Kuliner

4 Kafe Berbasis Alam di Mojokerto yang Patut Anda Coba

Sabtu, 11 Mei 2024 - 05:05 | 236.07k
Jungle Café Trawas. (FOTO: Dok. JHM for TIMES Indonesia)
Jungle Café Trawas. (FOTO: Dok. JHM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Berkumpul dengan keluarga, teman atau kerabat tentu membutuhkan tempat yang representatif. Jika harus memilih berkumpul di luar rumah, maka opsi terbaik adalah tempat yang bernuansa alam. Di Mojokerto ada beberapa kafe yang bernuansa alam yang cocok untuk anda kunjungi. Berikut rekomendasinya.

1. Gartenhutte

Gartenhutte-Trawas.jpgGartenhutte, Trawas. (FOTO: Dok. Istimewa)

Kafe Gartenhutte Trawas adalah tempat tongkrongan di Kabupaten Mojokerto. Berlokasi di dataran tinggi Trawas, kafe ini menawarkan pemandangan yang indah dengan latar belakang Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan.

Kafe ini dirancang dengan gaya eropa dan memiliki banyak spot yang Instagramable. Kombinasi antara wisata buatan dan wisata alam pegunungan membuat tempat ini menjadi tujuan yang menarik. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari menyeruput kopi dan menikmati berbagai menu makanan yang tersedia.

Nama “Gartenhutte” berasal dari bahasa Jerman yang berarti pondok atau gubuk di kebun. Disini, pengunjung dapat menemukan pondokan atau gazebo dengan desain unik, dikelilingi oleh hamparan bunga yang didominasi oleh bunga matahari. Pengunjung dapat memilih tempat duduk baik di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor) di pondok-pondok kecil berbentuk irisan tabung dan hexagonal.

Kafe ini juga menawarkan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Misalnya, kopi atau teh dijual mulai dari Rp 8.000,00 dan kentang goreng dengan harga Rp 8.000,-. Menu signature disini adalah kopi garten dan black choco garten yang dibandrol Rp 13.000,-.

Alamat Kafe Gartenhutte berada di Dusun Jaten, Selotapak, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Jika Anda dari pusat Mojokerto akan menempuh jarak sekitar 36 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 52 menit.

2. Alas Pacet

Kafe Alas Pacet adalah tempat nongkrong baru di Mojokerto yang terletak di tengah hutan pinus dengan udara yang sejuk. Tempat ini baru dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021. Kafe ini menawarkan dua area, yaitu indoor dan outdoor. Bagian indoor didominasi dengan kayu berwarna coklat, sedangkan area outdoor didesain seperti teras atau bar yang menghadap langsung dengan alam indah.

Alas Pacet Coffee & Nature menawarkan berbagai varian menu kopi dan menu lainnya sembari menikmati pesona alam sekitar yang menawan. Menu di Alas Pacet Mojokerto yang komplit dan harganya yang terjangkau juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Harganya mulai Rp 2.000 hingga Rp 15.000 saja.

Alamat Alas Pacet Coffee and Nature berada di daerah Susuk, Pacet, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk aksesnya cukup mudah, karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Mojokerto. Hanya berjarak sekitar 19,2 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 34 menit saja.

3. Boekit Kayu Poetih

Boekit-Kayu-Putih.jpgBoekit Kayu Putih, Jetis, Kabupaten Mojokerto. (FOTO: Dok. Istimewa)

Bukit Kayoe Putih adalah salah satu destinasi wisata di Mojokerto, Jawa Timur. Tempat ini dibuka pada Juni 2021 dan sempat tutup sementara karena lonjakan kasus Covid-19 hingga Desember 2021. Pengunjung yang datang bisa menikmati panorama matahari terbenam atau sunset dengan latar belakang tiga gunung di sekelilingnya. Tiga gunung tersebut adalah Gunung Penanggungan di Mojokerto, Gunung Welirang, dan Gunung Arjuno di Pasuruan.

Selain pemandangan alam, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berfoto di sejumlah spot swafoto, menjajal kolam renang, dan mampir ke pujasera yang menjajakan makanan khas Jawa Timur. Ada juga kafe kekinian yang disediakan untuk para pengunjung, khususnya bagi kalangan milenial. Kafe ini mengusung konsep futuristik dengan pemandangan yang indah.

Bukit Kayoe Putih buka setiap hari. Pada Senin sampai Jumat, jam buka Bukit Kayoe Putih mulai pukul 09.00-21.00 WIB, sementara Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.00-21.00 WIB. Harga tiket Bukit Kayoe Putih juga berbeda pada jam tertentu, yakni Rp 5.000 untuk anak dan dewasa. Namun, pukul 15.00-21.00 WIB, harga tiket pengunjung dewasa menjadi Rp 10.000.

Alamat Bukit Kayoe Putih berada di Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jika Anda dari Kota Mojokerto, Anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan selama 20 menit.

4. Jungle Café, Trawas

Jungle Cafe Trawas adalah kafe yang berlokasi di pegunungan dengan udara sejuk. Kafe ini terletak di halaman Grand Whiz Trawas Hotel di Jalan Trawas, Jibru, Belik, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam pegunungan dan merasakan suasana kesejukan udara Gunung Penanggungan.

Kafe ini memiliki konsep outdoor dan dibuka pada Februari 2021. Sebagai ciri khas, kafe ini membuat konsep tenda segitiga untuk menarik perhatian pengunjung. Kafe ini menyajikan menu ala hotel bintang empat untuk memanjakan pengunjung sambil melihat pemandangan pegunungan di sekitar kafe. Ada juga permainan anak-anak yang melengkapi tempat nongkrong ini.

Beberapa menu yang dapat dijajal untuk menemani nongkrong, seperti Crazy Rice berupa nasi yang disajikan dengan cumi, ayam, kerang, dan sambal pedas. Ada juga pecel iga yang berupa iga dengan lalapan dan nasi putih di atas piring beralaskan daun pisang. Kemudian, udang bakar dengan lalap, plencing kangkung, sambal, dan nasi putih. Minuman yang ditawarkan dengan nama yang cukup unik, seperti wedang kepruk, maupun kopi wegah kelangan.

Jungle Cafe Trawas buka setiap hari. Jadwal buka Jungle Cafe Trawas pada hari Senin sampai Jumat adalah 09.00 - 18.00 WIB dan Sabtu serta Minggu pukul 09.00 - 20.00 WIB. Jarak tempuh dari Kecamatan Tawas ke Jungle Cafe sejauh 2,8 km dalam waktu tempuh kurang lebih 8 menit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES