News Commerce

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menyewa Apartemen untuk Pekerja Kantoran

Selasa, 27 September 2022 - 19:46 | 11.23k
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menyewa Apartemen untuk Pekerja Kantoran
Ilustrasi: Apartemen. (Foto: rumah123)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda yang mendapatkan pekerjaan di kota besar pasti akan memikirkan tempat beristirahat. Apartemen menjadi salah satu pilihan karena beragam keuntungannya seperti letaknya strategis, tersedia keamanan 24 jam, dan sering dilalui jalur transportasi publik.

Pilihan apartemen makin mudah dicari melalui aplikasi pencarian penyewaan. Anda dapat memulai dengan memasukan kata kunci “sewa apartemen bandung” di kolom pencarian. Dari banyaknya nama yang muncul, salah satunya adalah Apartemen The Suites Metro yang berlokasi di Jalan Soekarno - Hatta No. 693, Jatisari, Buah batu, Batununggal, Bandung.

Kepraktisan menjadi alasan lain mengapa orang memilih menyewa apartemen daripada kos-kosan. Penghuni apartemen tidak perlu memikirkan permasalahan seperti air karena sudah ada petugas yang memberikan itu semua.

Masalah memenuhi kebutuhan sehari-hari pun main mudah karena lokasi apartemen selalu berdekatan dengan pusat perbelanjaan, minimarket, mall, dan tempat ramai lainnya.

Anda tak perlu risau soal keamanan kendaraan karena apartemen telah menyediakan tempat parkir khusus penghuni. Dilengkapi sistem keamanan sehingga hanya penghuni saja yang bisa masuk.

Panduan sebelum memutuskan menyewa apartemen:

Menyewa apartemen tentu sedikit berbeda dengan mencari kos-kosan. Sebelum membayar uang sewa, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Siapkan anggaran sewa apartemen

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan uang untuk membayar sewa apartemen. Pastikan Anda memilih apartemen yang sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Jauh lebih baik lagi kalau mendapatkan apartemen dengan uang sewa tanpa tambahan uang listrik dan sejenisnya.

2. Riset apartemen yang dikehendaki

Setelah menentukan anggaran, selanjutnya adalah riset apartemen yang Anda incar. Carilah konten di internet terkait perbandingan apartemen A dan B. Pelajari apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Apabila diperlukan, datang ke lokasi apartemen untuk mempelajari dengan lebih lanjut. Namun tak lupa pantau harga sewa apartemen lewat aplikasi traveloka.

3. Tanyakan agen apartemen atau pemilik

Apabila Anda merasa ingin tahu lebih lanjut, hubungi agen apartemen atau pemilik. Tanyakan hal-hal penting seperti masalah biaya sewa apakah ikut naik karena pengaruh kenaikan BBM.

Selain itu, apakah ada kebebasan lainnya seperti dekorasi ruangan atau membawa hewan peliharaan. Pertanyaan semacam ni berguna agar Anda mendapatkan kejelasan secara mendalam.

4. Survei kondisi apartemen

Mendatangi lokasi apartemen perlu dilakukan setelah Anda menentukan daftar calon apartemen. Tujuan dari survei ini untuk mendapatkan gambaran terkait kondisi apartemen saat ini.

Cermati apakah ditemukan kerusakan yang dapat mempengaruhi kenyamanan Anda. Apabila Anda menemukan hal tersebut, tanyakan kepada agen apartemen untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tentunya, periksa kembali fasilitas yang ada apakah sudah sesuai dengan yang tertera di Aplikasi traveloka.

5. Membuat kesepakatan tertulis

Setelah mendapatkan apa yang sesuai keinginan Anda, buatlah kesepakatan tertulis terkait perjanjian sewa. Cantumkan terkait hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat.

Perjanjian sewa tertulis tentunya meliputi jumlah uang sewa, tanggal pembayaran, mekanisme pembayaran, biaya deposit, durasi penyewaaan, serta biaya tambahan lainnya yang diperlukan. Semakin spesifik, semakin baik untuk pihak-pihak yang terkait.
Fungsi surat perjanjian sewa ini dapat digunakan apabila terjadi permasalahan dikemudian hari.

Tips sewa apartemen bulanan:

Sebagai pelengkap, berikut ini tips menyewa apartemen bulanan agar tidak merusak kondisi keuangan Anda.

1. Cari apartemen yang dapat dijangkau transportasi publik

Sebagian besar apartemen di tengah kota mudah dijangkau transportasi publik. Anda dengan mudah menemukan ojek online atau transportasi umum lainnya. Sayangnya, harga sewa apartemen di lokasi tersebut cenderung mahal.

Anda dapat mengatasinya dengan mencari lokasi apartemen yang sering dilalui transportasi umum namun lokasinya di pinggiran kota. Lokasi-lokasi seperti perbatasan kota dapat jadi pertimbangan.
Dengan demikian, Anda sudah mendapatkan apartemen dengan harga terbaik namun masih terjangkau transportasi umum.

2. Pilih apartemen yang sesuai kebutuhan

Menyewa apartemen dengan ruangan furnished sangatlah menguntungkan, namun sayangnya harga sewa mahal kalau kondisi keuangan Anda terbatas.
Walau begitu, Anda masih bisa mendapatkan harga sewa murah dengan memilih apartemen unfurnished. Dengan kata lain, isi ruangan kosong.
Namun yang paling penting adalah mencari apartemen yang sesuai kebutuhan. Tentu Anda tidak ingin sengsara karena biaya sewa apartemen.

3. Terapkan gaya hidup hemat

Kecenderungan orang tinggal di apartemen adalah gaya hidup cenderung naik karena merasakan sensasi kemewahan. Apapun itu, gaya hidup mewah dapat membahayakan Anda kalau kondisi keuangan masih belum kuat.

Demi menjaga kondisi finansial, walau tinggal di apartemen tidak ada salahnya menerapkan gaya hidup hemat. Mulai dari hal sederhana seperti memasak makanan sampai membiasakan berjalan kaki kalau pergi tidak terlalu jauh.

Ketiga tips ini dapat membantu Anda kalau ingin menyewa apartemen. Anda bisa menemukan beragam tipe apartemen yang bisa disewa di Traveloka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

KOPI TIMES