Kuliner

Chicken Adobo, Bacem Ayam Ala Filipina yang Menggugah Selera

Sabtu, 22 Juli 2023 - 00:23 | 210.69k
Chicken Adobo ala Sandra Valvassori. (FOTO: Sandra Valvasori)
Chicken Adobo ala Sandra Valvassori. (FOTO: Sandra Valvasori)

TIMESINDONESIA, JAKARTAChicken Adobo atau Bacem Ayam atau juga adalah salah satu hidangan khas dari Filipina yang sangat terkenal di seluruh dunia. Rasanya yang lezat dan aroma khasnya membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Adobo adalah cara tradisional memasak daging dengan perpaduan bumbu lokal, yang membuat cita rasanya begitu khas dan menggugah selera.

Dalam bahasa Filipina, kata "Adobo" berarti "marinasi" atau "pengawetan". Awalnya, hidangan ini dibuat untuk menjaga daging tetap segar lebih lama dengan cara merendamnya dalam campuran cuka, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, resep Chicken Adobo telah mengalami berbagai variasi dan disesuaikan dengan selera lokal.

Bahan utama dalam Chicken Adobo adalah potongan ayam, yang biasanya dipilih dari bagian paha atau dada. Daging ayam direndam dalam campuran bumbu seperti cuka, kecap asin, bawang putih, lada, dan daun laurel. Bumbu-bumbu ini memberikan cita rasa yang khas dan menambahkan aroma harum yang menggiurkan.

Setelah proses perendaman, ayam dimasak dengan cara direbus atau digoreng hingga matang dan bumbu meresap ke dalam daging. Selama proses memasak, cairan bumbu akan mengental menjadi saus yang kaya dan gurih. Inilah yang membuat hidangan ini begitu istimewa dan menggugah selera.

Penyajian dan Variasi Chicken Adobo

Chicken Adobo sering disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar, seperti kangkung atau pakchoy. Beberapa orang juga menambahkan telur rebus dalam masakan ini untuk memberikan tekstur dan cita rasa yang berbeda. Selain itu, hidangan ini juga dapat disajikan dengan acar dan sambal sebagai pelengkap, sesuai selera masing-masing.

Terkadang, masyarakat Filipina juga menggunakan daging babi atau bahan lain seperti ikan atau tahu untuk membuat varian Adobo yang berbeda. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dan kreativitas dalam memasak hidangan ini sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan.

Kelezatan Chicken Adobo dan Bacem Ayam membuat hidangan ini menyebar ke berbagai negara di dunia. Banyak restoran di luar Filipina yang menawarkan hidangan ini sebagai bagian dari menu internasional mereka. Selain itu, banyak juga orang yang memasaknya di rumah sebagai hidangan spesial dalam acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman.

Selain rasanya yang lezat, Chicken Adobo juga memiliki keunggulan sebagai hidangan yang dapat tahan lama. Karena metode pengawetan dalam memasaknya, hidangan ini dapat disimpan dalam lemari es dan tetap nikmat bahkan setelah beberapa hari.

Dalam budaya Filipina, hidangan ini juga menjadi bagian penting dari berbagai perayaan dan festival. Tak heran jika Chicken Adobo menjadi salah satu simbol kuliner dari negara yang indah ini.

Dengan kelezatannya yang khas dan kesederhanaan dalam proses memasaknya, Chicken Adobo atau Bacem Ayam ala Filipina ini merupakan pilihan hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati di berbagai acara. Nikmati sensasi cita rasa khas Filipina dalam satu hidangan, dan buatlah Chicken Adobo menjadi pilihan istimewa dalam menu masakan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES