News Commerce

Ini Dia Perbedaan Antara Penerjemah Tersumpah dan Biasa, Harus Tahu!

Minggu, 07 Agustus 2022 - 20:07 | 99.05k
ILUSTRASI - Penerjemah. (FOTO: beritawicara.com)
ILUSTRASI - Penerjemah. (FOTO: beritawicara.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seorang penerjemah yang membuka layanan alih bahasa dibedakan menjadi dua kelompok. Yaitu penerjemah biasa dan jasa penerjemah tersumpah. Anda mungkin belum begitu familiar dengan istilah ini, sehingga bertanya-tanya apa sih perbedaan keduanya. Bukan hanya sekedar nama saja, melainkan fungsi dan tugasnya jauh berbeda. 

Meskipun melayani bidang pekerjaan yang sama, namun satu sama lain tidak bisa disamakan. Anda perlu memahami perkara ini supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh ingin melakukan negoisasi dengan perusahaan asing, maka jangan memilih layanan umum dan murah. 

Lebih baik Anda membayar lebih mahal yang kualitas dan kepercayaannya terjamin. Simak perbedaan ke-dua penerjemah dibawah ini.

Perbedaan Penerjemah Tersumpah dan Biasa 

Pertama-tama, kita bahas terlebih dahulu pengertian penerjemah tersumpah. Penerjemah tersumpah bukanlah embel-embel yang diberikan begitu saja kepada seseorang. Ini merupakan gelar resmi yang diberikan kepada ahli bahasa sesudah lolos ujian kualifikasi penerjemahan di Fakultas Ilmu Budaya. 

Bukan sekedar lolos, melainkan harus berhasil mendapatkan nilai minimal 80. Proses mendapat gelar kemudian berlanjut dengan diambil sumpahnya di depan Gubernur DKI Jakarta. Pengambilan sumpah tersebut bisa juga dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk. 

Pengukuhan seorang penerjemah tersumpah dilakukan lewat Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Dengan SK yang berhasil diperoleh setelah melakukan serangkaian prosedur diatas, barulah bisa membuka layanan penerjemah tersumpah secara resmi.  

Disisi lain, penerjemah biasa adalah seorang ahli bahasa yang membuka layanan penerjemahan tanpa melalui ujian kualifikasi dan disumpah Gubernur DKI Jakarta.

Perbedaan jasa penerjemah tersumpah dan biasa sudah pasti dari segi kualitas layanan. Untuk mendapatkan gelar tersumpah, ahli bahasa melakukan serangkaian test terlebih dahulu. Itupun baru dinyatakan lolos apabila memperoleh nilai minimal 80. 

Sehingga, kemampuan mengalihkan bahasa satu ke bahasa lainnya sudah teruji. Mereka mampu menerjemahkan bahasa dengan baik dan pastinya agar mudah dipahami oleh calon klien. 

Karena dari segi kualitas layanannya berbeda, penerjemah tersumpah dan biasa memiliki pekerjaan masing-masing. Tugas penerjemah biasa umumnya dimanfaatkan untuk mengalihbahasakan sebuah artikel ataupun dokumen yang tidak bersifat legalitas. 

Sementara itu, jasa penerjemah tersumpah dibutuhkan untuk keperluan legalitas. Baik oleh perusahaan, instansi pemerintah, ataupun perorangan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Penerjemahan Dokumen Akademis

Contoh SKHUN, Piagam, Ijazah, dan lain-lain. 

Penerjemahan Dokumen Legal

Contoh Akta Pendirian, SIUP, TDP, Akta PKPD, dan lain-lain. 

Penerjemahan Dokumen Finansial 

Contoh Profil Perusahaan, Form Pajak, Laporan Audit, dan lain-lain. 

Penerjemahan Dokumen Pribadi

Kartu Keluarga, Akta, KTP, dan lain-lain. 

Penerjemahan Dokumen Teknikal 

Contoh AMDAL, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan lain-lain. 

Perbedaan penerjemah tersumpah dan biasa selanjutnya terletak pada tarif layanan. Anda diharuskan membayar biaya lumayan mahal untuk memesannya. Harga per halaman dibanderol kurang lebih Rp. 75 ribu - Rp. 100 ribu per halaman. Ini untuk dokumen Indonesia yang ingin diterjemahkan ke bahasa Inggris. Tarif bisa lebih mahal untuk penerjemahan ke bahasa lain. 

Tidak seperti penerjemah umum yang mungkin hanya melayani alih bahasa tertentu, penerjemah tersumpah bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan Anda. Mulai dari bahasa Mandarin, Arab, Perancis, Jepang, Italia, Korea, Spanyol dan lain sebagainya. 

Perbedaan terakhir adalah kredibilitas atau tingkat kepercayaannya. Karena sudah disumpah oleh Gubernur DKI Jakarta, penerjemah tersumpah senantiasa menjaga amanat dari klien dan tidak melakukan kecurangan. 

Informasi yang diterjemahkan tidak disebarluaskan kepada piham manapun. Kerahasiaan Anda selalu terjaga dan pastinya aman. Jaminan seperti ini belum tentu diperoleh dari penerjemah biasa. Sehingga Anda harus lebih hati-hati ketika hendak memilih layanan. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES