News Commerce

Jenis Layanan Pengiriman Internasional, Dari Kelebihan hingga Kekurangannya

Selasa, 25 April 2023 - 21:10 | 56.76k
Ilustrasi kurir barang. (Foto: freepik)
Ilustrasi kurir barang. (Foto: freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Layanan jasa pengiriman internasional telah menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin mengirimkan barang ke luar negeri. Hal ini terutama berlaku bagi para pelaku bisnis yang ingin memperluas pasar mereka ke negara lain.

Namun, ada banyak jenis layanan yang berbeda, seperti halnya berbagai layanan jasa pengiriman internasional yang disediakan oleh Abang Express, selaku jasa Pengiriman Internasional yang sudah berdiri sejak tahun 2018 ini.

Mereka telah mendukung ratusan UMKM di Indonesia untuk melakukan ekspor paket lebih mudah, murah dan cepat ke lebih dari 100 negara.

Bahkan layanan yang mereka sediakan juga sangat beragam dari mulai layanan ekspor, impor, layanan udara hingga layanan laut yang mana masing-masing layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan
sendiri.

Supaya Anda tidak bingung, kamu akan memberikan pembahasan jenis-jenis layanan pengiriman internasional yang berbeda dan keuntungan serta kekurangan dari masing-masing jenis.

Jenis-jenis Layanan Jasa Pengiriman Internasional

Ekspor Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Salah satu pertimbangan penting untuk melakukan kegiatan eksportir adalah dengan memilih layanan pengiriman Internasional.

Supaya bisa memilih layanan jasa pengiriman yang tepat, Anda perlu tahu terlebih dahulu jenis-jenis layanan pengiriman yang tersedia. Berikut ulasannya:

1. Pengiriman melalui udara

Pengiriman melalui udara adalah salah satu jenis layanan pengiriman internasional yang paling populer. Keuntungan dari pengiriman melalui udara adalah kecepatan pengiriman yang relatif cepat, sehingga barang dapat sampai ke tujuan dalam waktu yang singkat. 

Selain itu, pengiriman melalui udara juga dapat dilakukan ke hampir semua negara di seluruh dunia. Namun, biaya pengiriman melalui udara relatif lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman melalui jalur darat atau laut.

2. Pengiriman melalui laut

Pengiriman melalui laut adalah pilihan yang baik untuk pengiriman barang yang besar dan berat. Pengiriman melalui laut juga lebih ekonomis dibandingkan dengan pengiriman melalui udara, meskipun kecepatan pengiriman lebih lambat.

Selain itu, pengiriman melalui laut juga dapat menghemat biaya pengiriman karena dapat mengirimkan barang dalam jumlah besar. Namun, pengiriman melalui laut memiliki kelemahan dalam hal keamanan dan risiko kerusakan atau kehilangan barang yang lebih besar.

3. Pengiriman melalui jalur darat

Pengiriman melalui jalur darat adalah pilihan yang baik untuk pengiriman ke negara-negara tetangga atau yang berdekatan. Hal ini dikarenakan biaya pengiriman relatif lebih murah dan waktu pengiriman lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman melalui laut.

Selain itu, pengiriman melalui jalur darat juga lebih aman dan dapat dilakukan dalam kondisi cuaca yang buruk. Namun, pengiriman melalui jalur darat memiliki keterbatasan dalam jangkauan pengiriman, terutama jika tujuan pengiriman berada di negara yang jauh.

4. Pengiriman dengan jasa ekspres

Jasa ekspres adalah jenis layanan pengiriman internasional yang lebih cepat dan lebih efisien. Layanan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan kurir seperti DHL, FedEx, dan UPS.

Keuntungan dari pengiriman dengan jasa ekspres adalah kecepatan pengiriman dan jangkauan pengiriman yang luas. Namun, biaya pengiriman dengan jasa ekspres biasanya lebih mahal dibandingkan dengan layanan pengiriman internasional lainnya.

5. Pengiriman dengan jasa pengiriman kargo

Jasa pengiriman kargo adalah jenis layanan pengiriman internasional yang mengirimkan barang dalam jumlah besar. 

Layanan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan logistik seperti Maersk dan Kuehne + Nagel. Itulah sejumlah jenis layanan ekspedisi internasional yang perlu Anda tahu.

Jasa pengiriman internasional menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang dari satu negara ke negara lainnya. Jenis layanan pengiriman internasional yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan serta jenis barang yang akan dikirim memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pengiriman barang.

Tidak hanya itu, layanan pengiriman internasional juga memberikan jaminan keamanan dan kualitas layanan yang baik sehingga barang dapat sampai ke tujuan dengan selamat. 

Dalam memilih jenis layanan pengiriman internasional, pastikan untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis barang, tujuan pengiriman, waktu pengiriman, dan biaya pengiriman. 

Dengan memilih jenis layanan pengiriman yang tepat, maka pengiriman barang internasional dapat dilakukan dengan lancar dan aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES