Kuliner

Ikan Asap Pesisir Paiton Probolinggo Ini Berbeda, Bikin Buka Puasa Kedap-Kedip

Selasa, 04 April 2023 - 15:39 | 105.34k
Ikan asap milik Zainal Murtadho di pinggir Jalan Raya Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini selalu ramai dari pembeli selama ramadan. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Ikan asap milik Zainal Murtadho di pinggir Jalan Raya Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini selalu ramai dari pembeli selama ramadan. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di Kota dan Kabupaten Probolinggo, banyak lapak ikan asap dadakan di saat momen ramadan tiba. Namun, ikan asap di Jalan Raya Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini berbeda dengan ikan asap lainnya. Ikan asap ini adalah khas pesisir laut utara Paiton, Kabupaten Probolinggo, sangat cocok disantap saat buka puasa.

Aroma ikan asap memang begitu menggairahkan dan merangsang rasa, karena ikan asap berbeda dengan ikan bakar. Ikan asap dengan aroma yang khas itu hanya mengandalkan atau dimasak dengan menggunakan asap saja. Sehingga menghasilkan aroma yang luar biasa dan bikin ketagihan.

Bagi Anda yang melintas di Jalan Raya Paiton, tak perlu bingung jika ingin membeli ikan asap. Sebuah lapak di pinggir jalan milik Zainal Murtadho, tepatnya di barat partelon lapangan tembak TNI AL Desa Sumberanyar, Paiton. Di lapak tersebut sudah menjadi jujugan pengunjung sejak bulan ramadan.

Ada beragam jenis ikan yang dimasak menggunakan asap. Ada ikan pari, terisi, tongkol, kerapu, ikan kakap dan jenis ikan lainnya. Ikan asap yang dijual, diolah dari ikan segar tangkapan nelayan setempat. Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana. Namun menggugah selera.

Ikan asap segar yang dipanggang ketika pengunjung datang, disajikan dengan sambal terasi khas pesisir Probolinggo, Jawa Timur. Citarasa gurih dan sedikit asin dari sambal yang disajikan, sangat nikmat ketika dipadu dengan daging ikan bakar segar yang baru saja dipanggang.

“Ikan yang diasap ini adalah ikan laut yang diambil dari nelayan. Ikan yang kami sajikan ini masih segar. Karena kalau ikan masih segar dari laut, rasanya gurih,” kata Zainal Murtadho, penjual ikan asap khas pesisir, saat ditemui di lapaknya, Selasa (4/4/2023).

Ia mengatakan, pembeli atau pengunjung yang datang ke lapaknya kebanyak warga setempat, ada pula warga luar yaitu para pengendara dari arah barat dan timur berhenti membeli. Harga ikan yang dijualnya kata dia bervariasi, tergantung jenis ikannya.

“Saya sudah berlangganan membeli ikan asap di sini. Aromanya sangat khas sekali. Saya suka aroma ikan asap di sini. Sangat menggugah selera. Saya dan keluarga mengkonsumsinya setiap buka puasa dan sahur,” tutur Rahma, salah satu pembeli.

“Ikan asap ini sangat mantap dan nikmat jika dipenyet dengan sambal trasi. Apalagi dimakan dengan bumbu spesial, seperti kecap, bawang dan cabai, dijamin maknyus,” sambung Rahma.

Ikan asap khas pasisir Paiton, Kabupaten Probolinggo, ini siap melayani pembali dan pelanggannya selama ramadan hingga lebaran nanti. Silakan dicoba dan nikmati jika Anda penasaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES