News Commerce

PT Segar Kumala Indonesia Bakal Melantai di Bursa Saham, Target Pendanaan Rp80 Miliar

Selasa, 26 Juli 2022 - 16:33 | 90.00k
Jajaran Direksi PT Segar Kumala Indonesia Tony Soegiarto, Renny Lauren, Vianita Januarini, Direktur PT Relience Sekuritas Indonesia Tbk, Wilson Sofan, Selasa (26/7/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Jajaran Direksi PT Segar Kumala Indonesia Tony Soegiarto, Renny Lauren, Vianita Januarini, Direktur PT Relience Sekuritas Indonesia Tbk, Wilson Sofan, Selasa (26/7/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPT Segar Kumala Indonesia,Tbk segera melaksanakan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) menggunakan kode saham BUAH. 

Importir dan pedagang besar buah-buahan serta sayuran ini berencana melepas 20 persen sahamnya ke publik atau sebanyak-banyaknya 200 juta lembar saham dengan harga penawaran awal sebesar Rp350-Rp400 per lembar dan target meraih dana segar sekitar Rp70 miliar-Rp80 miliar. 

Direktur Utama PT Segar Kumala Indonesia, Tbk Renny Lauren mengatakan, bahwa hasil penjualan saham melalui IPO tersebut setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan untuk modal kerja perseroan dengan alokasi 75 persen. 

"Sisanya untuk membuka cabang baru perseroan," terang Renny saat acara investor and customer gathering di The Westin Surabaya, Selasa (26/7/2022).

Tony-Soegiarto-Renny-Lauren-Vianita-Januarini-2.jpg

Strategi lain, tambahnya, perseroan juga akan bekerja sama dengan lebih banyak pihak supplier dari mancanegara. Hal ini dilakukan untuk melengkapi keberagaman produk. Karena selama ini, perseroan masih mengandalkan produk impor dari China dan Thailand. Seperti kelengkeng dan anggur. 

"Sampai saat ini, supplier yang sudah bekerja sama dalam menyuplai buah untuk perseroan. Seperti negara-negara di Asia, Australia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa hingga Timur Tengah," jelasnya. 

Dengan menggandeng lebih banyak supplier tersebut, Renny berharap semakin memperkokoh posisi perseroan sebagai salah satu importir buah-buahan terbesar dan terlengkap di Indonesia dalam dua jalur modern market dan traditional market (pasar induk, distributor dan agen buah). 

Secara keseluruhan, perseroan memiliki sembilan cabang cold storage dan distribusi aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Perseroan juga memiliki tiga jalur distribusi utama dalam menjalankan usahanya yang berpusat di kota besar. Yaitu Medan, Jakarta dan Surabaya. 

Renny mengatakan, dalam mendistribusikan produknya, perseroan bekerja sama dengan vendor perusahaan logistik antar provinsi dari pelabuhan besar yang menjangkau hub impor perseroan. 

Kinerja Perseroan 

Sementara itu, Renny juga memaparkan kinerja perseroan tumbuh positif dalam tiga tahun terakhir kendati pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia. Bahkan, penjualan bersih perseroan pada 2021 lalu tembus menjadi Rp1,02 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 32,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (Rp769 miliar). 

Sedangkan angka penjualan kuartal I Januari-Maret 2022 tercatat Rp270 miliar. Untuk target penjualan hingga akhir tahun Rp1,4 triliun. 

"Hal itu disebabkan oleh peningkatan kebutuhan dan daya beli masyarakat untuk buah-buahan dan ketersediaan stok barang yang lebih stabil dari tahun sebelumnya terutama untuk item-item utama seperti apel, anggur, jeruk, dan pir," kata dia. 

Pada tahun lalu, perseroan juga mencatat peningkatan laba bersih sebesar 35,54 persen menjadi Rp37,28 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari sisi aset, perseroan juga berhasil mencatatkan peningkatan sebesar 20,62 persen menjadi Rp247,28 miliar pada periode 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

"Secara kondisi keuangan PT Segar Kumala Indonesia, memiliki balanced sangat kuat," ucapnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES