News Commerce

Perusahaan Data Riset StatsMe Catat 50 Persen Klien Sektor Birokrasi di Jatim

Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:06 | 32.57k
Direksi StatsMe saat perayaan HUT ke-6 di Vasa Surabaya, Jumat (17/3/2023) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direksi StatsMe saat perayaan HUT ke-6 di Vasa Surabaya, Jumat (17/3/2023) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perusahaan konsultan statistik Cemerlang Statistika Indonesia (StatsMe) tengah berancang-ancang meraih posisi sebagai konsultan riset ternama di Indonesia. 

Komisaris Perusahaan Konsultan Statistik PT Cemerlang Statistika Indonesia (StatsMe) Satria WicaksonoSE, MEC.DEV.MAPPI(CERT) melihat peluang besar industri riset di Indonesia masih terbuka luas. 

"Banyak perusahaan skala kecil sampai besar yang akan melakukan ekspansi dan perencanaan usaha yang didasarkan pada intuisi bukan pada hasil riset yang lebih bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Satria Wicaksono di Surabaya, Jumat (17/3/2023) malam. 

Sementara, Satria Wicaksono juga melihat jika di Indonesia belum banyak perusahaan yang fokus pada data riset dan lembaga riset yang diakui.  "Padahal data riset sangat diperlukan sebelum melakukan action plan dalam bentuk apapun," tandasnya. 

Tantangan terbesar perusahaan penyedia jasa data riset terutama pada perusahaan swasta adalah masih banyak orang menganggap sebelah mata dan mahal. 

“Inilah tantangannya. Data riset masih dianggap sebelah mata dan dianggap mahal, terutama perusahaan swasta. Padahal ekspansi berbasis riset sangat perlu dan bisa dipertanggungjawabkan. Sementara sumber data di Indonesia minim sekali,” jelasnya disela perayaan  hari jadinya Statsme yang ke enam di Vasa Hotel Surabaya. 

Satria Wicaksono menambahkan target  StatsMe 10 tahun ke depan menjadi lembaga riset yang diakui dengan sumber daya yang dimiliki dan rencana ekspansi yang dilakukan.

Dalam waktu dekat pada tahun ini, StatsMe akan melebarkan sayap dengan membuka cabang di Jawa Barat dan Indonesia Timur. Selama beberapa tahun ke depan, Statsme juga akan berkembang dan mempunyai cabang di seluruh Indonesia. 

“Saat ini klien StatsMe paling banyak di pemerintahan. Kalau di swasta masih mulai dibangun kepercayaan dan baru 20 persen saja. StatsMe siap kolaborasi data dengan berbagai industri, seperti property, notaries, hotel, ritel, UMKM dan lainlain sehingga mampu mendapatkan data yang baik dan diperlukan,” jelas Satria  lebih lanjut. 

Sementara itu, Direktur StatsMe Lussi Agustin, S.Stat. MK.P mengungkapkan rasa bersyukur dengan perjalanan sampai enam tahun meskipun penuh tantangan persaingan yang makin ketat. StatsMe sendiri diisi rata-rata orang pintar di bidang statistik. 

“StatsMe selama ini mengkader orang-orang muda yang memiliki kapasitas sebagai periset handal. Tidak hanya di kota besar, ternyata di kota kecil banyak potensil. Seperti di daerah Mojokerto, Depok dan juga rencana ekspansi dua cabang di Jabar dan Intim. Untuk loasi persisnya masih dalam tahap perencanaan dan survey,” tegas Lussi.

Diakui Lussi StatsMe sudah bekerja sama dengan pemerintahan di Jatim lebih dari 50 persen. Mula Bappeda, Pemda, Pemkot dan sejumlah dinas terkait.  Mereka sangat bergantung dengan hasil data riset sebelum melakukan perencanaan pembangunan.   “Bagi StatsMe peluang untuk memperkuat posisinya menjadi perusahaan riset yang diakui,” jelas Lussi.

Terkait perjalanan enam tahun StatsMe Lussi  mengatakan perayaan kali ini memiliki tema '6row Together'. Semangat tersebut menggambarkan makna dan harapan bahwa segenap team Statsme akan terus bekerja keras untuk bisa tumbuh bersama tidak hanya internal tapi juga eksternal yaitu bersama masyarakat. 

“Harapannya di ulang tahun ke 6 ini StatsMe bisa lebih memberikan manfaat ke masyarakat luas dan bisa dirasakan langsung di setiap kegiatannya,” ujar Lussi Agustin.

Perayaan ulang tahun dilaksanakan di Vasa Hotel, Surabaya turut mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Al Mu’min untuk ikut merayakan bersama. 

Lussi menambahkan StatsMe berawal dari mimpinya agar bisa bermanfaat dan dapat mensejahterakan orang-orang di sekitarnya. Lebih lanjut, kata Lussi, pada tahun ini StatsMe sudah mempunyai beberapa cabang dengan team 35 orang, lebih dari 100 surveyor dan tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES