Kuliner

5 Menu Takjil yang Paling Diburu di Majalengka saat Ramadan

Rabu, 29 Maret 2023 - 04:21 | 76.47k
Ilustrasi es kepala muda. (FOTO: halo sehat)
Ilustrasi es kepala muda. (FOTO: halo sehat)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Seperti di daerah lain, di Majalengka, Jawa Barat juga banyak kuliner yang dijual untuk buka puasa. Mulai dari minuman menyegarkan sampai makanan berupa kue-kue manis yang melezatkan. Eitss, tapi ada 5 menu takjil yang selalu diburu warga Majalengka di bulan Ramadan hingga laris manis.

Berikut 5 menu takjil yang dijamin selalu ada dan laris manis dibeli waktu bulan Ramadan di Kabupaten Majalengka.

1. Kolak

Kolak jadi peringkat teratas takjil yang selalu ada dan laris di bulan Ramdan. Kolak sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari santan kelapa dan campuran bahan makanan lain, contohnya pisang, ubi, ketan, dll. Rasanya yang manis dengan kuah santan yang kental bikin rindu selalu dan jadi pembuka yang manis saat berbuka puasa.

2. Es Kelapa Muda

Es Kelapa muda banyak ditemui saat bulan Ramadan. Pasalnya, kelapa muda juga salah satu minuman favorit untuk buka puasa. Rasanya yang segar dan nikmat mampu mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Banyak yang menikmati kelapa muda langsung atau diolah terlebih dahulu dengan mencampurkan sirup atau gula jawa.

3. Sirup

Sirup jadi salah satu bahan pelengkap minuman saat buka puasa. Sirup sering digunakan untuk membuat es buah, es kelapa muda, es campur, dan lainnya. Asalkan ada sirup, membuat menu makanan atau minuman manis akan lebih mudah dan bervariasi.

4. Cincau

Dua jenis cincau, yakni cincau hitam dan cincau hijau, sama-sama laris saat Ramadan. Umumnya cincau ini bisa dicampur dengan es cendol, es dawet, atau es kopi. Teksturnya yang kenyal dan lumer membuat cincau mampu menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa.

5. Es Campur

Siapa yang tidak menyukai dessert khas Indonesia satu ini? Memiliki rasa manis dengan campuran buah-buahan, agar-agar, dan kolang kaling. Disajikan dengan es serut dan diberi susu kental manis. Cocok dimakan untuk sajian buka puasa yang menyegarkan.

Nah, itu dia deretan menu takjil segar yang paling diburu untuk buka puasa di Kabupaten Majalengka. Rasanya yang enak dan segar. Jadi, takjil mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES