Kuliner

Asal Usul Cromboloni, Kue Pastry yang Tengah Viral

Minggu, 10 Desember 2023 - 01:49 | 682.61k
Cromboloni, kue pastry yang tengah viral di medsos. (FOTO: the honeycombers)
Cromboloni, kue pastry yang tengah viral di medsos. (FOTO: the honeycombers)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Akhir-akhir ini kerap muncul kue cromboloni di media sosial, utamanya TikTok. Dari penampakannya memang menggiurkan ya si kue ini. Namun tahukah Anda sebenarnya kenapa sih kue pastry ini mendadak viral? 

Sebenarnya kue ini merupakan gabungan dari dua pastry croissant dan bomboloni. Pastry sendiri adalah salah satu jenis kue yang terbuat dari adonan kulit yang berlapis-lapis dengan mentega dan lemak. Biasanya pastry akan terasa renyah di luar dan lembut di dalam. Dalam proses pembuatan pastry memang lebih sulit dibanding dengan jenis kue lainnya. 

Pastry merupakan kue yang berasal dari Eropa. Dilansir dari Banking World, pastry pertama kali dibuat dan dikenal kan oleh para chef di Perancis. Pastry berasal dari kata patisserie dalam bahasa Perancis yang artinya kue kering yang dibuat berlapis. 

Lalu bomboloni merupakan donat khas Italia yang berisi berbagai pasta.  

Nah sedangkan cromboloni yang tengah viral kini, sebenarnya sudah ada di Amerika sejak tahun 2022. Kue manis ini diciptakan oleh seorang pastry ched bernama Scott Cioe. Ia kemudian menjual olahan tersebut di toko kuenya Lafayette Grand Cafe & Bakery. 

Tadinya Cioe menamai kue itu The Supreme atau New York Roll. Dikutip dari Fox News, Cioe menjelaskan sengaja membuat kue New York Roll itu supaya croissant bisa lebih menarik juga enak. Terbukti, saat kali pertama dijual, banyak pelanggan yang suka dengan kue tersebut. 

Cioe juga menerangkan bahwa proses pembuatan New York Roll memakan waktu yang lama dan proses yang rumit. Sang chef membutuhkan waktu sekitar tiga hari, mulai dari pembuatan adonan, proses laminasi, hingga pembakaran pastry tersebut di dalam oven. Ia memang menggabungkan teknik membuat pastry dengan membuat donat (bomboloni). 

Setelah laku keras di Amerika, The Supreme atau New York Roll kemudian berekspansi ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Karena menggabungkan dua teknik pembuatan kue pastry dan bomboloni, maka kue itu berubah nama menjadi cromboloni. 

Secara tekstur cromboloni memang mirip dengan pastry pada umumnya, yaitu garing renyah dan bertekstur. Tapi kue viral ini kemudian diberi isian pasta aneka rasa, mulai dari cokelat, greentea, red velvet, taro, vanila dan masih banyak lagi. 

Gimana, sudah nyicip si kue viral cromboloni? (*)  

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES