News Commerce

11 Keuntungan Menabung Sejak Dini Selain Menjamin Masa Depan Lebih Cerah

Jumat, 14 Juli 2023 - 14:26 | 62.81k
Sumber: Freepik @Jcomp
Sumber: Freepik @Jcomp

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menabung merupakan kegiatan yang penting dalam pengelolaan keuangan untuk mempersiapkan dana cadangan di masa depan. Tabungan memiliki peran yang signifikan dalam menjaga stabilitas keuangan dan mengantisipasi risiko atau kejadian tak terduga. Lebih dari itu, menabung juga membantu kita memahami prioritas keuangan yang harus diperhatikan.

Memulai kebiasaan menabung adalah langkah penting dalam mengelola keuangan, terutama bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja dan memiliki penghasilan pertama. Namun, menabung tidak selalu mudah bagi semua orang, meskipun kita menyadari banyak manfaatnya untuk masa depan. Hal ini menjadi lebih sulit jika tidak membiasakan cara menabung dengan benar. Penting bagi kita untuk mengembangkan kebiasaan menabung sejak dini, bahkan sebelum memasuki dunia kerja dan mulai mendapatkan penghasilan dari usaha kita.

Menabung bukan hanya tentang seberapa besar jumlah yang kita tabung atau sisihkan, tetapi juga tentang membangun kebiasaan yang konsisten. Oleh karena itu, manfaat menabung tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak sejak usia dini. Orang tua memiliki peran penting dalam mengajarkan manfaat menabung kepada anak-anak dengan memberikan contoh langsung dan melakukannya secara rutin setiap hari. Aktivitas menabung juga sering diajarkan di sekolah, bahkan sejak anak-anak berada di taman kanak-kanak.

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk membuat kegiatan menabung menarik bagi anak-anak. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka menabung menggunakan celengan. Bagi anak-anak, menabung di celengan memberikan motivasi untuk melakukannya secara konsisten setiap hari, sehingga mereka bisa melihat celengan mereka semakin penuh. Pilihan celengan yang menarik dalam bentuk dan ukuran juga dapat meningkatkan motivasi mereka. Anak-anak bisa menghargai hal-hal kecil yang memiliki nilai, dan ketika celengan mereka terisi penuh dengan kumpulan uang kecil tersebut, mereka akan lebih memahami konsep menabung.

Bagi anak-anak usia dini yang mulai belajar menabung, manfaat menabung tidak hanya akan terasa saat mereka masih muda, tetapi juga ketika mereka dewasa. Oleh karena itu, kebiasaan menabung perlu dimulai sejak dini. Mari kita simak berbagai manfaat menabung berikut ini:.

Manfaat Menabung Sejak Dini untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Ada banyak manfaat menabung yang sering terlupakan yang bisa kita peroleh dari menabung sejak dini. Berikut ini adalah penjelasan rinci mengenainya.

1.    Mengatur Keuangan Pribadi

Keuntungan pertama yang diperoleh dari kebiasaan menabung adalah kemampuan untuk mengatur keuangan pribadi. Saat memulai menabung, kita harus mampu mengelola uang yang kita miliki. Kita perlu mengelola pendapatan dengan baik dan memastikan bahwa uang yang ada mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kita.

Meskipun mengelola uang secara mandiri terlihat mudah, namun jika kita tidak memiliki keterampilan dan kebiasaan yang baik, uang yang kita terima akan cepat habis. Dengan kebiasaan menabung, kita sudah mulai membiasakan diri untuk mengatur keuangan sejak dini.

2.    Memahami Nilai Uang

Manfaat menabung dalam kehidupan selanjutnya adalah kita akan belajar memahami nilai uang. Ketika kita sudah memiliki penghasilan sendiri, pasti ada banyak keinginan yang ingin kita penuhi, bukan? Banyak di antara kita yang penghasilannya habis dalam waktu singkat.

Cobalah membiasakan diri untuk menabung. Kita bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan yang kita dapatkan untuk menabung terlebih dahulu. Sisanya dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Dengan kebiasaan menabung, kita akan menjadi lebih menghargai uang. Kita akan berpikir dua kali sebelum menghabiskan uang secara berlebihan. Lebih baik kita menyimpan uang yang kita miliki dalam tabungan.

3.    Menghindari Pemborosan

Keuntungan lain dari menabung adalah membuat kita menjadi lebih hemat. Menabung akan mengajarkan kita untuk hidup secara hemat karena sebagian pendapatan sudah dialokasikan untuk ditabung. Dengan menabung, kita akan terbiasa hidup hemat karena sebagian pendapatan sudah disisihkan.

Meskipun awalnya terasa sulit, seiring berjalannya waktu kebiasaan ini akan menjadi kebiasaan yang melekat. Hal ini tentu akan membuat kita terbiasa dengan pola hidup yang sederhana dan hemat.

4.    Mempunyai Dana Darurat

Menabung bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah menabung di bank. Salah satu manfaat menabung di bank adalah kita akan memiliki dana darurat.

Dana darurat merupakan cadangan dana yang dapat digunakan dalam situasi mendesak. Dengan menabung, secara tidak langsung kita sudah memiliki dana darurat. Jika suatu saat kita membutuhkan dana tambahan yang mendesak, kita dapat mencairkannya.

5.    Mempelajari Disiplin

Mengajarkan kebiasaan menabung sejak dini sangat penting, terutama untuk generasi muda. Salah satu manfaat menabung bagi generasi muda adalah pembelajaran mengenai disiplin.

Membiasakan diri untuk rutin menabung akan membuat kita lebih disiplin. Kita akan menjadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Dengan kebiasaan ini, diharapkan kita dapat menerapkan sikap disiplin dalam semua aspek kehidupan.

Sikap disiplin ini sangat penting bagi generasi muda. Dengan hidup yang disiplin, kita akan menjadi lebih terarah.

6.    Melatih Kesabaran

Menabung juga bermanfaat untuk melatih kesabaran. Dengan menabung, kita akan belajar untuk bersabar dalam menghadapi kehidupan. Jika kita memiliki tujuan menabung, kita akan berlatih kesabaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7.    Memahami Perencanaan Pengeluaran

Membiasakan diri untuk menabung juga dapat membantu kita memahami perencanaan pengeluaran. Dengan memulai menabung, secara tidak langsung kita sudah merencanakan penggunaan uang yang kita miliki. Pendekatan ini sangat berguna untuk menjaga stabilitas keuangan kita.

8.    Masa Depan yang Lebih Cerah

Manfaat menabung yang paling penting adalah membuat masa depan kita menjadi lebih cerah. Dengan menabung, kita sudah menyisihkan sebagian dari uang kita untuk masa depan. Ini berarti di masa depan, kita tidak perlu bekerja keras karena sudah memiliki tabungan yang dapat kita nikmati.

Selain itu, masa depan kita juga akan lebih baik dengan adanya tabungan. Kita tidak perlu khawatir ketika memasuki masa pensiun atau tidak dapat bekerja lagi.

9.    Menghindari Kebiasaan Berhutang

Menabung secara rutin juga dapat melindungi kita dari kebiasaan berhutang. Salah satu cara ketika kita kekurangan uang adalah dengan berhutang, baik melalui bank, pinjaman online, atau dari teman.

Berbeda jika kita memiliki tabungan, kita dapat terhindar dari hutang. Hal ini karena kita dapat menggunakan tabungan yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan. Tentu saja, ini berdampak positif pada kesehatan keuangan kita. Dengan tidak berhutang, kita tidak akan memiliki beban keuangan yang harus dibayar secara rutin.

10.    Melindungi Kekayaan

Tujuan dan manfaat menabung selanjutnya adalah melindungi kekayaan kita. Dengan menabung, kita sudah mengamankan kekayaan yang kita miliki. Ini bukan hanya melindungi kita dari pencurian, tetapi juga melindungi kita dari keinginan diri sendiri untuk berbelanja secara berlebihan.

Uang yang kita tabung dapat menjadi salah satu aset kekayaan untuk masa depan. Dengan demikian, jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita sudah memiliki sebagian kekayaan yang terlindungi.

11.    Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Kebiasaan menabung juga dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Hal ini karena dengan menabung, kita sudah bertanggung jawab terhadap masa depan diri kita sendiri.

Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menabung memiliki berbagai manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini menjadi tujuan utama bagi para orang tua untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan dan keterampilan menabung. 

Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak-anak membiasakan diri hidup hemat sejak dini serta mengatur keuangan dengan baik. Tidak peduli apakah menabung dilakukan melalui celengan atau di bank, manfaat menabung bagi anak-anak sangat berarti untuk membantu mengembangkan diri mereka dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Selain menabung, orang tua juga perlu mengajarkan anak tentang pentingnya memiliki asuransi. Asuransi merupakan langkah penting dalam melindungi diri dan keluarga dari risiko keuangan yang tidak terduga. Salah satu perusahaan asuransi terkemuka yang dapat dipercaya adalah Manulife.

Dalam menghadapi risiko keuangan yang tak terduga, memiliki asuransi di Manulife dapat memberikan perlindungan dan ketenangan pikiran. Dengan berbagai produk yang ditawarkan, Anda dapat memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Jadi, jangan lupakan pentingnya memiliki asuransi di Manulife untuk merencanakan masa depan yang lebih aman dan terlindungi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES