Kuliner

Mencicipi Kelezatan Sambal Lucu, Citarasa Unik Sajian Khas Banyuwangi

Rabu, 17 Januari 2024 - 12:06 | 38.10k
Sambal Lucu khas Banyuwangi. (Foto: Cookpad)
Sambal Lucu khas Banyuwangi. (Foto: Cookpad)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jika mendengar nama "Sambal Lucu," kira-kira apa yang terlintas dibenak kalian?. Sajian pedas khas Banyuwangi ini memang memiliki nama yang seolah menjadi semacam jebakan, mengundang penasaran dan misteri, sehingga orang tidak bisa membayangkan sepenuhnya apa yang akan mereka temui ketika mencicipinya.

Sambal Lucu dapat ditemukan di berbagai warung makan khas Banyuwangi, menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner yang haus akan petualangan. Tidak hanya unik pada namanya, Sambal Lucu khas Suku Osing Banyuwangi ini memiliki citarasa yang juga menyimpan kejutan. Bagi para penggemar kuliner, sambal ini bisa menjadi pilihan yang menggoda selera, membuat lidah bergoyang, dan pastinya meninggalkan kesan yang nagih.

Bagi para pecinta makanan pedas, mungkin terlintas pikiran bahwa sambal ini akan membuat mereka tertawa dan gembira. Namun, kenyataannya selain mengundang senyum, Sambal Lucu pun dapat membuat penikmatnya ketagihan, hingga membangkitkan selera makan, terutama jika disajikan dengan nasi hangat.

Lucu, dalam konteks kuliner Osing Banyuwangi, adalah tanaman yang mirip dengan laos. Tanaman ini tumbuh berkelompok dengan tinggi mencapai satu meter dan daun yang lebar. Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, menjadi tempat di mana tanaman Lucu diolah menjadi sayur atau sambal. Bagian yang digunakan biasanya adalah batang atau bunga dari si tanaman Lucu ini.

Ketika pertama kali mencicipi sayur atau sambal Lucu, kesan segar langsung terasa. Aroma langu dengan sentuhan rasa sirih dan sedikit rasa mentol memberikan cita rasa yang unik. Dengan kreatifitas para wanita Suku Osing, Sayur Lucu biasanya diolah dengan potongan daging dan tulangan ayam kampung yang diberi kuah bumbu sederhana. Sedangkan Sambal Lucu, sebagai pelengkap, terdiri dari irisan batang Lucu, kacang panjang segar, dan gerusan Lombok atau cabai yang memberikan sensasi mantap di lidah.

Sambal Lucu dan sayur Lucu nampaknya menjadi keunikan tersendiri yang hanya dapat ditemui di ujung timur Pulau Jawa. Dulunya, kedua hidangan khas Osing ini hanya hadir di acara hajatan seperti pernikahan atau ritual menaikkan killing atau baling-baling tradisional sebagai alat pertanian. Namun kini banyak warung atau rumah makan di Bumi Blambangan menyediakan sajian Sambal Lucu sebagai pelengkap dalam berbagai hidangan.

Tidak hanya menggoyang lidah, Lucu juga diyakini memiliki khasiat obat. Di Desa Kemiren, umbi batang Lucu bahkan dikonsumsi setelah dibakar sebagai cara meredakan sakit batuk.

“Sambal Lucu ini jadi favorit di antara para pembeli karena memiliki aroma khas yang menggoda dan rasa yang lezat, ideal untuk disandingkan dengan berbagai macam lauk,” ujar Sulis, salah satu pemilik Rumah Makan di Genteng, Rabu (17/1/2024).

Sambal Lucu menjadi bukti bahwa kuliner Banyuwangi tidak hanya lezat tetapi juga sarat dengan keunikan dan kearifan lokal. Dari namanya yang mengundang tawa hingga cita rasanya yang khas, sajian ini mencerminkan keberagaman kuliner Indonesia.

Bagi para penikmat kuliner, mencoba Sambal Lucu khas Banyuwangi tentu akan menjadi pengalaman kuliner yang menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi kelezatan unik dari sajian istimewa ini ya!.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES