News Commerce

Perdana Elektronik Rajai Penjualan AC, Kontribusi Capai 35 Persen

Rabu, 05 Oktober 2022 - 21:17 | 104.18k
Pemilik Perdana Elektronik Viona Wangsa meninjau stand AC merek Gree saat Perdana Fair di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (5/10/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Pemilik Perdana Elektronik Viona Wangsa meninjau stand AC merek Gree saat Perdana Fair di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (5/10/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Penjualan Air Conditoner (AC) di Perdana Elektronik dalam beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan karena cuaca panas ekstrem melanda sejumlah kawasan terutama di Wilayah Surabaya. 

Pemilik Perdana Elektronik Harianto Tjandra mengatakan total kontribusi penjualan AC mencapai 35 persen. Disusul televisi, kulkas dan mesin cuci. 

"Karena kelebihan kita punya teknisi sendiri," terang Harianto Tjandra saat acara pameran bertema Perdana Fair di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (5/10/2022). 

Karena kelebihan tersebut, banyak konsumen personal maupun komersil mempercayakan kebutuhan belanja AC mereka di Perdana Elektronik. 

"Sudah dari lama banget, sejak zamannya papa sudah kayak gitu. Tujuannya kalau misal AC rewel, kita sub ke lain-lainnya saat ada komplain, bakalan bingung. Tapi kalau teknisi kita sendiri cukup satu pintu," terang istri Harianto Tjandra yang juga pemilik Perdana Elektronik, Viona Wangsa. 

Namun, Harianto Tjandra dan Viona Wangsa juga membeberkan sejumlah alasan mengapa angka penjualan AC di toko mereka cukup tinggi. 

Perdana Elektronik menjual hampir semua tipe AC dengan berbagai merek. Mereka tak hanya menjual produk, namun juga mengedukasi pelanggan. Termasuk menyediakan konsultasi kebutuhan AC sesuai kebutuhan ruang. 

"Kita akan tanya detail," ungkap Harianto. 

Pertanyaan tersebut meliputi apa saja isi ruangan, lokasi ventilasi, dan lokasi lantai jika berada di bangunan high rise. Karena semua denah tersebut menjadi penentu berapa kebutuhan kapasitas AC yang diperlukan.

"Itu menentukan sekali," tandasnya. 

Viona-Wangsa.jpgHarianto Tjandra dan Viona Wangsa. Pasangan suami istri pemilik Perdana Elektronik, Rabu (5/10/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Dalam memilih AC, Harianto Tjandra juga memberikan tips khusus. Karena AC bukan cuma soal ukuran PK, tapi juga penting memperhatikan seluruh arah hembusan angin ke dalam ruangan. 

Misal, AC ukuran 1 PK cocok digunakan untuk kamar tidur, karena semburan angin kecil. Sekitar 1,5-2 meter dari letak AC. 

"Harus ada pengetahuan pasang AC yang betul supaya dinginnya bisa kita rasakan," kata Harianto. 

Harianto menyebutkan, banyak sekali pengguna mengeluh AC jebol padahal baru berusia 2 tahun karena teknisi salah melakukan penempatan AC. Karena ada pemasangan pipa minimum harus tiga meter. 

"Karena kalau nggak freonnya terlalu sedikit, AC nya nggak mungkin awet," ujar Harianto. 

Padahal, lanjutnya, usia AC bisa dimaksimalkan hingga 5-7 tahun dengan pemasangan tepat. 

"Garansi kompresor umumnya 5 tahun. Namun ada beberapa merek yang mulai memberikan garansi 10 tahun seperti Gree. Itu bisa kita manfaatkan," kata Harianto Tjandra. 

Harianto menambahkan, Indonesia merupakan dengan iklim tropis dan matahari bersinar sepanjang tahun. Terkadang cuaca juga sangat panas. Namun kepemilikan AC di Indonesia masih termasuk rendah. 

"Masih di bawah 40 persen. Karena terutama di luar pulau, ketersediaan AC masih kurang," kata Harianto Tjandra. 

Namun di Surabaya sendiri, setiap tahun pada bulan-bulan tertentu, penjualan AC terus meningkat. Terutama saat musim panas. Rata-rata pertimbangan pembeli, memilih AC dari merek. Kemudian juga pertimbangan garansi. Terutama untuk kebutuhan komersil seperti kantor dan restoran. 

Hadirkan Perdana Fair

Scream-for-Ice-Cream.jpgPengunjung Perdana Fair mengikuti games I Scream for Ice Cream, Rabu (5/10/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Toko peralatan elektronik dan home appliances Perdana Elektronik menggelar pameran bertema Perdana Fair di Atrium Pakuwon Mall Surabaya. 

Dalam pameran ini, Perdana Elektronik mengusung 15 merek sekaligus ajang promosi kepada pengunjung mall.

Selain itu, juga terdapat gimmick seru teriak I Scream for Ice Cream Machine ala Mc Donald Singapura. Pengunjung bisa berteriak sekeras mungkin di depan mesin penilai. Dan hadiahnya, es krim sesuai dengan kemampuan decibel suara mereka. 

"Tantangannya kita harus teriak Perdana," terang Owner Perdana Elektronik Harianto Tjandra dan Viona Wangsa. 

Tak hanya itu saja. Karena juga ada cooking demo hingga lomba karaoke.

Kemudian juga ada experience dari setiap brand. Setiap store menawarkan pengalaman menyenangkan dengan menyalakan 1-2 produk mereka. Misal kulkas dengan berbagai macam isian. 

Pameran besar seperti ini, kata Viona, memang berpotensi mendongkrak penjualan di outlet mereka. Perdana Elektronik Panglima Soedirman dan Jalan Kertajaya Indah. 

"Tujuan kita juga ingin mendapatkan brand awareness," kata Pemilik Perdana Elektronik Viona.

Perdana Elektroni memberikan tawaran promo khusus selama pameran berlangsung mulai 5-9 Oktober 2022. Seperti cicilan bunga 0% 12 bulan dengan hampir semua kartu kredit, promo cicilan Home Credit Indonesia dan cashback sampai 50 juta rupiah serta beragam hadiah menarik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES