News Commerce

Unicharm Gunakan Bahan Bio Material Tumbuhan di Produk Terbarunya

Sabtu, 10 Juni 2023 - 16:48 | 126.21k
Charm Daun Sirih + Herbal Bio menggunakan bahan bio material dari tumbuhan tebu, batu kapur, botanical oil dan getah pinus alami.(FOTO: Dok.Uni-Charm)
Charm Daun Sirih + Herbal Bio menggunakan bahan bio material dari tumbuhan tebu, batu kapur, botanical oil dan getah pinus alami.(FOTO: Dok.Uni-Charm)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengumumkan peluncuran penggunaan bahan bio material pada produk pembalut terbaru secara berkelanjutan. Bio material dalam produk Unicharm tersebut berasal dari tumbuhan tebu, batu kapur, botanical oil dan getah pinus alami.

Produk itu bernama Charm Daun Sirih + Herbal Bio. Ini merupakan pembalut pertama di Unicharm Group berbahan mayoritas bio material dengan komposisi lebih dari 80 persen pada tiap bagian. Ada 10 dari 12 bagian mengandung bio material. 

Meliputi top sheet yang bersentuhan langsung dengan kulit, back sheet yang bersentuhan dengan celana dalam, kemasan individual, cover sheet (hanya pada day type) dan side sheet.

Charm-Daun-Sirih-2.jpgUji coba laboratorium kandungan bio material dalam produk Charm Daun Sirih + Herbal Bio. (FOTO; Dok.Uni-Charm) 

Dengan tingkat keasaman top sheet rendah, dan menggunakan botanical oil kandungan tersebut diklaim dapat memberikan efek melembabkan serta mencegah inflamasi pada kulit. 

Selain itu, Produk Charm Daun Sirih + Herbal Bio memiliki kandungan herbal alami seperti daun sirih, kunyit, manjakani, aloe vera dan jahe yang berfungsi untuk mengatasi masalah bau selama menstruasi. 

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii mengatakan, Charm telah meluncurkan produk edisi terbatas bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

"Kandungan komposisi bio material kali ini bertambah 1,4 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan produk edisi terbatas beberapa tahun lalu," kata Yuji, Sabtu (10/6/2023). 

Ia berharap pengembang produk bio material tidak hanya dapat mengurangi penggunaan material berbahan dasar minyak bumi. 

Yuji mengatakan, minyak bumi merupakan sumber energi mendasar yang dibutuhkan di dalam kehidupan. Keberadaan minyak bumi sangat penting karena digunakan untuk pembuatan produk dan sebagainya. 

Minyak bumi tercipta dari dekomposisi dan transformasi fosil yang terakumulasi di bawah tanah sejak jutaan tahun lalu, sehingga ketersediaannya pun terbatas.  Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, jumlah penggunaan minyak bumi terus meningkat, dan diperkirakan akan habis sekitar 50 tahun mendatang.

Dengan demikian, penting untuk dilakukan pengontrolan terhadap penggunaan bahan atau material yang berasal dari minyak bumi dan mengakibatkan pemanasan global karena Green House Gas (gas rumah kaca) dalam jumlah besar dari aktivitas manufaktur, meliputi proses pengambilan, pemurnian dan pemrosesan minyak bumi. 

Oleh karena itu, sebagai bentuk penerapan corporate slogan “Ethical Living for SDGs” yang bermakna menerapkan kebaikan
kecil dalam kehidupan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan pembalut Charm Daun Sirih + Herbal Bio yang lebih dari 80% bagiannya menggunakan Bio Material. 

Pembalut ini juga tersedia dalam varian day dan night type, sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi penggunaan jumlah material yang berasal dari minyak bumi. 

Tidak hanya merupakan sebuah inovasi dengan mengedepankan formulasi terbaru, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan produk Charm Daun Sirih + Herbal Bio juga merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan saat ini. 

Yuji menambahkan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk terus berusaha untuk memberikan produk dan pelayanan yang dapat mendukung kehidupan, demi menghilangkan beban yang dirasakan para konsumen.

“Kami akan terus meluncurkan produk dengan value added tinggi yang ramah lingkungan dan dapat menghilangkan ketidaknyamanan konsumen," tandasnya.

Ini sejalan dengan 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan. "Melalui kegiatan ini kami berupaya untuk berkontribusi pada target nomor 12. Yaitu onsumsi dan produksi yang bertanggung jawab," ujarnya. 

Hal tersebut juga merupakan salah satu elemen slogan PT Uni-Charm. Yakni Ethical Living for SDGs yaitu “Konservasi lingkungan, sumber daya laut dan pemeliharaan keanekaragaman hayati”.

"Untuk ke depannya pun Unicharm akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs," tambah Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES