Kuliner

Pasar Senggol Loktuan di Bontang Utara, Destinasi Belanja Bersejarah di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:01 | 87.38k
Suasana Bazar Senggol Ramadan di Loktuan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Suasana Bazar Senggol Ramadan di Loktuan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Bulan Ramadan telah tiba, dan warga Bontang Utara menyambutnya dengan kegiatan yang menyemarakkan. Salah satu di antaranya adalah kehadiran pasar senggol Loktuan yang telah dibuka sejak 23 Maret 2023.

Pasar senggol Loktuan ini merupakan destinasi belanja bersejarah yang unik dan menarik. Pasar ini juga menjadi saksi sejarah perkembangan kota Bontang Utara pada masa lalu. Seiring dengan kemajuan zaman, pasar senggol dianggap semakin langka dan kini hanya tersisa di beberapa wilayah saja, salah satunya di Loktuan.

Di pasar senggol Loktuan, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis produk seperti pakaian, aksesoris, makanan, dan minuman khas Ramadhan dengan harga yang terjangkau.

Selain menjadi destinasi belanja, pasar senggol Loktuan juga menjadi tempat wisata sejarah yang menarik. Pengunjung dapat merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda dengan suasana pasar modern. Pasar senggol Loktuan ini juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga yang menambah kentalnya nuansa Ramadhan di Bontang Utara.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, pasar senggol Loktuan menawarkan berbagai jenis produk khas Ramadan seperti takjil, minuman tradisional, dan makanan ringan yang dapat dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. 

Tidak hanya itu, suasana pasar yang unik dan kental dengan nuansa Ramadan akan membuat pengunjung merasakan kehangatan dan kebersamaan di antara warga Loktuan dan sekitarnya.

Pasar senggol Loktuan akan beroperasi hingga 06 April 2023. Warga Loktuan dan sekitarnya diundang untuk mengunjungi pasar senggol ini dan merasakan pengalaman berbelanja yang bersejarah sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadan. 

Dengan adanya pasar senggol ini, diharapkan dapat memperkenalkan keunikan dan keindahan budaya lokal kepada masyarakat dan wisatawan.

Lurah Loktuan, Hadi Jumianto berharap event bertajuk senggol Ramadan ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bontang.

Pasalnya tak hanya lokasi yang menjadi tempat berbelanja bagi khalayak yang datang, pengunjung juga diajak merasakan memori nostalgia pasar senggol bersejarah sepanjang Kampung Loktuan ada hingga saat ini.

"Semoga bazar ini jadi momentum kebangkitan pasar senggol Loktuan yang bersejarah dan sarat dengan kegiatan UMKM masyarakat setempat. Dan kedepan akan kita gerakkan masyarakat untuk membuat berbagai kegiatan rutin untuk membangkitkan kembali kunjungan ke pasar senggol sebagai destinasi belanja," tutup Hadi Jumianto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES