Kuliner

Deretan Minuman Khas Daerah yang Cocok Disajikan Saat Lebaran 2024

Minggu, 07 April 2024 - 23:04 | 40.20k
Es Kuwut. (Dok. TIMES Indonesia)
Es Kuwut. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Momen Idul Fitri 1445 H menjadi momentum yang sangat berharga. Momentum ketika keluarga dan sanak famili bertemu dan menghabiskan waktu liburan bersama. Momentum penting ini akan menjadi lebih hangat manakala anda menyajikan hidangan minuman yang sangat khas dari berbagai daerah. Tentu hal ini menjadi salah satu hal yang sangat dirindukan ketika momen lebaran.

Dirangkum TIMES Indonesia, berikut ini deretan minuman khas kedaerahan yang cocok anda hidangan ketika Lebaran 2024.

1. Es Kuwut – Bali

Es Kuwut adalah minuman khas Bali sejenis minuman koktail yang terbuat dari air kelapa dicampur dengan serutan kelapa, serutan melon atau mentimun, biji selasih, dicampur dengan perasan jeruk nipis, sirup melon, dan es batu. Terkadang diberi tambahan susu atau santan, atau nata de coco.

Penamaan kuwut sendiri adalah daging yang berarti daging kelapa atau kelapa. Minuman ini semakin populer dan banyak ditemui di Indonesia.

2. Wedang Jahe – Jawa

Wedang jahe adalah minuman khas masyarakat Jawa. Ia adalah minuman dari sari jahe yang diolah secara tradisional. Minuman ini adalah minuman khas dari Jawa Tengah. Wedang jahe umumnya disajikan dalam kondisi panas atau hangat.

‘Wedang’ sendiri dalam bahasa jawa diartikan sebagai minuman panas.

3. Wedang Ronde – Jawa Tengah

Wedang-Ronde.jpgWedang Ronde. (Dok. Rinaresep.com)

Wedang ronde adalah minuman khas Jawa Tengah. Salah satu kota yang mempopulerkan minuman ini adalah Salatiga, Jawa Tengah. Ronde terbuat dari beras ketan dan air yang dibentuk bulat kemudian direbus hingga matang. Disajikan bersama kuah jahe hangat dan gula.

4. Sekoteng – Jawa Tengah

Sekoteng.jpgSekoteng. (Dok. Resepedia.com)

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan dikonsumsi pada malam hari. Bahan yang biasanya ditambahkan ke dalam sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti tawar.

5. STMJ – Jawa Timur

STMJ adalah singkatan dari Susu, Telur, Madu, Jahe. Minuman ini populer di Indonesia dan cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Minuman menyehatkan ini mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Es Pisang Ijo – Makassar, Sulawesi

Minuman ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Di Makassar, Pisang ijo akan sering ditemui ketika bulan Ramadan tiba, sebab menu pisang Ijo merupakan salah satu menu buka puasa favorit warga Makassar.

7. Es Cendol – Jawa Barat

Es cendol adalah minuman khas masyarakat sunda, Jawa Barat. Kata cendol sendiri berasal dari kata ‘jendol’ yang berarti butiran-butiran hijau es cendol. Cendol terbuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring yang disajikan bersama air gula dan santan. Minuman ini sangat cocok dinikmati ketika dingin.

Nah, pilih minuman apa yang akan Anda sajikan saat Lebaran kali ini?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES