Bagaimana Dampak Kesalahan Penggajian Bagi Perusahaan dan Cara Mengatasinya
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di seluruh perusahaan, payroll menjadi pekerjaan yang memiliki perhatian khusus. Hal ini karena penggajian menyangkut hajat hidup banyak orang yang ada di perusahaan, dalam hal ini terkhusus adalah karyawan.
Sayangnya, walaupun sudah dilakukan dengan begitu hati-hati dan teliti, terkadang human error dalam perhitungan penggajian menjadi mimpi buruk yang tidak bisa dihindarkan. Salah hitung yang menyebabkan kurangnya pembayaran gaji karyawan, sudah bukan kasus baru dalam proses payroll.
Advertisement
Bagi orang awam, kesalahan dalam penggajian mungkin dilihat sebagai masalah angka yang bisa diperbaiki, tapi bagi praktisi HR dan perusahaan ini bisa merambat kepada kebahagiaan dan kesejahteraan pekerja bahkan juga finansial perusahaan.
Kesalahan Penggajian Berdampak Besar Bagi Karyawan
Menurut Gethin Nadin, chief innovation officer di Benefex dan salah satu penulis buku best seller mengenai HR, kesalahan penggajian berdampak besar pada karyawan terutama kesejahteraan mereka. Hal ini juga termasuk saat perusahaan menunda gaji karyawan.
"Bahkan, saat keadaan perekonomian baik, terkadang ada karyawan yang tidak memiliki cukup tabungan untuk dapat membiayai kehidupannya sehari-hari. Penghitungan gaji yang salah tentu tidak memberikan mereka penyangga untuk menjalani hidup," jelasnya.
Dampak buruk dari kesalahan penggajian sendiri sudah pernah diteliti dalam penelitian Zellis baru-baru ini. Laporan Financial Wellbeing 2022 menemukan bahwa lebih dari setengah karyawan yang mengalami kesalahan dalam pembayaran gaji mengalami stres dan kecemasan. Ini akan memengaruhi hubungan karyawan dengan perusahaan.
Memahami Bagaimana Kesalahan Penggajian Berdampak pada Bisnis
Tentu saja kesalahan penggajian juga berdampak besar bagi bisnis. Bahkan hal ini diakui oleh Doug Betts, Director of People and Culture dari Natural Power, yang mengatakan kesalahan penggajian akan memengaruhi budaya bisnis.
Ia mengatakan "Karyawan akan memaafkan banyak hal, tetapi tidak untuk kesalahan penggajian". Motivasi dan produktivitas karyawan pun bisa terpengaruh karena hal ini.
Kesalahan penggajian juga bisa dianggap sebagai pemotongan gaji yang tidak sah dan menyalahi UU Ketenagakerjaan. Bahkan, menurut Danielle McGuigan, dari firma hukum ketenagakerjaan, karyawan dapat melaporkan perusahaan kepada dinas ketenagakerjaan atas gaji yang tidak dibayarkan. Tentu ini bisa merusak citra perusahaan.
Kesalahan penggajian juga berdampak kepada keuangan perusahaan secara langsung. Berdasarkan data dari Ernst & Young (EY) rata-rata perbaikan dari satu kesalahan penggajian dapat merugikan perusahaan sebesar $291 di luar denda. Waktu pengerjaan perbaikan juga membuat pekerjaan staf tidak efektif, menurut temuan EY, rata-rata perbaikan penggajian menyita waktu 29 minggu setiap tahunnya.
Bagaimana Melakukan Penggajian dengan Benar
Menurut Duncan Brown dari Institute of Employment Studies (IES), cara untuk melakukan penggajian yang lebih baik adalah dengan melakukan sentralisasi penggajian.
Sentralisasi penggajian ini menjadi solusi yang terbukti efektif yang mendukung perusahaan untuk dapat dengan mudah melakukan pendataan, pengelolaan, dan penghitungan gaji karyawan. Salah satu cara untuk mensentralisasi proses penggajian adalah dengan beralih menggunakan software payroll.
Ini seperti yang disampaikan oleh Steve Tonks selaku Vice President EMEA, perusahaan yang berbasis di Inggris, "Hal terpenting adalah mengotomatisasikan penggajian dan memastikan gaji dapat dibayarkan tepat waktu. Ini dapat merampingkan penggajian, serta menjadi perubahan yang menguntungkan perusahaan.” jelasnya.
Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak sekali bisa kita temukan software payroll dengan fitur dan kelebihannya tersendiri. Namun, bila Anda membutuhkan software payroll yang lebih dari sekadar membereskan masalah penggajian, Software Payroll LinovHR adalah jawabannya.
Berbeda dengan lainnya, Software Payroll LinovHR menawarkan sistem berbasis cloud yang terintegrasi. Sistem ini sangat menunjang proses penggajian untuk bisa dilakukan secara akurat dan cepat.
Misalnya saja, saat menghitung gaji yang membutuhkan data jam kerja dan kehadiran karyawan. Dengan Software Payroll LinovHR, ini bukanlah masalah besar, sistem sudah terintegrasi dengan software absen sehingga proses akumulasi kehadiran dapat dilakukan secara otomatis.
Didukung dengan berbagai fitur unggulan, seperti penyimpanan data bank karyawan, pengelolaan komponen penggajian, pengelompokkan penggajian, sampai fitur yang membantu urusan perpajakan PPh 21, dan BPJS. Kemampuan software payroll LinovHR dalam memproses penghitungan gaji juga tidak perlu diragukan.
Untuk total 2000 karyawan, mampu diselesaikan dalam hitungan menit saja. Ini sangat efektif daripada pemrosesan gaji secara manual yang lama.
Tidak hanya membantu perusahaan mengurus penggajian, LinovHR juga dapat membantu perusahaan dalam mengurus dan mengelola berbagai keperluan human resource dengan Software HRIS LinovHR. All-in-one HRIS LinovHR memiliki modul dan fitur yang lengkap untuk memudahkan mengurus administrasi dan organisasi perusahaan.
Dari mengelola organisasi, dengan Organization Management, manajemen database karyawan dengan Personnel Management, mengatur dan mengelola jadwal kerja dengan Time Management.
Software HRIS LinovHR juga memungkinkan perusahaan untuk mengontrol dan mengawasi kinerja karyawan dengan Performance Management, modul ini juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan engagement survey karyawan.
Ada juga modul Competency Management, yang bisa mengelola kompetensi karyawan serta menganalisis skill gap setiap karyawan. Untuk membantu perusahaan melakukan proses rekrutmen dengan tepat, terdapat modul Recruitment Management.
Tidak sampai situ saja, Software HRIS LinovHR juga mendukung perusahaan dalam talent management dengan modul Career Path, Succession, serta Learning Management System. Modul-modul ini mendukung perusahaan untuk mengelola dan mengatur berbagai keperluan manajemen talenta perusahaan yang berkelanjutan.
Saat ini, Software HRIS LinovHR sedang memberikan promo menarik gratis 3 bulan untuk para pengguna baru. Promo ini bisa Anda manfaatkan untuk mentransformasi perusahaan secara digital. Sebelum berlangganan, Anda dapat mengajukan demo gratis dan mengenal lebih dalam berbagai modul dan fitur yang dibutuhkan perusahaan. (*)
Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di 08-822-2850-8611 KLIK (WA Only)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Khoirul Anwar |
Publisher | : Rifky Rezfany |