News Commerce

Pertumbuhan Pembangunan untuk Negeri, Ukur.com Mendukung dengan Transparansi

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:55 | 24.26k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembangunan di negara kita sedang gencar-gencarnya. Melihat peluang bisnis yang ada, menurut anda bisa bisni apa yang paling cocok? Toko bangunan. Memulai langkah dengan memasuki usaha toko bangunan pada saat pembangunan dalam masa sedang gencar-gencarnya adalah langkah yang dinilai tepat. 

Tetapi sayangnya, pandemi Covid19 yang telah melanda selama beberapa tahun belakangan menjadi hambatan toko bahan bangunan dalam berkembang dan memasarkan produknya. Tidak bisa dipungkiri, dunia bisnis memang memiliki pola yang tidak bisa ditebak dan persaingannya pun sengit. Hanya mereka yang mau mampu berinovasi yang bertahan.

Mulai Bisnis Toko Bangunan Anda dengan Memperhatikan Hal-hal berikut :

1.  Penentuan Lokasi

Adalah peran yang sangat penting untuk sebuah toko bahan bangunan. Sudah seharusnya, usaha ini dibangun pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Lokasi yang tepat untuk membuat toko bangunan adalah pada pusat bisnis. Seperti halnya di dekat pasar atau bisa di pusat kota. Buatlah toko yang dengan ukuran besar dan memiliki halaman yang cukup luas. 

Mengapa? Karena halaman bisa digunakan untuk parkir kendaraan pemasok bahan bangunan serta juga kendaraan yang mengantar bahan bangunan ke rumah pelanggan. Selain itu, halaman dapat juga digunakan untuk meletakkan pasir, batu, serta material lain. 

Jika mempunyai modal yang besar, Anda bisa membeli lahan lalu membangun toko di pusat kota. Tetapi apabila modal yang Anda punya tidak cukup besar, sewalah ruko yang berada di lokasi strategis. Harga sewa akan lebih murah dibandingkan dengan biaya membangun toko dari awal.

2.  Fasilitas yang Diberikan

Memulai bisnis toko bangunan tidak sama seperti toko pada umumnya. Setidaknya Anda harus mempunyai halaman yang luas. Halaman ini berfungsi untuk memudahkan pelanggan juga pemasok untuk memarkirkan kendaraan. Halaman juga bisa menjadi tempat untuk muat bongkar material. 

Anda juga bisa menyediakan satu sudut yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sediakan juga makanan kecil serta minuman yang dapat dibeli oleh para konsumen di toko bahan bangunan milik Anda. Tak ada salahnya jika Anda juga menyediakan pula fasilitas toilet.

3.  Pemasok Bahan Bangunan

Untuk membangun toko bangunan yang sukses harus diawali mencari pemasok yang baik. Pemasok yang baik yaitu individu atau badan usaha yang bisa dipercaya juga memiliki reputasi baik. Untuk mendapatkan pemasok yang baik dan juga terpercaya, Anda bisa meminta rekomendasi dari pemilik toko bangunan yang lebih senior. 

Toko Anda akan menjadi lebih sukses bila menjalin relasi dengan para kontraktor dan juga mandor. Karena dua profesi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan bisnis Anda.  Tidak menutup kesempatan di masa yang akan datang Anda dapat menerima banyak pesanan dari mereka.

4.  Iklan untuk Toko Bangunan

Toko yang sudah selesai dibangun harus melakukan pengiklanan agar dapat lebih dikenal masyarakat. Semakin gencar pengiklanan yang dilakukan, akan semakin banyak pula pelanggan yang akan datang. Promosi yang dilakukan harus bisa menarik dan membuat orang merasa terpanggil untuk belanja di toko Anda. Ada begitu banyak macam cara yang bisa Anda tempuh. 

Seperti halnya melalui spanduk atau reklame di tepi jalan raya. Orang yang melintas akan melihat terdapat promosi toko bangunan Anda. Promosi juga perlu dilakukan di dunia maya dengan media sosial. Bila memungkinkan Anda bisa membuat website untuk mempromosikan toko. 

Untuk lebih menarik, buatlah acara seperti halnya grand opening. Memberikan potongan harga pada beberapa jenis barang yang berpotensi untuk menarik perhatian para calon pelanggan.

5.  Melakukan Pembukuan

Cara membuka usaha toko bangunan yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan pembukuan. Pembukuan pada toko bangunan berguna untuk mendokumentasikan seluruh dana yang keluar ataupun masuk ke toko. Pembukuan ini sangat penting karena dimaksudkan untuk memantau stabilitas keuangan pada unit usaha Anda. Keuntungan ataupun kerugian dapat dipantau dengan lebih mudah. Ada banyak lagi manfaat dengan adanya pembukuan, selain yang telah disebutkan tadi. 

6.  Menjadi Pemenang dalam Persaingan Usaha

Dalam hal persaingan sudah menjadi hal wajar dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan strategi bisnis yang sebaik mungkin. Tujuannya agar dapat unggul dalam persaingan.

Berikanlah harga terjangkau kepada konsumen. Pelanggan juga harus diberi perlakuan baik dan ramah agar tidak berpaling ke toko lain. Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi secara kontinu. Promosi sebaiknya tidak berhenti meskipun toko Anda sudah dikenal oleh banyak orang.

7.  Biarkan Pembeli Menentukan Kualitas Barangnya Sendiri

Barang yang tersedia di toko bangunan memiliki kualitas berbeda-beda. Biasanya produk ini dikelompokkan pada dalam beberapa kelas berdasarkan kualitas yang dimiliki. Anda harus jujur pada pembeli mengenai kualitas barang. Apabila barang tersebut memiliki kualitas yang baik, katakanlah bahwa kualitas yang dimiliki memang baik. 

Apabila kualitas barang memang kurang baik, Anda juga harus mengatakan hal yang sama kepada pelanggan. Biarkan pelanggan menentukan kualitas barang yang akan mereka beli.

Jadilah Toko Bangunan Terpercaya. Apa Saja yang Biasanya Pembeli Perhatikan?

Penting untuk mengenal apa saja ciri toko yang menyediakan bahan bangunan sehingga bisa dijadikan sebagai partner terbaik. Perhatikan hal-hal yang dapat membuat pembeli memberikan kepercayaan pada toko bahan bangunan Anda.

1.  Kelengkapan pada Produk

Memiliki koleksi produk dari material, peralatan, perlengkapan tukang yang bervariatif. Hal ini karena apa saja kebutuhan dalam pembangunan ataupun renovasi bisa disediakan di satu toko tersebut.

Pembeli biasanya menanyakan terlebih dahulu tentang ketersediaan material yang dibutuhkan.

Tujuannya adalah untuk mengetahui seperti apa layanan toko bahan bangunan serta kelengkapan di dalamnya. Termasuk jasa konsultasi guna kepentingan pembangunan atau renovasi.

2.  Harga yang Masuk Akal

Maksudnya tidak memasang dibawah standar ataupun sebaliknya, tidak terlalu tinggi menawarkan harga pada pembeli. Setiap kualitas pasti perlu membayar lebih tinggi, ini wajar. Jadi murah bukan berarti menguntungkan tetapi bandingkan dengan kualitas.

3.  Layanan Pesan Antar

Pembeli juga biasanya menilai dari fasilitas pengantaran material ke alamat pembeli. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dan juga ringkas karena tidak harus mencari jasa angkut dari luar. 

4.  Testimoni Positif

Terdapat testimoni positif dari pembeli sebelumnya. Baik secara langsung pada toko offline, ataupun melalui sosial media dan website toko bersangkutan. Ini menunjukkan kepuasan pembeli diutamakan.

Persaingan dan permusuhan terus muncul dalam bisnis konstruksi, banyak hal yg menjadi pertimbangan seseorang sebelum memulai bisnisnya. Bahkan banyak diantara pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung membutuhkan inovasi baru agar tetap bertahan. Ukur.com adalah marketplace konstruksi terbaru di Indonesia dengan segala fitur yang menawarkan kemudahan untuk penjual ataupun pembelinya. 

Apa itu Ukur.com?

Berawal dari banyaknya masalah yang ada pada bidang konstruksi seperti, harga konstruksi yang terlampau tinggi karena banyaknya markup, banyaknya broker pada dunia konstruksi, dan pembayaran yang cenderung lama. Bukankah seharusnya penjual merupakan tangan pertama yang menikmati hasil keuntungan? Tetapi di dunia konstruksi penjual tangan pertama cenderung lebih banyak dirugikan.

Melihat permasalah tersebut, Ukur.com hadir sebagai marketplace konstruksi agar dapat menyelesaikan permasalahan yang sering ditemui lalu menjadi penengah antara penjual - pembeli ataupun pemberi kerja - pelaksana kerja. Dengan hadirnya ukur.com diharapkan harga konstruksi akan menjadi jauh lebih transparan. Pembeli dan penjual akan diuntungkan dengan menggunakan sistem jual beli pada ukur.com yang berdiri sebagai perantara transaksi antara kedua belah pihak.

Dengan ukur.com yang menjangkau kegiatan jual beli di seluruh negeri, hal ini tentu saja dapat membantu percepatan pembangunan di Indonesia secara lebih transparan. Karena transparansi merupakan salah satu tujuan yang diusung oleh marketplace ini. Jangan ragu untuk menggunakan ukur.com untuk bertemu pembeli ataupun penjual dengan jangkauan pasar yang sangat luas. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES