Kuliner

Ijen Kopitiam Malang, Sajikan Menu Authentic ala Singapura

Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:19 | 485.25k
Susana Ijen Kopitiam Malang. (Foto: Dok. Ijen Kopitiam Malang for TIMES Indonesia)
Susana Ijen Kopitiam Malang. (Foto: Dok. Ijen Kopitiam Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Di tengah maraknya kuliner dan kafe berkonsep Kopitiam, Ijen Kopitiam hadir ditengah-tengah tren tersebut dengan konsep yang cukup authentic.

Berlokasi di Jalan Besar Ijen, Kota Malang dengan tempat yang strategis, Ijen Kopitiam hadir membawa ciri khas authentic Kopitiam ala Singapura ke tengah-tengah masyarakat Malang.

Owner Ijen Kopitiam, Qoni Santosa mengatakan, pemilihan lokasi ini, karena histori keberadaan kafe yang dulunya bernama STMJ SOB dengan ciri khas bangunan klasik.

"Bangunan ini terkenal dengan SOB Ijen yang melegenda di tahun 2000an. Bangunannya juga model klasik, sekarang lagi happening Kopitiam," Minggu (20/8/2023).

Keluar dari tren, Ijen Kopitiam tak mengusung konsep Chinese, yang dimana memang kebanyakan Kopitiam di Malang mengusung konsep tersebut.

Namun, ia membawa konsep Singapura yang authentic dengan ciri khas beberapa menu yang tersaji di Ijen Kopitiam.

Ijen-Kopitiam-Malang.jpg

"Kita agak keluar dari pakemnya. Kita lebih ke Singapura halal. Crew kita juga ada yang lama di Singapura, jadi kita jamin ini authentic," ungkapnya.

Menu-menu yang tersaji, untuk makanan berat ada nasi lemak Singapura, nasi Hainan, nasi goreng Singapura hingga aneka bubur.

Kemudian untuk mie, ada mie laksa Singapura, mie goreng singapura, prawn noodles, dan kwetiau goreng Singapura.

Adapun makanan lain berkonsep rice bowl, mulai dari ayam kung Pao, beef teriyaki, blackpaper chicken hingga blackpaper beef.

Selanjutnya, yang paling authentic adalah aneka prata, roti canai khas yang dapat dinikmati saat pagi hari sebelum beraktifitas.

"Kita punya Prata Kari yang boleh diadu. Ini cocok untuk sarapan pagi sebelum beraktivitas atau sesuai beraktivitas," katanya.

"Mie laksa kita boleh di adu. Saya pastikan ini authentic," sambungnya.

Disisi lain, untuk minuman yang khas di Ijen Kopitiam, yakni es Milo dan juga Kopi Butter yang tak kalah segar dan enak untuk menjadi pendamping makanan berat ataupun makanan ringan.

"Prata kan ikon kita, lalu ada minuman kopi butter dan es Milo. Ini cocok banget untuk breakfast ala Singapura Melayu," tuturnya.

Rencananya, Ijen Kopitiam bakal soft opening pada September 2023 mendatang. Kedai ini akan buka setiap hari sejak pukul 06.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Kawasan ini menjadi poin, ada sekolah, kampus dan tempat bekerja. Ada kegiatan car free day juga. Jadi saya yakin, tempat kita bisa jadi jujukan dan urai Kemacetan saat padat lalu lintas," tandas owner Ijen Kopitiam ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES