News Commerce

Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima

Selasa, 20 September 2022 - 09:34 | 28.06k
Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima
Ilustrasi. (Foto: freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk terjun ke dunia kerja, selain keberanian dan skill dibutuhkan aspek administratif. Termasuk lamaran pekerjaan dengan bahasa formal dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang ingin ditempati. Adapun pengertian sekaligus contoh surat lamaran kerja yang bisa menjadi tambahan informasi sebagai berikut:

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam memulai karir, dibutuhkan perkenalan diri dan tujuan pada perusahaan terkait. Penjelasan tersebut tersaji dalam sebuah lamaran pekerjaan yang akan menjadi bahan pertimbangan pemilik lowongan. Surat lamaran kerja yaitu tulisan resmi yang dibuat seseorang saat berniat mencari pekerjaan.

Melalui lamaran pekerjaan tersebut, pihak perusahaan atau penyedia lowongan akan mempertimbangkannya dengan baik. Agar lebih memahaminya, maka contoh surat lamaran kerja perlu dipelajari dengan seksama. Dengan demikian, tidak akan terlalu sulit untuk membuatnya sendiri.

Contoh Surat Untuk Melamar Pekerjaan

Dalam lamaran pekerjaan, informasi yang disampaikan harus jelas dan bisa dipahami. Seperti tujuan surat dilayangkan, identitas diri, serta informasi kelengkapan berkas yang dilampirkan. Berikut beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa menjadi referensi:

1. Surat Lamaran Kerja Perusahaan

Mempunyai pekerjaan tetap pada sebuah perusahaan bisa jadi adalah sesuatu yang diidamkan sebagian masyarakat. Agar dapat masuk ke tahap interview, maka surat lamaran yang ditulis harus baik. Adapun contoh penulisannya bisa dipelajari berikut ini:

SURAT LAMARAN KERJA

Lumajang, 19 September 2022

Hal: Lamaran Pekerjaan
Yth. Manager Personalia
PT. Infanta Aska Jaya
Di Lumajang

Dengan hormat,

Menindaklanjuti informasi dalam situs resmi PT. Infanta Aska Jaya yang dipublikasikan tanggal 11 September 2022. Maka saya berniat mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Tim Marketing sebagai Specialist di PT. Infanta Aska Jaya. Adapun data diri selengkapnya tertulis berikut:

Nama                      : Galih Sukma Pranoto, SE
Usia                         : 24 Tahun
Alamat                    : Jl. Kraksan No.23, Kota Lumajang
Pendidikan Akhir    : S1 Universitas Nusantara
Telepon                  : 082649019826
E-mail                     : [email protected]

Pada saat menulis surat permohonan kerja ini, saya dalam keadaan sehat. Adapun keterampilan yang saya miliki yaitu mampu menggunakan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris aktif. Saya terbiasa melakukan pekerjaan dalam target dan sudah mempunyai pengalaman kerja sebagai marketing selama 1 tahun.

Supaya dapat dijadikan pertimbangan bagi Manager Personalia di PT. Infanta Aska Jaya, saya melampirkan:

1.    Salinan ijazah S1
2.    Curriculum Vitae
3.    Salinan KTP
4.    Foto terbaru 3×4
5.    Salinan Transkrip
6.    SKCK
7.    Surat pengalaman kerja sebagai marketing

Demikian permohonan pekerjaan yang saya tulis dengan sebenarnya. Saya berharap bisa diberikan peluang untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya dan mampu berkontribusi pada perusahaan PT. Infanta Aska Jaya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Lumajang, 19 September 2022

Hormat saya,

Galih Sukma Pranoto, SE

2. Surat Lamaran Untuk Pekerjaan Freelance

Saat ini banyak pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari mana pun, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor. Meski demikian, diperlukan lamaran pekerjaan agar bisa diterima bekerja. Untuk pekerjaan freelance, contoh surat lamaran kerja sebagai referensi di bawah ini:

Jember, 19 September 2022

Yth. Ketua Agensi Media Tulis

Dengan hormat,

Mengutip unggahan tentang dibutuhkannya jasa penulis dalam akun instagram @mediatulis pada tanggal 17 September 2022. Saya tertarik mengajukan lamaran sebagai calon penulis lepas sebagaimana lowongan pekerjaan tersebut. Berikut informasi biodata saya:

Nama                       : Cah Anggarani
Alamat                     : Jl. Musiman No.4, kota Malang
Pendidikan Akhir     : SMK
No. HP                    : 083648264826
E-mail                     : [email protected]

Sebelumnya, saya pernah menjadi content writer selama 1 tahun di media ABC. Saya mempunyai keterampilan sebagaimana yang dibutuhkan dalam persyaratan Media Tulis. Sehubungan permohonan ini saya sertakan:

1.    Curriculum Vitae
2.    Contoh Tulisan

Demikian lamaran kerja untuk dipertimbangkan menjadi calon penulis lepas di Media Tulis. Saya berharap diberikan kesempatan dan bertekad untuk terus belajar, terima kasih.

Hormat saya,

Cah Anggarani

Itulah pengertian sekaligus contoh surat lamaran kerja untuk dipelajari sebelum mendaftar lowongan. Agar dapat diterima pada posisi tertentu dalam perusahaan, tentunya dibutuhkan lamaran kerja terlebih dahulu. Oleh karena itu, pelamar perlu menguasai informasi di atas.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES