News Commerce

Ibu-ibu PKK di Indramayu Sulap Daun Kelor Menjadi Produk Minuman Teh Berkhasiat

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 00:21 | 50.58k
Sajian Teh Kelor berkhasiat bagi kesehatan (Foto : Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)
Sajian Teh Kelor berkhasiat bagi kesehatan (Foto : Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUDaun Kelor adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini kini disulap jadi minuman teh yang berkhasiat dan menyehatkan.

Adalah kelompok PKK Desa Malang Semirang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang berhasil mengembangkan teh daun kelor.

Ketua PKK Desa Malang Semirang, Uripah mengatakan ide membuat teh daun kelor terinspirasi dari seseorang yang terkena penyakit stroke ringan dan setiap hari selalu meminum ramuan yang terbuat dari daun kelor.

Hasil dari konsumsi daun kelor tersebut membuat badan penderita stroke ringan tersebut sehat kembali.

"Berkaca dengan kejadian tersebut kami berpikir untuk memproduksi sendiri teh daun kelor, karena bahan dasar untuk pembuatan teh daun kelor mudah ditemukan di pekarangan rumah warga," ujar Uripah kepada TIMES Indonesia, Jum'at (19/8/2022).

Ia menambahkan, khasiat dan manfaat daun kelor sangat luar biasa, di samping bisa buat ramuan obat, daun kelor pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan melancarkan ASI bagi wanita.

Sajian-Teh-Kelor-a.jpg

Bahkan, organisasi kesehatan dunia WHO menyebut daun kelor sebagai pohon ajaib atau miracle tree karena memilii manfaat yang banyak dan penting bagi kesehatan. Manfaat daun kelor yang besar tersebut karena mengandung potasium tiga kali lipat dari pisang, kalsium empat kali lipat daripada susu, vitamin C vitamin A dan protein.

Uripah menjelaskan, produksi teh daun kelor telah dilakukan sejak setahun terakhir. Dari ide sederhana itu kini mereka mampu menjadikan produk bernilai ekonomis.

Adapun cara pembuatan teh daur kelor sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Pertama pilih daun kelor yang masih segar dan cuci dengan air. Kemudian jemur sampai kering atau masukan ke oven lalu disangrai sampai benar-benar kering.

Untuk harga jual per pak kemasan celup dibandrol dengan harga Rp10 ribu rupiah isi 10 pcs, dan kemasan yang serbuk isi 7 gram dengan harga yang sama.

"Untuk pemasaran produk teh kelor dilakukan melalu media online, gerai UMKM, dan promosi melalui pameran," ujar Uripah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES