Kuliner

5 Kuliner Khas Kota Probolinggo untuk Buka Puasa Ramadan

Jumat, 17 Maret 2023 - 16:19 | 145.51k
Warung Bebek Cak Mangun menjadi salah satu kuliner khas Kota Probolinggo, yang direkomendasikan bagi anda untuk menu buka puasa Ramadan. (Foto: Facebook Cak Mangun)
Warung Bebek Cak Mangun menjadi salah satu kuliner khas Kota Probolinggo, yang direkomendasikan bagi anda untuk menu buka puasa Ramadan. (Foto: Facebook Cak Mangun)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Bulan Ramadan identik dengan puasa. Tapi Ramadan juga identik dengan kuliner, terutama untuk menu buka puasa. Jika anda sedang berkunjung ke Kota Probolinggo, Jawa Timur, tidak ada salahnya memilih kuliner khas Kota Probolinggo sebagai pilihan menu buka puasa.

Ada banyak tempat di Kota Probolinggo yang diburu oleh umat Islam untuk buka puasa. Baik restauran, depot atau hanya sekelas warung kecil. Apapun kelas tempatnya, yang pasti kuliner khas Kota Probolinggo menggugah selera.

Tapi dari seabrek tempat kuliner tersebut, tidak ada salahnya jika anda memiliki panduan kuliner khas Kota Probolinggo. Pastinya recommended dan tidak menguras dompet dalam-dalam.

Inilah lima kuliner khas Kota Probolinggo yang banyak diburu umat Islam untuk buka puasa:

Bebek Goreng Bu Lely

Masyarakat Probolinggo sudah tidak asing lagi dengan warung makan yang satu ini. Tentu, keterkenalan itu tak lepas dari menu khasnya, dan menjadi salah satu kuliner khas Kota Probolinggo.

Bebek Goreng Bu Lely memiliki cita rasa khas banget. Sulit ditemui di tempat lain yang menjual menu serupa. Terutama pada bumbunya.

Olahan bumbu dari rempah tradisional Bebek Goreng Bu Lely begitu gurih. Sedap sampai ke daging terdalam yang empuk banget.

Meski dikenal dengan bebek gorengnya. Namun Bebek Goreng Bu Lelu juga menyediakan menu lain. Ada lalapan ayam goreng, serta aneka sari laut seperti lele goreng dan lainnya.

Ciri khas lain dari warung ini adalah pilihan sambalnya. Ada sambal sambal hijau, sambal tomat dan sambal bajak teri.

Sudah gak sabar ingin mencicipi Bebek Goreng Bu Lely? Persiapkan diri anda untuk buka puasa di salah satu kuliner khas Kota Probolinggo ini. Letaknya di Jalan KH Mansur, barat Stasiun Probolinggo.

Warung Bebek Cak Mangun

Masih dengan menu bebek. Kali ini kami menyajikan pilihan bebek goreng di Warung Bebek Cak Mangun.

Boleh dibilang, menu bebek menjadi salah satu kuliner khas Kota Probolinggo. Karenanya tak sulit jika kita ingin menyantap bebek goreng di Kota Probolinggo.

Untuk menu yang paling banyak diburu di Warung Bebek Cak Mangun, yakni Bebek Paddang Sambal Pencit. Rasa khas bebek gorengnya terpadu dengan sambal pencitnya.

Apakah tempat ini hanya menyediakan bebek goreng? Pastinya tidak. Warung Bebek Cak Mangun juga menyediakan gurami krispy. Renyahnya gurami tersebut semakin lengkap dengan sambal pencit.

Yaudah deh, gak usah terlalu berimajinasi. Jika anda ingin berbuka puasa dengan menu di atas, segeralah datang dan ajak keluarga anda ke Warung Bebek Cak Mangun. Lokasinya juga di Jalan KH Mansur.

Soto Garuda

Kuliner khas Kota Probolinggo tidak hanya bebek goreng. Soto juga ada. Maklum, penduduk Kota Probolinggo didominasi etnis madura. Nah, soto dikenal karena dipopulerkan oleh etnis Madura. Ada beberapa penjual soto di Kota Probolinggo. Tapi Soto Garuda paling populer.

Yap, Soto Garuda terletak di dalam area eks bioskop Garuda Jalan Dr Soetomo Kota Probolinggo. Keberadaannya sudah diketahui masyarakat lintas generasi.

Disebutkan, Soto Garuda sudah ada sejak tahun 1960 an. Saat ini, penjualnya merupakan generasi ketiga. Itu artinya Soto Garuda masih diminati masyarakat. Termasuk untuk menu buka puasa.

Karena itu, jika ingin menikmati soto lezat untuk buka puasa, Soto Garuda sangat direkomendasikan.

Sari Laut CJDW

Yap, kali ini sudah saatnya kita mengeksplore sari laut sebagai salah satu kuliner khas Kota Probolinggo. Sebab Kota Probolinggo menjadi salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur.

Tak heran jika menjamur kuliner sari laut di Kota Probolinggo. Salah satunya yang paling banyak diburu yakni warung Sari Laut CJDW. Lokasinya di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan.

Pembeli warung ini tidak hanya warga setempat. Pengedara luar kota juga banyak menikmati olahan menu Sari Laut CJDW. Apalagi menunya sangat jarang ditemui. Seperti cumi dan kepiting.

Hasil laut tersebut diolah menggunakan rempah tradisional. Pastinya menu yang disajikan semuanya masih segar.

Ikan Bakar Gatsu

Masih belum puas dengan olahan hasil laut Kota Probolinggo? Tenang saja. Masih ada menu ikan bakar sebagai salah satu kuliner khas Kota Probolinggo.

Ada Ikan Bakar Gatsu namanya. Warung ini sudah banyak diketahui warga Probolinggo. Ikan bakar menjadi menu khasnya dan menjadi pembeda dari warung lainnya. Ikannya masih segar, dipadu dengan bumbu meresap.

Ada banyak ikan yang disediakan di sini. Mulai dari kerapu, gurami, cumi dan udang. Semuanya merupakan hasil tangkapan ikan nelayan setempat.

Jika anda ingin merasakan lezatnya ikan bakar di warung tersebut, lokasinya berada di Jalan KH Mansur, timur Stasiun Probolinggo.

Itulah lima kuliner khas Kota Probolinggo yang direkomendasikan bagi anda untuk menu buka puasa Ramadan di Kota Probolinggo, Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES