Kuliner

Makanan Khas Lebaran Masyarakat Bugis

Minggu, 23 April 2023 - 01:10 | 180.51k
Coto Makassar, salah satu kuliner khas masyarakat Bugis.
Coto Makassar, salah satu kuliner khas masyarakat Bugis.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sajian khas Lebaran selalu ditunggu-tunggu serelah sebulan penuh menjalankan puasa. Masyarakat Bugis memiliki makanan khas yang menjadi favorit selama bulan Ramadan dan juga pada saat Lebaran tiba. Berikut adalah beberapa makanan khas Lebaran masyarakat Bugis yang patut dicoba.

1. Coto Makassar
Coto Makassar merupakan makanan khas dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang dan rempah-rempah khas Bugis. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan irisan bawang goreng.

2. Konro
Konro adalah makanan khas dari daerah Bone, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Bugis. Konro memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga cocok disajikan sebagai hidangan utama saat Lebaran.

3. Pallu Basa
Pallu Basa merupakan makanan khas dari daerah Soppeng, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan asam. Pallu Basa memiliki rasa yang asam dan segar sehingga cocok disajikan sebagai hidangan pelengkap saat Lebaran.

4. Sop Saudara
Sop Saudara adalah makanan khas dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah bening dan rempah-rempah khas Bugis. Sop Saudara biasanya disajikan dengan ketupat dan irisan bawang goreng.

5. Jalangkote
Jalangkote merupakan makanan khas dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging sapi cincang dan sayuran. Jalangkote biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan saat Lebaran.

Makanan khas Lebaran masyarakat Bugis memiliki cita rasa yang khas dan beragam. Mulai dari hidangan utama hingga camilan, semua disajikan dengan bumbu dan rempah-rempah yang unik. Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Lebaran masyarakat Bugis saat merayakan Idul Fitri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES