Model Branch PermataBank Surabaya Hadirkan Konsep Interior Modern
TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Bank Permata Tbk (PermataBank) mengenalkan sentuhan konsep interior modern dan kekinian dengan merenovasi kantor cabangnya di Surabaya.
Konsep bernama Model Branch PermataBank tersebut dihiasi sejumlah mural dan desain grafis menarik untuk memberikan modernisasi dalam pengalaman perbankan untuk semua generasi.
Advertisement
Direktur Utama Bank Permata Meliza Musa Rusli saat membuka kembali kantor cabangnya di Surabaya mengatakan, renovasi kantor cabang tersebut mempunyai peran penting dalam menjalankan strategi distribusi perseroan dengan memfasilitasi nasabah untuk bertransaksi secara optimal.
"Komitmen kami di Permata Bank dalam hal mendengarkan masukan para nasabah kami, terutama untuk memberikan kombinasi atau integrasi daripada layanan digital, dan juga layanan tatap muka," katanya, Jumat (16/12/2022).
Tak hanya di Surabaya, lanjutnya, ada 20 kantor cabang yang melakukan renovasi secara besar-besaran dengan konsep perbankan digital branch model, diantaranya di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Bali, dan Medan.
"Nanti awal tahun depan kita sudah membuka sampai dengan 20 branch model, dan kedepannya itu kita akan terus renovasi juga untuk cabang-cabang yang lain mengikuti desain seperti branch model yang sudah dibangun," ujarnya.
Menurut dia, branch model yang sudah dibangun mendapat apresiasi dari nasabahnya karena tak hanya desain yang menarik tetapi juga menjadi tempat berinteraksi langsung dan berkumpul.
"Para nasabah di branch model ini juga mendapat edukasi tentang layanan dan produk Bank Permata," ucapnya.
Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi, di 20 cabang branch model juga menerapkan layanan digital bank yang secara penggunaan akan lebih memudahkan nasabah.
Peresmian Model Branch Kantor Cabang PermataBank Sudirman, Surabaya, Jumat (16/12/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
"Pada saat melakukan aktifitas perbankan nasabah tak perlu lagi menunggu terlalu lama terkait verifikasi data ataupun harus menulis di kertas-kertas, karena seluruh pelayanan telah menerapkan paperless service," kata perempuan yang memperoleh gelar Master of Business Administration dari University of Melbourne, Australia pada tahun 2000 tersebut.
Sementara itu, Direktur Teknologi dan Operasi Bank Permata Abdy Salimin yang juga perancang desain branch model di 20 kantor cabang di Indonesia mengatakan renovasi kantor cabang tersebut tidak mengesampingkan perkembangan bank digital, meskipun tatap muka, kecepatan pelayanan tidak kalah dengan mobile banking.
"Bukan hanya perubahan fisik yang kita tingkatkan, tetapi teknologinya juga kita rubah. Sehingga, pengalaman bertransaksi di mobile banking dan di cabang pun bisa konsisten," ucap Abdy saat ditemui wartawan disela acara pengenalan Branch Model PermataBank Panglima Sudirman.
Menurut dia, renovasi cabang Bank Permata menerapkan konsep fun and friendly untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah ketika bertransaksi di kantor cabang.
"Tempatnya harus lebih banyak dialokasikan ke nasabah daripada back office, kami pindahkan semua ke Jakarta. Sehingga, transaksi bisa dilakukan secara digital. Dengan mengusung fun and friendly, artinya untuk semua generasi, baik milenial maupun kolonial," ujarnya.
Konsep baru ini diperkenalkan di PermataBank Cabang Sudirman Surabaya sebagai salah satu dari 20 lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Kudus, Surabaya, Madiun, Bali, Batam, dan Medan yang menjadi fokus utama pengalihan konsep Model Branch.
Kehadiran konsep baru di Surabaya ini diharapkan semakin bisa melengkapi pengalaman perbankan bagi nasabah PermataBank yang menikmati kenyamanan pelayanan teknologi maupun tatap muka secara terpadu.
Di cabang konsep baru PermataBank, nasabah akan menemukan pengalaman baru dan berbeda dari cabang konvesional pada umumnya, di mana sekarang layanan online dibuat konsisten, terintegrasi dan terpadu dengan layanan tatap muka di cabang bagi nasabah PermataBank.
Didesain dengan konsep Model Branch yang menyeluruh paperless, sekarang cabang PermataBank menghadirkan inovasi dan beragam kemudahan teknologi digital terdepan dengan tidak melupakan pentingnya human touch yang dihadirkan melalui kualitas layanan berbeda yang profesional, nyaman dan menyenangkan bagi semua generasi dan semua segmen.
Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, sebagai salah satu prioritas strategis PermataBank dalam mengedepankan inovasi digital yang terbaru, kehadiran Model Branch di Cabang Sudirman Surabaya ini semakin memperkuat komitmen untuk menjadi bank yang simple, fast and reliable bagi nasabah.
"Kami berharap Model Branch baru ini mampu meningkatkan produktivitas, memberikan pelayanan terbaik dan menjangkau semua nasabah kami secara lebih optimal," tambah Meliza.
(ki-ka) Dedy Patria (Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 4 Jawa Timur), Bandoe Widiarto (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur), Abdy Salimin (Direktur Teknologi & Operasi PermataBank), dan Eddie Sajoga (Head of Branch Network PermataBank), Jumat (16/12/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
"Perkembangan ini juga konsisten dengan aspirasi kami menjadi universal bank atau bank yang menawarkan produk dan layanan untuk semua segmen dan generasi, terutama di Surabaya sebagai kota besar yang penuh dengan potensi perkembangan ekonomi," sambungnya.
Di tengah pemanfaatan digitalisasi dalam perbankan, kantor cabang yang dihadirkan dalam konsep Model Branch ini akan memegang peran esensial dalam strategi distribusi PermataBank dengan memfasilitasi transaksi yang lebih kompleks secara lebih optimal, meskipun terjadi migrasi transaksi yang signifikan dari cabang-cabang ke kanal digital.
"PermataBank akan terus beradaptasi dan melakukan perubahan serta mendefinisikan ulang peran cabang di zaman evolusi digital," tandasnya.
Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengungkapkan, perkembangan Model Branch dibangun di atas platform teknologi yang sama seperti mobile banking, internet banking dan API banking.
Tujuannya, ketika nasabah datang ke cabang, pengalaman mereka akan bisa sama seperti saat menggunakan layanan digital kami sehingga mereka merasakan pengalaman yang konsisten, paperless experience dalam penggunaan produk dan layanan PermataBank menampilkan pengalaman banking yang simple, fast dan reliable.
Selain itu berbagai layanan unggulan lainnya juga tersedia dimana sekarang nasabah dapat menggunakan QR Code PermataMobile X untuk mengambil nomor antrian.
Sistem antrian di semua Cabang telah terintegrasi penuh dengan platform CRM sehingga Customer Experience Officer (CXO) PermataBank bisa langsung mengetahui kehadiran nasabah dengan informasi yang lengkap dan terpadu sehingga personalisasi layanan bisa dioptimalkan lebih lanjut.
Nasabah juga dapat menggunakan Mobile PIN PermataMobile X, PIN Kartu Debit atau PIN Kartu Kredit untuk melakukan otorisasi sehingga semua transaksi bisa dilakukan secara paperless, aman dan handal, yang menghasilkan pengalaman bertransaksi yang konsisten seperti menggunakan kanal digital lainnya.
Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memiliki potensi bisnis dan perkembangan teknologi yang mendukung alasan pemilihan Cabang Sudirman Surabaya menjadi konsep Model Branch pertama di Jawa Timur.
Perpaduan antara modernisasi dan keramah-tamahan karakter masyarakat menjadi nilai utama dari pelayanan yang dapat ditemukan dalam cabang ini. Konsep Model Branch PermataBank ini juga menghadirkan kearifan lokal melalui sentuhan desain interior dan look and feel yang dibuat khusus dengan ciri khas daerah dan demografi lokasi cabang masing-masing.(*)
Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di 08-822-2850-8611 KLIK (WA Only)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Rizal Dani |