Kuliner

Ayam Canton Soerabaja Jadi Kuliner Favorit Wali Kota Eri Cahyadi

Kamis, 28 September 2023 - 21:15 | 79.73k
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menikmati hidangan Ayam Canton Soerabaja di Jalan Kedungdoro, Kamis (28/9/2023)(Dok.Ayam Canton Soerabaja)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menikmati hidangan Ayam Canton Soerabaja di Jalan Kedungdoro, Kamis (28/9/2023)(Dok.Ayam Canton Soerabaja)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi nampak lahap menyantap potongan ayam lezat berbalut bumbu oriental. Usut punya usut, ternyata Wali Kota Eri sangat menyukai Ayam Canton Soerabaja

Ayam ini memiliki ciri khas tekstur kulit renyah dan super gurih berlumur saus canton kaya rempah. Ada jahe, bawang putih, cengkeh, kulit jeruk, kayu manis, bunga lawang dan bumbu rahasia lainnya.

Eri Cahyadi memberikan apresiasi kepada Ayam Canton Soerabaja dan mendorong bahwa pelaku UMKM lokal tetap bertahan dan berdaya saing. 

"Saya bangga bahwa brand UMKM Lokal seperti Ayam Canton Soerabaja dapat survive selama delapan tahun dan diterima oleh banyak masyarakat di Kota Surabaya," kata Eri melontarkan pujian.

Kebanggaan itu bukan tanpa alasan. Ia melihat perjalanan Ayam Canton Soerabaja dalam mempertahankan usaha dan kualitas masakan. Tidak mudah menyerah, selalu berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Pemilik Ayam Canton Soerabaja, Eko Sulistyo bercerita. Pada 2015 ia merintis usaha tersebut dari rumah berukuran 7x15 meter. Berawal dari sebuah garasi.

Sampai akhirnya setiap hari semakin ramai pengunjung. Banyak mobil-mobil berkelas datang hanya untuk mencicipi makanan khas Surabaya ini. 

Hingga suatu saat tempat tersebut telah penuh dan sudah tidak memadai lagi, akhirnya Ayam Canton Soerabaja memutuskan untuk pindah di Jalan 
Kedungdoro.

Perjuangan Eko tak main-main. Ayam Canton ia rintis sejak 2015 silam. Sangat banyak kisah naik turun dalam menjaga usaha ini. 
Bahkan sempat terkena dampak pandemi Covid-19.

"Tapi waktu itu kami percaya bahwa Pandemi Covid-19 akan segera berlalu, dan bersyukur bahwa sampai hari ini masyarakat masih banyak yang dapat menikmati Ayam Canton yang kami sajikan dengan bumbu dan rempah-rempah yang authentic," kata Eko, Kamis (28/9/2023).

Ayam Canton Soerabaja menawarkan sensasi kuliner restoran bintang lima. Namun dengan harga kaki lima. Harganya dapat diakses oleh semua kalangan, dan rasa tidak kalah oleh restoran-restoran ternama.

Eko berharap ke depan Ayam Canton Soerabaja segera melebarkan sayap dengan membuka lebih banyak cabang lagi supaya masyarakat lebih mudah untuk mengakses kelezatannya.

"Kami juga sedang mendevelop produk frozen yang dapat dinikmati oleh customer-customer kami ketika mereka sedang bepergian ke luar kota maupun luar negeri," ucap Eko.

Co-Founder Ayam Canton Soerabaja Kwang Adi turut mengungkapkan rasa senang melihat perkembangan kuliner di Surabaya.

"Saya berharap Ayam Canton Soerabaja dapat menjadi destinasi kuliner di Surabaya dan akan terus berkomitmen untuk menjaga kualitas rasa dan pelayanan," kata Kwang Adi.

Bagaimana, tertarik mencoba kelezatan kuliner Ayam Canton Soerabaja favorit Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi?.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES