Kuliner

Hotel Ciputra World Sajikan Kelezatan Menu Daging Bebek Toping Kluwek

Kamis, 16 Mei 2024 - 05:33 | 26.03k
Duck Confit, daging bebek berbumbu rawon dengan topping kluwek dan pelengkap daun singkong, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Duck Confit, daging bebek berbumbu rawon dengan topping kluwek dan pelengkap daun singkong, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAHotel Ciputra World Surabaya menghadirkan dua menu baru berbahan daging bebek dan ikan salmon guna memanjakan lidah para pecinta kuliner Indonesia dan mancanegara.  

Kota Surabaya yang terkenal dengan kuliner bebeknya ini, telah menggoda Dale Darryl Laoh, Executive Chef Hotel Ciputra World untuk membuat menu berbau bebek dan salmon dengan cita rasa berbeda. 

Tekstur daging bebek yang cara memasaknya terbilang gampang-gampang susah, menjadi sebuah sajian super lezat di tangan Chef Dale.

Hotel-Ciputra-World-b.jpg

Tekstur daging bebek begitu lembut. Cita rasanya pas, rempahnya terasa pekat ciri khas masakan Jawa yang sarat akan bumbu komplit.

"Sebelumnya bebek dilumuri garam dan rempah diendapkan selama satu hari, kemudian diungkep menggunakan minyak sampai lemaknya turun,” tutur Dale. 

Cara mengolah pun harus penuh kehati-hatian. Dimasak dengan api kecil 4-6 jam saat proses kukus. Bebek juga tidak goreng seperti pada umumnya, melainkan hanya disiram dengan minyak panas, tetapi bebek masih di dalam teflon. 

Menu bebek yang disajikan dengan nasi jagung ini, di atasnya ada toping kluwek yang biasa digunakan masakan rawon tanpa campuran air. Selain itu ada daun singkong yang menjadi pelengkap menu Duck Confit ini.  

Hotel-Ciputra-World-c.jpg

Beda dengan bebek bumbu rawon, menu kedua tak kalah menarik. Salmon disajikan dengan sayur daun semanggi, potato cake dan saus woku.

"Jika disajikan dengan nasi, tamu mancanegara tidak bisa merasakan. Menu ini nanti juga akan dikenalkan tamu mancanegara,” kata Dale ketika ditemui saat memasak salmon. 

Resep rawon yang dihadirkan dalam menu bebek itu, tidak lain adalah rawon sangat legendaris di Kota Surabaya. Sementara salmon menggunakan toping saus waku diambil dari tempat asalnya Manado. Dipilihnya masakan Indonesia tidak lain karena ketika keliling sebagai chef hotel di negeri seberang,  Dale selalu ditanya  tentang masakan Indonesia terutama chef hotel setempat maupun tamu hotel. 

Rupanya masakan Nusantara sangat diminati tamu mancanegara. "Mereka selalu bertanya masakan Indonesia yang terkenal dengan rempah-rempahnya,”ujarnya. 

Dubai dan India, negara persinggahan Dale melakukan eksplorasi masakannya. Selebihnya Dale keliling di Bandung, Bali, Jakarta dan berakhir di Kota Surabaya.      

Kreativitasnya dalam mengolah masakan diwujudkan saat menempati pekerjaan baru di Hotel Ciputra World Surabaya. Selama bulan Mei, bebek menjadi menu andalan. Di bulan Juni nanti, salmon juga akan dihadirkan selama satu bulan. (s1)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES