News Commerce

Popok Bayi Berbahan Organic Cotton Mampu Cegah Ruam dan Peradangan

Senin, 29 Agustus 2022 - 15:38 | 49.09k
Ilustrasi.(Dok.MamyPoko)
Ilustrasi.(Dok.MamyPoko)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tren kebutuhan peralatan dan perlengkapan bayi berbahan organik semakin meningkat pesat.

Studi menemukan bahwa sebanyak 48 persen ibu menggunakan produk organik, mulai dari makanan ibu, makanan bayi, skincare, dan pakaian.

Produk organik diminati karena dianggap baik untuk kesehatan (50 persen), aman untuk kulit (24 persen), serta tidak mengandung bahan kimia (16 persen).

Berdasarkan survey Nielsen 2022, pertimbangan utama konsumen saat memilih popok bayi di antaranya yang memiliki fungsi tidak bocor (70 persen), lembut di kulit bayi (53 persen), serta tetap kering (52 persen). Tidak hanya lembut, namun juga kebutuhan akan popok yang terbuat dari bahan organik meningkat.

Sementara dokter spesialis anak, dr. Citra, SpA, IBCLC, MKes., mengungkapkan bahwa kulit bayi 30 persen lebih halus dan lebih lembut dibanding orang dewasa.

Perbedaan ini dapat menjelaskan mengapa kulit bayi rentan mengalami masalah kulit seperti diaper dermatitis atau ruam popok, dan atopic dermatitis atau eksim akibat peradangan kulit.

“Cara mencegahnya salah satunya dengan memilih popok yang menggunakan bahan yang aman bagi kulit si kecil. Contohnya adalah bahan organic cotton yang terbukti lebih lembut dan bebas bahan kimia sehingga aman bagi kulit anak kita,” tutur dr. Citra.

PT-Uni-Charm-Indonesia-b.jpgFmYuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk bersama dengan Yukihiro Ito, R&D Department Head PT Uni-Charm Indonesia Tbk dan Kosuke Saito, Marketing Manager Baby Care yang hadir pada acara peluncuran MamyPoko Royal Soft Organic Cotton.(Dok.Uni-Charm)

Dari hasil survey dan kajian profesional tersebut, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melihat adanya tren penggunaan produk organik di Indonesia sebagai peluang untuk turut meluncurkan popok bayi sekali pakai berbahan organik.

Yuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk. menjelaskan, kebutuhan konsumen datang dari fakta bahwa produk yang terbuat dari bahan organik dianggap sehat, aman untuk kulit dan bebas bahan kimia.

Bayi, terutama bayi yang baru lahir, memiliki kulit yang halus, sehingga kesehatan kulit bayi adalah salah satu hal terpenting bagi orang tua, dan produk yang ramah di kulit serta baik untuk untuk kulit bayi menjadi poin penting bagi konsumen.

Organic cotton lebih ramah untuk kulit bayi karena kapas yang digunakan ditanam dengan cara berkelanjutan dan ditumbuhkan secara organik yaitu menggunakan cara alami tanpa bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan, untuk kepentingan jangka panjang manusia dan alam.

"Kami melihat kebutuhan akan popok yang tidak hanya lembut di kulit bayi semakin meningkat, tetapi juga terbuat dari bahan organik. Untuk itu, kami memperkenalkan MamyPoko Royal Soft Organic Cotton, satu-satunya produk MamyPoko yang menggunakan kapas organik," katanya, Senin (29/8/2022).

PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan terobosan baru popok bayi sekali pakai berbahan organic cotton dari MamyPoko Royal Soft.

Produk yang diluncurkan kali ini menggunakan topsheet yang sebagian terbuat dari bahan alam yaitu 100 persen organic cotton.

Setelah Unicharm Corporation sukses menjadi pelopor pasar “popok organik” di Jepang, produk yang sudah diterima di total delapan negara di Asia, Asia Tenggara, dan Oseania kini hadir di Indonesia.

Sejak diluncurkan perdana pada tahun 2016, popok organik dari Unicharm Corporation telah berkembang dengan 11 persen pangsa pasar popok bayi sekali pakai di Jepang.

Kesuksesan Unicharm Corporation memasarkan popok bayi sekali pakai berbahan organik di Jepang, menjadi inspirasi negara lain dari Unicharm Corporation untuk menerapkan terobosan baru teknologi popok bayi berbahan organik.

Unucharm Indonesia merancang MamyPoko Royal Soft dengan menggunakan organic cotton pada bagian top sheet, yaitu permukaan lapisan penyerap pada popok yang kontak langsung dengan kulit bayi.

"Hasilnya popok lebih lembut dan ramah untuk kulit bayi karena kami memilih kapas yang bersertifikasi organik OCS 100 dari Control Union Certification B.V. untuk memastikan bahan organic cotton ditanam secara alami tanpa bahan kimia yang berbahaya bagi alam,” kata Yukihiro Ito, R&D Department Head PT Uni-Charm Indonesia Tbk.

Selain itu, MamyPoko Royal Soft telah melakukan serangkaian tes dermatologi dan mendapati popok berlapis organic cotton lebih baik dalam mencegah risiko iritasi pada kulit bayi hingga 1,8 kali.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES