News Commerce

5 Keuntungan Memiliki Website untuk Pelaku Usaha UKM

Rabu, 22 Juni 2022 - 08:52 | 91.40k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Apakah Anda perlu memiliki website untuk usaha yang Anda jalankan saat ini? Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah website untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari website itu sendiri.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memiliki sebuah website untuk perkembangan dan keberlangsungan usaha yang Anda jalankan.

Bicara soal pelaku usaha UKM dan pebisnis pemula, saat ini sudah banyak yang mulai melek internet. Mulai berpikir untuk meng-online-kan usahanya.

Bahkan sudah banyak UKM yang mulai menjalankan usahanya secara online baik itu menggunakan media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya. 

Apakah Perlu Memiliki Website?

Perlu Anda ketahui, bahwa sosial media atau marketplace bukan website milik Anda sendiri melainkan milik orang lain. Disana Anda hanya meminjam tempat saja, dimana ada aturan-aturan yang harus Anda patuhi.

Sosial media ataupun marketplace sewaktu-waktu bisa tutup, dan tentu ini akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas usaha Anda.

Sementara website itu ibarat sebuah ruko atau bangunan toko yang Anda sewa dan kelola sendiri, Anda yang berkuasa disana.

Anda bisa menentukan kapan Anda akan menerapkan sebuah strategi promosi, kapan Anda akan memberikan diskon, gratis ongkir dan lain sebagainya. Intinya Anda-lah yang memegang kendali toko online Anda (website).

Perlu dan tidaknya website untuk Anda miliki, itu kembali kepada Anda. Yang jelas, jika Anda merasa perlu untuk memperluas jangkauan pasar Anda, maka online mungkin bisa menjadi solusi bagi usaha Anda.

Manfaat Website Untuk Perkembangan dan Keberlangsungan Bisnis Anda

1.    Meningkatkan Kredibilitas

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, banyak konsumen yang menggunakan internet untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Kredibilitas usaha atau bisnis Anda juga akan meningkat dengan keberadaan website. Mereka akan menilai bahwa usaha anda benar-benar ada dan mereka juga akan menilai bahwa Anda sangat serius menjalankan usaha Anda. Tapi bukan berarti yang tidak punya website tidak serius bisnisnya.

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon konsumen terhadap usaha Anda, tentunya harus ditunjang dengan website yang baik dan menarik.

Website ini ibarat kantor atau toko kedua Anda. Dengan demikian yakinkan konsumen dan calon konsumen Anda dengan website yang representatif sehingga mereka merasa yakin bertransaksi dengan Anda.

2.    Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu tujuan utama yang mendorong seseorang membuat website adalah agar orang lain mendapatkan awareness mengenai keberadaanmu di internet, baik mengenai individu ataupun terkait dengan bisnis usaha yang sedang kamu jalani. Dengan mengandalkan website semaksimal mungkin, kamu bisa mengenal dan memperluas target pasar mu berdasarkan traffic pada website.

Selain untuk kepentingan komersial, kamu juga bisa memanfaatkan website komunitas atau organisasi non profit guna keperluan sosial. Seperti menyiarkan berita, informasi, atau kabar terkait fenomena atau isu yang ingin kamu suarakan.

3.    Memangkas Pengeluaran

Keuntungan lainnya dengan memiliki website khususnya dalam berbisnis, kamu bisa melakukan semuanya secara digital. Kamu bisa tetap menjalankan bisnismu tanpa harus memiliki toko fisik.

Dengan menjalankan model bisnis seperti ini, artinya kamu telah memangkas banyak pengeluaran, mulai dari pengeluaran untuk sewa tempat, ongkos perjalanan, sampai biaya listrik bulanan. Melalui website semuanya bisa kamu lakukan dari rumah.

4.    Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Keberadaan website memudahkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan atau konsumen. Anda bisa dengan mudah memperbarui informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misal Anda ingin mempromosikan produk baru yang Anda miliki, Anda tinggal menampilkan informasi tentang produk tersebut di website dan memberitahukannya kepada para pelanggan Anda dan mereka bisa melihatnya langsung di website.

Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk mencetak brosur, leaflet, spanduk dan lain sebagainya untuk memberitahu pelanggan Anda keberadaan produk atau promosi terbaru Anda.

5.    Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Apapun usaha Anda, apapun yang Anda jual, baik itu produk atau jasa, Anda membutuhkan pasar untuk menjual produk atau jasa Anda. Semakin luas pasar yang Anda miliki maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Misal gini, jika saat ini usaha Anda hanya dikenal di lingkungan sekitar, katakanlah satu kampung.

Berapa potensi omset atau keuntungan yang Anda dapatkan. Kecil, itu pasti. Kemudian Anda coba pasarkan hingga satu kabupaten, berapa omset dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Lebih besar tentunya kan?

Sekarang dengan bantuan dan keberadaan website yang bisa diakses di seluruh Indonesia bahkan dunia. Berapa besar potensi omset dan keuntungan yang akan Anda peroleh. Tentunya dibutuhkan strategi dan teknik lainnya agar website Anda bisa dikenal oleh masyarakat luas secara online.

Dan sudah banyak para pelaku usaha UKM yang merambah dunia online dalam mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

6.    Sarana Katalog Produk dan Jasa (Portofolio)

Dengan website, Anda bisa menampilkan katalog produk Anda atau portofolio dari jasa yang sudah Anda jalankan. Sehingga bisa diketahui oleh konsumen dan calon konsumen Anda. Secara online tentunya.

Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa yang Anda miliki. Banyak pelaku usaha UKM maupun pebisnis pemula yang menggunakan website sebagai katalog atau portofolio online mereka. Dan mungkin sekaranglah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki sebuah website.

7.    Website Buka 24 Jam

Berbeda dengan toko atau kantor konvensional yang selalu ada jam buka dan jam tutup. Website bekerja untuk usaha Anda 24 Jam, bahkan ketika Anda sedang tidur di malam hari ataupun saat sedang berlibur sekalipun. Sehingga memungkinkan untuk menjaring lebih banyak calon konsumen.

8.     Sebagai Sumber Daya Informasi

Jika bisnis Anda berada dalam industri niche, memiliki situs web adalah peluang yang sangat baik untuk membangun reputasi Anda sebagai otoritas di bidang Anda. Buat bagian blog di situs Anda dengan artikel informatif yang memanfaatkan pengalaman Anda. 

Pelanggan potensial yang melakukan penelusuran web tentang masalah umum yang terkait dengan industri Anda akan lebih mungkin menemukan Anda dan setelah mereka membaca artikel blog Anda, mereka akan melihat betapa bermanfaatnya Anda bagi mereka. Menurut sebuah survei, 61% konsumen melaporkan sebuah blog mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. Sekalipun mereka yang membaca posting blog ini tidak langsung menjadi pelanggan, Anda telah menyebarkan nama bisnis Anda tanpa mengeluarkan uang sepeserpun untuk iklan tradisional.

Kapan pun memungkinkan, sebutkan di blog Anda tentang layanan yang Anda sediakan dan deskripsinya. Misalnya, jika Anda seorang mekanik dan blog Anda menyertakan beberapa “service mobil yang terjangkau”, siapa pun yang mencari frasa itu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menemukan situs web Anda.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memiliki sebuah website dan meng-online-kan usaha Anda? Jika ya, dapat menghubungi jasa pembuatan website Murtafi Digital. 

Murtafi Digital adalah sebuah layanan jasa digital marketing untuk para pemilik usaha dan bisnis yang ingin membuat website dan mempromosikan bisnisnya di Google dan jaringan partner Google.

Jasa pembuatan website profesional Murtafi Digital memberikan layanan jasa website terbaik untuk design website company profile perusahaan dan bisnis. Segera online-kan usaha Anda Bersama Murtafi Digital sekarang juga

Semoga bermanfaat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES