News Commerce

Peluang Karier eSports dan Dampaknya bagi Ekonomi

Rabu, 19 April 2023 - 14:52 | 82.08k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini, peluang karier eSports cukup menjanjikan. Apalagi, jika kamu ingin terjun ke dunia gaming. Tentunya, semua orang sudah tidak asing lagi mendengar istilah eSports.

Selain itu, eSports juga semakin dilirik oleh berbagai kalangan. Pastinya, ada banyak talenta baru yang bekerja di industri tersebut. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi kamu.

Kali ini, SarjanaTua.com, website seputar dunia pendidikan dan pengetahuan umum, akan menjelaskan dampak ekonomi eSports beserta peluang kariernya:

Bagaimana Perkembangan eSports di Indonesia?

tempat-gamer.jpg

Mengutip Influencer Marketing Hub, industri eSports telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Meningkatnya penayangan pertandingan sangat berkontribusi terhadap pendapatan eSports.

Setelah digelarnya turnamen eSports pertama di Indonesia, kini banyak pertandingan serupa yang bermunculnya. Khususnya, game online. 

Menurut Young Business, perkembangan teknologi mendukung sejarah eSports di Indonesia. Kemudian, hal tersebut melahirkan Game League sebagai kompetisi resmi eSports di Indonesia.

Saat itu, Game League menggelar berbagai turnamen game online, seperti StarCraft dan Quake III. Sejak 2002 silam, beberapa game online lainnya mulai bermunculan, yaitu Age of Empires II, FIFA World Cup, hingga Counter Strike.

Lalu, perkembangan eSports di Indonesia semakin populer sampai saat ini. Bahkan, banyak masyarakat Indonesia yang berkarier sebagai atlet eSports professional. Hal itu tentunya membuktikan, bahwa peluang karier eSports sangat menjanjikan.

Kepopuleran eSports di Indonesia dibuktikan melalui Asian Games 2018. Pada gelaran tersebut, ada enam game yang dipertandingkan, yaitu Mobile Legends, League of Legends, Arena of Valor, Clash Royale, StarCraft III, Pro Evolution Soccer, dan Hearthstone.

Pada cabang Clash Royale, Indonesia meraih medali emas. Asian Games 2018 pun menjadi gerbang dari berkembangnya industri eSports di Indonesia. Kemudian, IESPA menjadi pelopor di balik kesuksesan cabang eSports diuji coba di Asian Games 2018.

5 Peluang Karier eSports

eSports.jpg

Kini banyak orang yang mencari lowongan kerja eSports. Sebab, industri ini mengalami perkembangan yang pesat. Bagi kamu yang sedang mencari peluang karier eSports, berikut adalah daftarnya:

1. Wasit

Nantinya, kamu akan bertanggung jawab untuk menilai permainan dan menegakkan peraturan. Untuk menjadi wasit, kamu harus memiliki pemikiran cepat, keterampilan komunikasi, hingga pengetahuan tentang olahraga.

Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mengeluarkan pemain dari permainan. Dengan catatan, pemain tersebut tidak bisa diajak bekerja sama atau melanggar peraturan.

2. Booking Agent

Peluang karier eSports selanjutnya adalah booking agent. Kamu akan bekerja sama dengan aktor, aktris, hingga atlet eSports profesional. Nantinya, kamu akan membantu mereka dalam menemukan pertunjukan, pekerjaan, dan acara berbayar lainnya.

Selama bekerja, kamu juga perlu mencari talenta baru, menghubungi manajer acara, hingga melakukan penawaran kontrak atas nama klien. Kini, lowongan eSports tersebut bisa kamu temukan dengan mudah.

3. Marketing Executive

Sebagai seorang marketing executive, kamu harus bisa memprediksi biaya, memenuhi permintaan pelanggan, hingga memberikan tanggapan kepada media. 

Kemudian, kamu bertanggung jawab untuk menganalisis data penelitian, menyusun informasi keuangan, hingga menyajikan strategi pemasaran.

4. Event Planner

Event planner bertugas untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan acara. Tak hanya itu, kamu juga harus bertukar pikiran dan merencanakan jadwal acara. 

Lalu, menghubungi dan menegosiasikan harga dengan pihak vendor. Kemudian, membuat anggaran acara dan informasi keuangan penting lainnya.

5. Social Media Manager

Terakhir, kamu bisa menjadi seorang social media manager. Tugasnya adalah menciptakan reputasi yang positif kepada klien. Jadi, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen. 

Selain itu, kamu juga bertanggung jawab untuk memposting di media sosial, seperti mengiklankan acara atau produk. Lalu, bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mengadakan campaign.

Apa Saja Dampak Ekonomi eSports?

buku.jpg

Menurut platform riset dan analisis pasar, Statista, ada 532 juta orang yang menonton kompetisi eSports pada tahun lalu. Penonton diperkirakan akan tumbuh menjadi lebih dari 640 juta orang pada 2025.

Tahun lalu, dampak ekonomi eSports secara global melebihi 1,4 miliar dolar AS. Kemudian, diperkirakan naik hingga 1,9 miliar dolar AS pada 2025 mendatang. Pada 2021 lalu, pendapatan terbesar eSports berasal dari sponsor dan iklan.

Secara total, pendapatan eSports dari sponsor dan iklan mencapai 641 juta dolar AS. Dengan begitu, dampak ekonomi eSports pun tak main-main. Namun, industri eSports mengalami penurunan pendapatan pada tahun lalu. 

Strategi untuk Masuk ke Industri eSport

Setelah mengetahui dampak ekonomi eSports, maka ada beberapa strategi untuk masuk ke industri ini:

1. Punya Passion dan Skill

Pertama, kamu harus memiliki minat yang tinggi terhadap eSports. Namun, passion juga harus didukung dengan skill. Contohnya, kamu ingin menjadi marketing di perusahaan eSports. Tentunya, kamu harus memiliki keahlian di bidang pemasaran.

2. Memiliki Jaringan yang Luas

Sebaiknya, kamu memiliki jaringan yang luas. Sebab, kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Mungkin saja, hanya kamu yang berpotensi untuk mengisi posisi tersebut. Hal itu dipertimbangkan dari lokasi tempat tinggal, bahasa yang dikuasai, hingga pengalaman kerja.

3. Mampu Bekerja dalam Tim

Terakhir, kamu perlu memiliki kemampuan bekerja dalam tim. Sama seperti game eSports, perusahaan juga harus ditopang oleh beberapa orang dengan keahlian berbeda. Namun, seluruh karyawan harus kompak dan bersatu untuk mewujudkan misinya.

Peluang karier eSports memang cukup menjanjikan. Apalagi, jika kamu memiliki passion di bidang tersebut. Lalu, dampak ekonomi eSports juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk mendapatkan informasi lebih dalam, silahkan kunjungi SarjanaTua.com website seputar dunia pendidikan dan pengetahuan umum dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES