News Commerce

7 Macam-macam Sofa Bed, Tak Hanya Soal Estetika!

Jumat, 09 Desember 2022 - 12:55 | 173.18k
Sofa Bed. (foto: dekoruma)
Sofa Bed. (foto: dekoruma)

TIMESINDONESIA, JAKARTASofa bed merupakan salah satu jenis sofa  yang unik karena dapat berfungsi sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur. Biasanya, sofa bed memiliki mekanis di bagian sandara membuatnya bisa direbahkan sehingga dapat menjadi tempat tidur tambahan. 

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan produk ini sebagai sofa pada siang hari dan tempat tidur pada malam hari. Walaupun terkesan praktis, Anda perlu mengetahui jenis sofa bed yang biasa di pasaran terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli furniture yang satu ini.

Jenis-jenis Sofa Bed

Sofa bed bisa dikatakan salah satu furniture yang paling penting di rumah, terutama di ruang tamu. Sebab, sofa bed merupakan tempat di mana Anda duduk dan bahkan menghabiskan waktu bersama maupun sendiri. Untuk itu, kenyamanan sofa bed menjadi hal yang sangat penting.

Dalam memilih sofa bed, kenali bentuk, fungsi, serta bahannya sehingga tak salah membeli.

1. Sofa Bed Single

Jenis sofa bed yang satu ini cocok digunakan untuk ruangan berukuran minimalis. Biasanya, model sofa bed single memiliki satu dudukan memanjang yang bisa digunakan oleh 1 orang untuk duduk dan tidur.

Beberapa merek sofa bed jenis ini juga memiliki laci penyimpanan yang bisa dibuka pada bagian dudukannya. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan bantal sofa atau barang-barang lainnya.

2. Sofa Bed Double

Anda juga dapat memilih sofa bed double untuk menghiasi ruang tamu minimalis. Jenis ini dilengkapi dua dudukan yang tidak memakan banyak tempat. 

Agar lebih nyaman, Anda dapat memilih bahan sofa bed yang lembut. Selain itu, pilih warna netral seperti hitam, abu-abu, atau coklat agar ruangan rumah tampak lebih luas.

3. Sofa Bed Recliner 

Jenis sofa bed berikutnya adalah sofa bed recliner. Jenis ini masuk ke dalam sofa semi bed yang dirancang memiliki satu dudukan memanjang dan permukaan empuk untuk bersantai. 

Sofa bed recliner juga bisa Anda gunakan saat menonton film agar terasa seperti di bioskop.

Menariknya, jenis sofa bed ini memiliki konsep multifungsi karena didesain membentuk sofa biasa dengan sandaran dapat direbahkan serta penopang kaki yang dapat dibuka.

4. Sofa Bed Sectional

Jenis sofa bed yang satu ini cocok digunakan untuk keluarga besar karena memiliki kapasitas luas untuk bersantai. Sebab, sofa bed sectional menggabungkan sofa double pada dudukan dengan sofa single sehingga membentuk sudut seperti huruf L.

Pada dudukan sofa bed single, biasanya Anda akan mendapatkan laci penyimpanan sehingga menjadi lebih praktis dan fungsional.

5. Sofa Bed 3 in 1

Sofa bed 3 in 1 bisa dikatakan sangat multifungsi. Sebab, Anda bisa mendapatkan sofa, tempat tidur, dan sofa semi bed dalam satu produk. 

Bedanya dengan model sofa bed yang lain adalah saat merebahkan sandaran sofa, Anda justru perlu menarik bagian bawah dudukan agar menjadi lebih panjang untuk digunakan tidur.

6. Sofa Bed 3 Dudukan

Jenis sofa bed lainnya adalah model sofa tidur 3 dudukan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan kenyaman duduk sekaligus tidur. Jenis ini cocok digunakan bila Anda memiliki anggota besar karena kapasitasnya cukup besar. Hanya saja, pastikan Anda memilih kerangka sofa bed yang kokoh agar lebih tahan lama.

7. Sofa Bed Lipat

Bila Anda tak ingin repot menggeser dan merebahkan sandaran sofa, jenis sofa bed lipat bisa jadi alternatif yang cocok. Sebab, pada sofa bed jenis ini Anda hanya perlu membuka lipatan pada dudukan dan sandaran untuk mengubah jadi tempat tidur.

Anda juga bisa membawa sofa bed ini kemanapun sehingga bisa bersantai dimana saja.

Tips Memilih Sofa Bed Terbaik

Dengan banyak pilihan jenis sofa bed di atas, seringkali membuat Anda bingung untuk memilih dan mencari sofa bed terbaik. Anda harus memilih sofa bed dengan cermat untuk ruangan rumah. Tentu tidak mau rugi karena salah pilih, kan? Apalagi, harga sofa bed tidaklah murah.

Nah, berikut tips memilih sofa bed yang baik dan benar. 

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui kebutuhan sofa bed ini. Apakah ingin digunakan sendiri, berdua, atau banyak orang? Sebab, semakin banyak orang yang menggunakan, akan memengaruhi ukuran sofa bed yang harus dibeli. Artinya, makin banyak orang, makin besar juga ukurannya.

2. Perhatikan Ukuran Ruangan

Bukan hanya ukuran sofa bed yang perlu diperhatikan, tetapi juga ukuran ruangan. Sofa bed berbeda dengan sofa biasa karena sofa bed dapat digunakan menjadi tempat tidur. Oleh karena itu, Anda membutuhkan jarak lebih besar saat membeli sofa bed.

3. Memiliki Struktur Kuat dan Awet

Setiap orang saat membeli perabotan rumah tangga tentu ingin yang kuat dan awet, termasuk sofa bed. Pastikan sofa bed yang Anda pilih cukup kuat untuk menampung bobot tubuh anggota keluarga. Selain itu, perhatikan juga mekanisme buka tutup yang mudah sehingga Anda bisa melakukannya sendiri.

Itulah macam-macam jenis sofa bed berdasarkan karakteristiknya. Kira-kira jenis sofa bed mana yang paling cocok untuk ditempatkan di ruangan rumah Anda?

Temukan pilihan sofa bed terbaik dan terlengkap dengan harga yang lebih murah di Blibli

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES