News Commerce

Cara Mudah Translate Jawa Online Tanpa Aplikasi

Minggu, 11 Desember 2022 - 15:33 | 426.05k
Ilustrasi. (FOTO: ehlion.com)
Ilustrasi. (FOTO: ehlion.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seperti yand dibahas Tedieka.com Tidak hanya bahasa asing, mungkin Anda juga sering mengalami kesulitan dalam mendengar ataupun membaca bahasa daerah. Salah satunya adalah bahasa Jawa yang kini juga bisa dengan mudah di Translate Jawa.

Ketahui Beberapa Jenis Bahasa Jawa

Bahasa Jawa sendiri memiliki berbagai tingkatan translate jawa dari kasar ke halus dan dapat dibedakan menjadi:

  • Ngoko

Tingkatan ini biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari antar teman atau yang seumuran atau juga dengan status yang lebih tinggi ke lebih rendah misalkan dari orang tua ke anak

  • Madya

Bahasa Jawa ini bisa disebut tidak terlalu kasar ataupun halus. Biasanya bahasa ini digunakan untuk berbicara kepada orang yang belum terlalu kita kenal.

  • Krama

Bahasa ini digunakan untuk percakapan antara orang yang memiliki status lebih rendah kepada orang yang status lebih tinggi, misalnya dari anak ke orang tua. Biasanya sering digunakan dalam acara-acara formal ataupunsaat berpidato.

Untuk Anda yang ingin belajar atau menerjemahakan bahasa Jawa dengan mudah saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa anda unduh dan gunakan.

Namun jika tidak ingin mengunduh aplikasi anda juga dapat belajar bahasa Jawa menggunakan layanan website atau situs di bawah ini.

Website Translate Jawa

  1. Google Translate

Google translate atau google terjemahab merupakan layanan terjemahan yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata, kalimat bahkan sampai halaman dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Dan menarikanya saat ini Google tranlate dapat menerjemahkan bahasa daerah seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu dan bahasa daerah lainnya.

  1. Yandex Translate

Laman web milik Yandex ini dapat membantu Anda menerjemahkan teks, gambar hingga halaman web ke dalam bahasa lainnya. Fiturnya cukup mirip dengan Google translate.

Dalam website ini Anda dapat menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa atau Javanese. Selain dapat diakses melaui web Yandex ini dapat diakses juga melaui download aplikasi di android atupun Apple Store.

  1. Mongosilakan V.2.0

Selain menyediakan versi aplikasinya, Mongosilakan juga menyediakan layanan Translate Jawa yang bisa diakses melalui website. Menyediakan layanan terjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan sebaliknya.

Anda bisa mencari arti kata dengan padanan bahasa Indonesia  ke jawa ngoko, madya dan krama. Anda dapat login menggunakan akun google Anda untuk menikmati layanan terjemahan dalam situs ini.

  1. Dosen Pintar

Situs asal Indonesia ini sebenarnya merupakan situs yang menyediakan informasi seputar pendidikan dan teknologi. Namun, situs ini juga menyediakan fitur translate bahasa Indonesia ke bahasa Jawa halus secara gratis.

Menambah wawasan kebahasaan di era modern saat ini memanglah sangat mudah karena didukung dengan banyaknya aplikasi maupun web yang memberikan layanan translasi.

Tidak terkecuali bahasa daerah seperti bahasa jawa. Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi atau situs yang menawarkan fitur Translate Jawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES