukan juga menunjukkan masyarakat Jember tidak semuanya paham eksistensi Nasi Langgi,” papar Jeffrey. 

Tak heran jika banyak orang salah kaprah mengenal keaslian Nasi Langgi.

Padahal, hidangan khas masyarakat pandalungan ini sangat popular pada masa penjajahan dan menjadi santapan bagi tamu penting keraton kerajaan Jember di abad 19 - 20. 

Oleh karena itu, Java Lotus Hotel menggali dan mengangkat kembali keaslian hidangan Kabupaten Jember yang mulai terlupakan, memadukannya dengan kekhasan dapur Java Lotus Hotel membuat sajian Nasi Langgi sangat cocok untuk dicicipi. 

"Jika di Jawa Tengah terkenal dengan masakannya yang manis, Nasi Langgi di Java Lotus Hotel mengangkat cita rasa sedap, gurih, manis yang balance, sesuai dengan cita rasa lidah orang Jember yang notabenya masyarakat campuran Jawa dan Madura," terang GM Java Lotus. 

Hidangan sepiring Nasi Langgi Java Lotus Hotel yang dibanderol dengan harga Rp50.000 nett/pax, sudah bisa dinikmati untuk merasakan gurihnya nasi yang dipadukan dengan lima lauk berupa daging rendang jawa yang kaya akan rempah, dikombinasikan dengan sedapnya abon ayam, kering tempe yang manis, ditambah gurihnya kentang balado dan juga telur pindang. 

Bagi anda penikmat hidangan bercita rasa pedas, tak usah risau, Java Lotus Hotel juga melengkapi menu Nasi Langgi dengan sambal cabe terong tengger yang pedasnya 10 kali lipat lebih pedas dari cabe biasanya, menjadikan hidangan Nasi Langgi Java Lotus Hotel tidak terlupakan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES