Kuliner

Legit dan Enak, Permen Lolipop Gula Emas Khas Blitar Jadi Favorit Warga Luar Daerah

Senin, 01 Mei 2023 - 05:45 | 271.42k
Permen Lolipop Gula Emas Khas Blitar.
Permen Lolipop Gula Emas Khas Blitar.

TIMESINDONESIA, BLITAR – Selama ini Kabupaten Blitar dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam dan budaya luar biasa. Ternyata, dibalik itu semua juga punya sejumlah produk UMKM unggulan. 

Satu diantaranya adalah Lolipop Gula Emas yang diproduksi oleh UD Indah Jaya Blitar, dan pemiliknya bernama Indah Lestari warga Dusun Unggahan Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.

Permen yang satu ini mempunyai cita rasa yang legit dan enak serta menjadi favorit warga luar pulau. Selain rasanya yang nagih, permen lolipop asal Blitar dijual murah meriah di pasaran. 

"Hasil produksi kami itu permen lolipop dan kaki diberi nama Lolipop Gula Emas. Ini menjadi salah satu produk unggulan dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Blitar," kata Indah, saat ditemui di tempat produksi Lolipop Gula Emas, pada Minggu (30/04/2023).

Indah menyampaikan, Lolipop Gula Emas banyak digemari oleh semua kelangan, baik yang muda-mudi hingga orang dewasa. Karena, Lolipop ini mempunyai daya tarik tersendiri yakni bentuknya lucu dan warnanya seperti pelangi sehingga ingin rasanya mencicipi. 

"Lolipop Gula Emas diproduksi sejak tahun 2012 yang lalu. Rasanya memang lezat, aroma harum dan bentuknya unik jadi pasti mengundang selera warga +62 untuk segera menikmati bersama orang terdekat," ujarnya. 

Indah menuturkan, ada sembilan varian Lolipop Gula Emas khas Blitar yakni rasa durian vanilla, strawberry, nanas, anggur, coklat, mangga, jeruk dan leci. Kesemua produk tersebut sudah mengantongi izin yaitu PIRT, sertifikat halal, izin produksi dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah sejauh ini, produk kami sudah merambah ke beberapa daerah diantaranya Pulau Jawa seperti Blitar, Kediri, Gresik, Surabaya, Bali dan Madura. Lalu, untuk Luar Pulau ke daerah Sumatra dan Kalimantan," terangnya. 

Ditanya soal produksi, lanjut Indah, dalam sehari mampu memproduksi permen Lolipop Gula Emas sebanyak 3.000 - 4.000 biji. Jika dirata-rata, omsetnya mencapai Rp 180 juta rupiah per bulan atau per hari berkisar Rp 6 jutaan. 

Tak berhenti sampai disitu saja, Indah juga telah mendirikan rumah produksi Lolipop Gula Emas artinya bukan hanya sebagai tempat penyedia produk melainkan siapapun yang datang dapat melihat secara langsung proses pembuatan permen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES