Kuliner

Wow Serabi jadi Jajanan Pinggir Jalan Terenak Versi TasteAtlas

Selasa, 25 Juli 2023 - 02:22 | 173.24k
Serabi menjadi jajanan pinggir jalan terenak versi TasteAtlas. FOTO: printerest
Serabi menjadi jajanan pinggir jalan terenak versi TasteAtlas. FOTO: printerest

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Serabi makanan khas Indonesia dinobatkan sebagai jajanan pinggir jalan terenak kedua versi TasteAtlas. 

Dikutip dari TasteAtlas, serabi mendapatkan skor 4,7 dari audiens penilai. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh Pastel de Nata dari Portugis dengan nilai 4,8. Posisi ke tiga ada dondurma dari Turki, dan ke empat ada hotteok dari Korea Selatan. 

TasteAtlas menuliskan serabi merupakan panekuk tradisonal Indonesia yang berukuran mini. Berbahan tepung beras dan santan serta kelapa parut kemudian diberi aneka topping. 

Serabi

Serabi merupakan makanan khas Indonesia. Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur punya serabi khasnya sendiri. Namun yang punya serabi paling terkenal adalah Bandung dan Solo. 

Serabi-2.jpg

Serabi salah satu kudapan yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Serat Centhini yang ditulis pujangga keraton Surakarta sekira tahun 1814-1823 beberapa kali menyebutkan makanan serabi. 

Kudapan gurih manis ini terbuat dari tepung beras yang dibakar menggunakan tembikar bundar menyerupai piring, sehingga menghasilkan aroma sangit yang khas. 

Serabi Solo dinikmati bersama dengan kuah santan yang manis. Namun beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada yang menggunakan kelapa parut sebagai toppingnya tanpa kuah. 

Sedangkan serabi Bandung kerap disebut surabi. Konon surabi berasal dari kata 'sura' yang artinya besar. 

Surabi Bandung dikenal sejak tahun 1923. Makanan ini sering disebut sebagai pancake yang berasal dari Belanda. Konon dalam pembuatannya memang terinspirasi dari pancake. Bentuknya pun lebih tebal mirip pancake, berbeda dengan serabi Solo yang lebih pipih. 

Serabi-3.jpg

Surabi menggunakan adonan tepung terigu, tepung beras dan santan kelapa. Ada dua varian surabi, yaitu asin yang diberi topping oncom dan surabi manis dengan topping gula merah cair. 

Serabi maupun surabi masih menjadi jajanan tradisional favorit. Tak ingin dilindas zaman, makanan ini juga menyesuaikan diri dengan memberikan sentuhan kekinian. Seperti topping yang beragam, mulai dari cokelat, keju, marshmellow, wafer, dan lainnya. 

Gimana, anda setuju jika serabi jadi jajanan terenak di dunia? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES