Kuliner

Ini Tiga Kue Khas Kabupaten Malang, Rasanya Lezat Cocok Untuk Oleh-oleh

Selasa, 26 September 2023 - 13:34 | 120.45k
Wingko Golong salah satu kue Khas Kabupaten Malang. (Foto : Facebook Wingko Golong).
Wingko Golong salah satu kue Khas Kabupaten Malang. (Foto : Facebook Wingko Golong).

TIMESINDONESIA, MALANG – Mengunjungi Kabupaten Malang kuran lengkap rasanya apabila belum membeli sekaligus mencicipi kue khas di wilayah tersebut. Terlebih Kues Khas Kabupaten Malang ini berbeda dari daerah lainnya.

Selain rasanya yang lezat, Kue Khas Kabupaten Malang ini juga memiliki bentuk yang menarik . Sehingga, banyak wisatawan yang membelinya untuk oleh-oleh maupun dinikmati tersendiri.

Kue Khas Kabupaten Malang ini juga memiliki citra rasa tersendiri sehingga, ketika mencicipi, dapat mudah diingat bahwa itu kue buatan atau bakpao telo berasal dari Kabupaten Malang.

Selain itu, Kue Khas Kabupaten Malang ini juga dikemas secara menarik. Kemasan setiap kuenya memiliki ciri khas tersendiri yang terlihat menarik perhatian dari pembeli.

Dihimpun dari berbagai sumber, Berikut tiga kue Khas Kabupaten Malang yang patut dicicipi dan dibeli dengan harga terjangkau.

1. Wingko Golong Kreasi
Kue khas Kabupaten Malang yang pertama adalah Wingko Gulung Kreasi. Tempat produksi dan jualan kue ini ada di Kecamatan Bululawang dan Kecamatan Turen.

Wingko Golong Kreasi sama dengan jajanan tempo dulu yang terbuat dari kelapa. Bedanya, Wingko Golong Kreasi ini terbuat dari kelapa pilihan diolah dengan kreativitas dan jaminan rasa maupun mutunya.

Wingko Golong Kreasi ini tersedia rasa Pandan dan Coklat. Menyasar generasi milenial, kue ini dibuat semenarik mungkin. Selain itu terdapat warna warni yang disesuaikan dengan rasanya.

Sehingga, membuat generasi milenial tertarik untuk membeli kue tersebut. Sedangkan untuk rasanya, tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Terlebih kue tersebut memadukan wingko, moci dan Jenang yang rasanya sangat lezat.

Selain itu ditaburi dengan wijen, kian mempercantik kue tersebut. Untuk pemasaran Wingko Golong sudah merambah berbagai kota di Indonesia. Untuk harganya Rp 25 ribu per box dengan isi sebanyak 20 potong wigko.

2. Onde-onde Tangkilsari Tajinan

Onde-onde-Tangkilsari-Tajin.jpgOnde-onde Tangkilsari Tajinan yang lezat. (Foto : Instagram Onde-onde Tangkilsari).

Onde-onde Tangkilsari Tajinan terletak di Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Letaknya berbatasan langsung dengan Kota Malang dan dekat dengan Warung Pedas Tangkilsari Tajinan.

Onde-onde merupakan jajanan tradisional Jawa Timur. Bentuknya bulat, isinya kacang hijau dan topingnya ditaburi wijen. Rasanya gurih dan lembut. Onde-onde Tangkilsari cukup terkenal.

Karena ketenaran namanya, wisatawan banyak membeli onde-onde Tangkilsari Tajinan, baik itu untuk oleh-oleh sebagai cinderamata, maupun dikonsumsi sendiri. Onde-onde ini legendaris karena sudah ada sejak lama.

3. Bakpao Telo Karangploso
Bakpao Telo Karangploso ini merupakan bakpao berwarna ungu. Sebelumnya Bakpao Telo Karangploso ini berada di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang tepat di jalan Malang-Surabaya.

Kemudian berpindah ke Karangploso tepatnya di Desa Girimoyo, Karangploso, Kabupaten Malang. Bakpao Telo Karangploso ini di bawah naungan Repoeblik Telo yang dulunya di Lawang.

Selain berwarna ungu yang menarik perhatian, Bakpao Telo Karangploso juga memiliki citra rasa tersendiri. Bakpao Telo Karangploso ini memiliki tekstur kue yang empuk dan manis.

Sedangkan bahan baku Bakpao Telo Karangploso ini terbuat dari Ubi dari Gunung Kawi yang juga berwarna ungu. Selain di Karangploso, Bakpao Telo tersebut dapat dibeli di Lawang.

Tepatnya di area pariwisata Paribendo, Lawang, Kabupaten Malang. Keberadaan Bakpao Telo Karangploso ini melengkapi daftar kelezatan kue oleh-oleh khas Kabupaten Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES