News Commerce

Rekomendasi Software ERP Terbaik, Pengertian serta Manfaatnya!

Senin, 01 Agustus 2022 - 18:49 | 74.18k
Ilustrasi: Software ERP. (FOTO: Freepik.com)
Ilustrasi: Software ERP. (FOTO: Freepik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam kegiatan bisnis di perusahaan diperlukan berbagai macam alat pendukung agar semua aktivitas bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah software ERP karena terbukti mampu meningkatkan efisiensi perusahaan.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dirancang secara khusus sebagai solusi otomasi bisnis dengan sistem yang terintegrasi dan aman. Penggunaan software ini dianggap cukup efektif untuk mempersingkat alur kerja sehingga bisa menghemat tenaga dan biaya.

Tentunya ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh software ini sehingga menjadi pilihan yang paling tepat untuk mendukung operasional perusahaan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu software ERP, manfaat dan keunggulannya, silakan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Sistem ERP

Enterprise Resource Planning atau sering disingkat dengan istilah ERP merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang didesain untuk menghubungkan beberapa aktivitas teknis dan fungsional di dalam perusahaan. Sistem ini juga tidak terlepas dari peran sumber daya manusia di dalamnya.

Sistem ERP biasanya berkaitan erat dengan penanganan proses manufaktur, inventory atau distribusi persediaan, invoice serta berbagai macam kegiatan akuntansi perusahaan. Itulah mengapa sistem ERP memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap manajemen perusahaan.

Cara Kerja Software ERP

Secara garis besar, penggunaan ERP dengan memanfaatkan database terpusat bertujuan untuk mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual, kesalahan data serta menyederhanakan alur kerja dalam kegiatan bisnis perusahaan. 

Sistem ERP sendiri biasanya dilengkapi dengan dashboard yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui data secara real-time dari seluruh aktivitas perusahaan. Informasi tersebut nantinya akan digunakan untuk mengukur profitabilitas dan produktivitas perusahaan.

Tanpa adanya sistem ERP, informasi atau data yang ada di perusahaan cenderung bersifat tertutup sehingga tidak bisa diakses secara fleksibel oleh seluruh bagian perusahaan. Itulah mengapa software ERP yang bersifat open source sangat dibutuhkan karena bisa diakses sesuai kebutuhan.

Melalui software tersebut, informasi dari berbagai departemen bisa dibagikan dan divisualisasikan dengan mudah ke seluruh bagian organisasi.  Penyederhanaan alur kerja dan beragam informasi di dalamnya bisa meminimalisir kebutuhan waktu untuk pekerjaan yang bisa diotomatisasi.

Tingkatan dalam Sistem ERP

Berdasarkan kompleksitas maupun ukurannya, sistem ERP bisa dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Dengan demikian maka akan membuat kebutuhan antara satu perusahaan dengan yang lain tidak sama. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tingkatan pada sistem ERP:

1.    Tier I

Pada tingkatan ini, sistem ERP berfungsi untuk mendukung perusahaan global sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan yang muncul pada skala nasional. Termasuk di dalamnya permasalahan mengenai mata uang, alfabet, bahasa, dan lain sebagainya.

2.    Government Tier I

Pada tingkatan Government Tier I, sistem ERP banyak digunakan untuk mendukung agensi besar dalam pemerintahan. Itulah mengapa vendor ERP pada tingkat ini harus bisa mendukung berbagai macam permasalahan teknis seperti SDM, asuransi hingga purchasing.

3.    Government Tier II

Pada level ini pengembangan sistem Enterprise Source Planning juga difokuskan pada kebutuhan pemerintah. Diantaranya meliputi instansi di daerah, instansi federal ataupun instansi di negara bagian.

4.    Software ERP Tier III

Tingkatan ERP yang satu ini dikembangkan khusus untuk mendukung kegiatan bisnis pada perusahaan dengan skala menengah ke atas. Sebagian besar materinya difungsikan untuk menangani beberapa jenis mata uang dan bahasa dengan menggunakan 1 alfabet saja.

5.    Sistem ERP Tier IV

Berbeda dari tingkatan ERP sebelumnya, pada tingkatan ini penggunaannya dirancang secara khusus untuk perusahaan bisnis dengan skala kecil atau usaha mikro. Dan lebih difokuskan untuk program akuntansi dan IT saja sehingga sering dianggap kurang lengkap.

Rekomendasi Software ERP Terbaik

Saat ini berbagai jenis sistem ERP disediakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan, hanya saja tidak semuanya memiliki kualitas bagus. Sebagai solusinya, Anda bisa mempercayakan sistem ERP yang akurat dan terpercaya dari Mekari.

Produk ERP dari Mekari menawarkan beberapa fitur menarik yang bisa digunakan sesuai kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini Mekari menyediakan Software ERP cloud yang memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah meningkatkan kinerja tanpa perlu pembaharuan secara berkala.

Dengan menggunakan software berbasis cloud tersebut maka hal itu akan mengurangi ketergantungan terhadap pihak ketiga. Sementara dari segi keamanan data juga lebih terjamin karena didukung oleh tim yang kompeten dan ahli di bidangnya.

Dengan kualitas software yang terpercaya, tidak heran jika saat ini sudah lebih dari 35.000 perusahaan ternama menggunakan ERP software dari Mekari. Hal ini tidak terlepas dari manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh software ini. 

Manfaat dan Keunggulan Software ERP dari Mekari

Secara garis besar, sistem ERP mampu mengintegrasikan data dan mengotomasi data dari berbagai software. Hal ini akan sangat berguna bagi pihak manajemen karena bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan. 

Tentunya ada banyak manfaat dan keunggulan dari sistem ERP ini sehingga bisa diaplikasikan untuk mendukung kegiatan bisnis di perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dan keunggulan ERP software yang perlu diketahui:

●    Menyederhanakan Proses Operasional Perusahaan

Salah satu manfaat penting dari sistem ERP adalah menyederhanakan proses dan kegiatan operasional di perusahaan. 

Dengan menggunakan sistem ERP ini maka informasi dan data bisnis sudah terintegrasi sehingga cukup efektif untuk mengurangi tenaga dan biaya.

●    Meningkatkan Kolaborasi antar Departemen atau Tim

Dengan adanya sistem yang terintegrasi maka hal itu akan memudahkan departemen atau tim di dalam perusahaan untuk melakukan kolaborasi. 

Karena data yang tersimpan dalam database bisa diakses dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing departemen.

●    Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Penggunaan software ERP bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 
Hal ini terjadi karena proses pengumpulan data bisa dilakukan secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat. Sehingga efisiensi dan produktivitas pun semakin meningkat.

●    Pengelolaan Data lebih Aman dan Terkontrol

Pengelolaan data dengan sistem ERP lebih terjamin keamanannya karena sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 yang levelnya setara dengan perbankan. 

Sementara untuk datanya sendiri tersimpan di cloud sehingga lebih aman dan bisa diakses dengan mudah.

Selain itu, data yang tersimpan juga lebih akurat. Hal ini tentunya sangat penting karena bisa menurunkan resiko terjadinya kesalahan data akibat adanya human error. 

Jika dibandingkan dengan proses manual, penggunaan sistem ERP jauh lebih akurat, aman dan terkontrol.

●    Perencanaan Bisnis lebih Kuat

Sistem ERP dilengkapi dengan beragam fitur dan alat pendukung yang cukup lengkap untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan. Dengan demikian maka akan lebih efektif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di perusahaan.

Dengan menggunakan software ERP maka laporan yang dihasilkan sudah terstandar dan akurat sesuai standarisasi yang dibutuhkan oleh manajemen. Dan nantinya laporan bisa diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan.

●    Pengelolaan Hubungan dengan Customer lebih Efektif

Melalui sistem ERP, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola hubungan dengan customer karena sudah tersedia fitur khusus untuk keperluan tersebut. Dengan begitu maka informasi pelanggan bisa diakses secara cepat dan praktis.

Contoh Software ERP Mekari

Sistem ERP yang disediakan oleh Mekari merupakan solusi terbaik untuk mendukung kegiatan perusahaan secara lebih efektif dan efisien. 

Karena pada sistem ini semua data dan informasi sudah terintegrasi sehingga masing-masing departemen bisa mengaksesnya sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh produk ERP software Mekari yang perlu diketahui:

1.    Talenta by Mekari

Talenta by Mekari adalah solusi otomasi untuk berbagai keperluan dan proses HR sehingga lebih efektif dan efisien. 

Produk ini memungkinkan proses sinkronisasi data lembur, cuti, hingga absensi karyawan secara otomatis yang membuat perhitungan payroll jadi lebih mudah.

Selain itu, perhitungan pajak penghasilan, BPJS dan JHT bisa dikalkulasi secara otomatis. Bahkan untuk mengakses payslip bisa dilakukan melalui perangkat mobile sehingga lebih praktis. Demikian juga untuk transfer gaji, bisa dilakukan dengan cepat ke ribuan karyawan.

Kemudahan dalam mengelola administrasi HR ini tidak terlepas dari beragam fitur yang tersedia di dalam software. 

Diantaranya adalah fitur Payroll, Attendance, Cloud HRIS, Expense Management, Performance Management, HR Analytics dan Employee Self Service.

2.    Jurnal by Mekari

Software ERP selanjutnya adalah Jurnal by Mekari yang merupakan solusi otomasi untuk kegiatan akuntansi perusahaan. Melalui sistem ERP ini maka berbagai kegiatan akuntansi bisnis bisa dikelola dengan mudah dan praktis oleh siapa saja.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, Anda bisa dengan mudah memantau berbagai macam transaksi keuangan secara real-time. Mulai dari transaksi pembelian, transaksi penjualan, hingga pengeluaran perusahaan.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem perpajakan, payroll dan POS sehingga cukup efektif untuk meningkatkan operasional bisnis. Dalam penggunaannya, Anda bisa mengakses beberapa fitur yang disediakan sesuai kebutuhan.

Diantaranya meliputi Laporan Keuangan, Akuntansi, Kas dan Transaksi, Invoice dan Faktur, Produk dan Inventory, Biaya dan Anggaran, Perpajakan serta Mobile App yang memungkinkan Anda untuk memantau perkembangan bisnis melalui smartphone.

Untuk format laporan keuangan yang digunakan pada produk software ini sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Sementara untuk mendapatkannya bisa diunduh kapan saja sesuai kebutuhan.

3.    Qontak by Mekari

Mekari Qontak merupakan solusi bisnis yang paling efektif untuk otomasi penjualan maupun layanan customer pada bisnis perusahaan. Melalui software ini berbagai data dan informasi customer bisa diakses dengan mudah, mulai dari percakapan hingga penawaran.

Penggunaan software akan memaksimalkan komunikasi bisnis serta pemasaran. Perusahaan jadi lebih mudah untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer dan calon customer. Dengan begitu maka bisa merencanakan strategi yang lebih efektif dan menguntungkan.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk memonitor secara real-time berbagai macam aktivitas tim di lapangan, salah satunya melalui fitur GPS Live Tracking. 

Selain itu, pengaturan pada akses data juga memudahkan pengelolaan dan perlindungan data customer.

Adapun fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain adalah Omni Channel Communication, Sales CRM, Customer Service CRM. Whatsapp API, Cloud IP PBX serta Chatbot AI Otomatis.

Penggunaan ERP software merupakan solusi terbaik dalam hal otomasi data dan informasi yang berhubungan dengan kegiatan bisnis perusahaan. 

Dibandingkan dengan pengelolaan data secara manual, sistem ERP jauh lebih akurat, praktis dan bahkan mudah untuk diakses sesuai kebutuhan.

Agar kegiatan operasional di perusahaan Anda semakin efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan software ERP dari Mekari yang sudah terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses situs Mekari di https://mekari.com/. Jadikan bisnis Anda semakin berkembang bersama Mekari!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES