News Commerce

Investasi Sewa Rumah Kos, Dinilai Bisa Jadi Passive Income yang Menjanjikan

Minggu, 13 Agustus 2023 - 06:39 | 66.52k
Suasana expo rumah villa & kos kosan di Malang Town Square, Sabtu (12/08/2023). (FOTO: Winda Cahyani/TIMES Indonesia)
Suasana expo rumah villa & kos kosan di Malang Town Square, Sabtu (12/08/2023). (FOTO: Winda Cahyani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Expo rumah villa dan rumah kos digelar di Malang Town Square (Matos) mulai tanggal 11-20 Agustus 2023.

Lebih dari 30 properti dan developer berupaya menarik calon pembeli dengan beragam promo dalam expo di Matos kali ini.

Kota Malang adalah pusat pendidikan. Bisnis sewa rumah kos dinilai bisa mendatangkan passive income yang stabil. Tahun ini, perguruan tinggi negeri di Malang menerima lebih dari 70 ribu mahasiswa baru. Belum lagi ditambah perguruan tinggi swasta lainnya.

"Sewa kos akan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus. Meski hunian rumah kos yang ditawarkan harga sewanya mahal. Namun, pengembang memastikan kamar kos akan terisi penuh oleh penyewa. Karena sebulan sebelum masuk kuliah sudah sulit mendapat kos. Apalagi area yang dekat kampus," jelas Fatima Zahra, marketing executive Prima Land, Sabtu (12/8/2023).

Menurutnya, sewa rumah kos mendatangkan pendapatan yang pasti dan stabil. Terlebih, harga sewa kamar kos tiap tahunnya naik, dan selalu dibutuhkan oleh mahasiswa. 

Harga jual hunian rumah kos yang ditawarkan pengembang beragam. Tergantung luas bangunan, jumlah kamar, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan.

expo-2.jpgPricelist harga rumah Cozy Kos (FOTO: Winda Cahyani/TIMES Indonesia)

Harga rumah kos mulai dari Rp850 juta (tipe 6 kamar) hingga Rp5,6 miliar (tipe 26 kamar), dengan biaya sewa kamar 1,5-3 juta perbulan. Harga sewa ini berdasar pada desain terkini, fasilitas lengkap, serta lokasi yang dekat dengan kampus ternama dan pusat keramaian.

Keuntungan sewa rumah kos pertahun bisa mencapai Rp100 sampai-Rp500 juta . Dan balik modal kira kira 6-7 tahun. 

Potensi yang bagus dan menarik calon investor dilakukan oleh Prima Land. Pengembang ini menawarkan Cozy Kos Sigura Gura. Ini adalah rumah kos premium khusus muslimah terbesar di Malang.

Kelebihan Cozy Kos adalah manajemen pengelolaannya. Pengembang menyediakan aplikasi untuk me-maintance rumah dari jauh. Serta  membantu memberikan promo untuk mencarikan penyewa. 

"Jadi pemilik tinggal terima jadi, tidak perlu cari tukang bersih bersih, penyewa, bahkan ada maintain bangunan juga," lanjut Fatima. 

Fasilitas Cozy Kos yaitu AC, water heater, kamar mandi dalam. Selain kamar, juga terdapat communal space, dapur, laundry space, private dan balkon bersama.

Harga sewa mulai 3 juta perbulan. Targetnya adalah mahasiswa kedokteran. Passive income 500 juta pertahun, sekitar 6 tahun sudah balik modal. Cozy kos ini begitu dilirik dan diincar oleh investor. Dari 22 unit, hanya tersisa 7 unit. 

Di expo Matos kali ini, selain rumah kos, pengembang lain juga menawarkan villa. Sebagai perbandingan, bisnis villa pendapatannya tidak stabil seperti sewa kos. Karena tersewa hanya saat weekend saja. Pengembang juga menawarkan berbagai promo. Mulai dari diskon hingga bonus full furnished. Promo ini berlaku hanya saat expo di Matos yang berlangsung sampai tanggal 20 Agustus 2023. (*)

Pewarta: Winda Cahyani (PKL)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES