News Commerce

Ketahui 7 Rahasia Cara Membuka Toko Online Untuk Pemula

Kamis, 20 Oktober 2022 - 03:33 | 21.68k
Ketahui 7 Rahasia Cara Membuka Toko Online Untuk Pemula
ilustrasi- Belanja Online (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANG – Cara untuk membuka toko online pertama kali, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan konsep bisnis, memilih produk untuk dijual, dan memutuskan strategi marketing. Selanjutnya Anda perlu membuat situs web karena toko online pada dasarnya adalah platform yang menunjukkan visual. Maka dari itu, Anda harus memiliki halaman produk yang kuat dan rencana pemasaran yang efektif.

Dalam artikel ini, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda yang ingin buka toko online pertama kalinya dengan beberapa langkah yang mudah. Wujudkan impian bisnis online Anda hari ini dengan cek cara membuka toko online!

Tips Buka Toko Online Pertama Kali

1.    Pilih Platform E-Commerce

Platform e-commerce memungkinkan Anda dalam membangun dan memulai pengalaman toko online, melakukan penjualan, dan memenuhi pesanan. Kebanyakkan orang berpikir, platform e-commerce sama seperti situs web biasa, Anda hanya perlu mencantumkan produk baru dan menerima pembayaran. Padahal mereka bisa melakukan lebih dari itu.

Platform e-commerce seperti contohnya Blibli bertindak sebagai pusat kendali untuk seluruh bisnis Anda. Mereka juga akan mengendalikan segala hal mulai dari inventaris hingga pemasaran. E-commerce juga akan membantu Anda menemukan semua hal yang Anda butuhkan untuk menjual secara online.Saat memilih e-commerce, Anda bisa mempertimbangkan kebutuhan Anda saat ini dan masa depan. 

2.    Tentukan Target Audiens

Target audiens adalah sekelompok masyarakat yang menjadi fokus pemasaran Anda. Saat memulai buka toko online, mengetahui audiens yang ideal bagi bisnis Anda adalah hal yang penting. Ini membantu Anda menemukan pelanggan baru dengan mudah dan menarik pembeli yang tertarik ke situs web Anda, meningkatkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Ketika Anda sudah memiliki produk, memilih target audiens akan lebih mudah. Anda bisa mulai menanyakan pada diri Anda, siapa yang akan membeli produk saya? Apa yang mereka suka? Berapa usia mereka? Anda bisa mulai menyusunnya dalam rencana bisnis.

Kalau Anda belum memiliki produk, maka pikirkan tipe orang yang paling Anda kenal. Misalnya, Anda mungkin suka dengan hewan peliharaan dan memahami pemilik hewan peliharaan lain di usia 40 hingga 50 dengan baik. Maka Anda bisa membuat gagasan bagus tentang apa yang mereka butuhkan dan tidak butuhkan. Itu bisa jadi target audiens Anda.

3.    Memilih Produk yang Akan Dijual

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pengusaha online adalah menemukan produk yang menguntungkan untuk dijual. Menghasilkan ide produk yang agak rumit, tetapi jika Anda memiliki target audiens di pikiran Anda, maka Anda selangkah lebih maju. Untungnya ada banyak cara menemukan produk untuk dijual, Anda bisa bermanufaktur, melakukan penjualan kembali, dan dropshipping.

Anda bisa menemukan produk yang menguntungkan dengan beberapa cara :
●    Menarik penggemar yang antusias
●    Barang-barang atau hal yang menjadi hobi Anda
●    Melihat yang sedang tren di pasaran

4.    Buat Nama Merk

Setelah memilih produk yang akan dijual, Anda bisa mulai membuat merk atau nama bisnis Anda dan merancang logo. Sebagian orang menganggap bagian ini cukup mudah, namun yang lainnya memilih merk dan menciptakan logo adalah sebuah langkah yang cukup menantang.
Jika Anda tidak yakin harus memulai darimana saat membuat logo, maka Anda bisa menggunakan situs edit gratis seperti Canva untuk memulainya. Namun, Anda juga bisa membayar orang lain untuk membantu membuat logo dari toko online Anda.

5.    Unggah Foto Produk yang Berkualitas Tinggi

Foto produk adalah salah satu elemen terpenting dari sebuah toko online. Gambar yang memiliki kualitas tinggi bisa menampilkan detail dan kualitas suatu barang, sementara foto yang berkualitas rendah akan membuat pembeli memiliki banyak pertanyaan untuk penjual.

Beberapa supplier kadang memiliki foto yang berkualitas tinggi untuk produk mereka yang Anda beli. Sehingga Anda akan lebih menghemat waktu saat akan mengunggah foto produk. Anda bisa bertanya pada supplier apakah foto tersebut disediakan. Jika tidak, maka Anda harus mengambil foto sendiri.

6.    Menghubungkan Penyedia Pembayaran

Untuk mendapatkan uang dari e-commerce yang Anda pilih, maka Anda perlu memutuskan pembayaran yang akan Anda terima. Banyak platform e-commerce yang memiliki proses pembayaran bawaan atau beberapa mitra pembayaran terpilih yang kompatibel.

Sebagai penjual online, penting juga memiliki opsi bagi pembeli untuk pembayaran yang mereka inginkan. Memiliki banyak opsi pembayaran yang mudah digunakan sangat penting untuk meningkatkan penjualan Anda.

7.    Buat Strategi Pemasaran yang Kuat

Branding adalah bagian besar dari kesuksesan toko online Anda. Banyak pembeli yang terbuka dengan merk baru yang belum mereka dengar, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memiliki pencitraan merk e-commerce yang kuat dan meninggalkan kesan.

Pencitraan merk mencakup segala hal mulai dari nama, logo, warna pada logo, hingga nada suara bisnis Anda. Merek bisnis Anda harus terkait dengan suasana hati yang ingin Anda ciptakan.

Aspek penting saat buka toko online adalah nada suara Anda. Anda harus memperhitungkan saat menulis deskripsi produk, memposting di media sosial, dan komunikasi lainnya. apakah nada suara bisnis Anda terdengar serius? Playful? Nada suara Anda harus sesuai dengan target audiens yang telah Anda tentukan.

Anda dapat menjual apapun secara online sekarang, mulai dari produk buatan sendiri, layanan kursus belajar, layanan desain grafis, sampai barang-barang rumah tangga, dan masih banyak lagi,

Bagi Anda yang ingin buka toko online baru maka Anda bisa bergabung dengan Blibli Seller Center yang dapat membantu Anda berjualan. Blibli Seller Center merupakan layanan terpercaya yang memberikan kebebasan deposit dan denda. Anda juga akan banyak mendapatkan bonus dan program gratis ongkir untuk pengiriman.

Yuk, segera buka toko online Anda di Blibli!
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES