News Commerce

Villa Ciptaningati Mojokerto, Bukit Alam Gunung dan Harmoni Kebhinekaan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 18:45 | 88.75k
Anak-anak pada saat menikmati Kolam Renang Villa Ciptaningati, Desa Wiyu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (26/8/2023) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)
Anak-anak pada saat menikmati Kolam Renang Villa Ciptaningati, Desa Wiyu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (26/8/2023) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTOVilla Ciptaningati. Seperti namanya, vila ini seperti ciptaan dari hati. Villa ini menggambarkan pesan kebhinekaan dan harmonis. Antara kesenian, kebudayaan, dan alam. 

Harmoni itu tergambar dari corak bangunan yang didirikan. Terdiri dari rumah Manado, rumah Madura, rumah gubug, dan corak bangunan adat lainnya. Kebhinekaan itu tercermin dari berbagai ragam ornamen, patung, dan wayang. Bahkan terdapat miniatur candi dengan corak agama Hindu, Budha, dan agama lainnya. 

“Awalnya pada saat pandemi itu saya keliling ke pasar Jogja, banyak pelukis nganggur, banyak pemahat patung juga nganggur," ungkap Owner Ciptaningati, Budi Kusumaningati kepada TIMES Indonesia, Sabtu (26/8/2023).

Kolam-Renang-Villa-Ciptaningati-b.jpgCafe Dapur Ciptaningati yang selalu menyediakan masakan khas nusantara dengan nuansa rumah joglo ala Jawa, Sabtu (26/8/2023) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia) 

"Kami ingin menunjukkan inilah harmoni, inilah kebhinekaan. Seperti ciptaan dari hati kami, makanya namanya Ciptaningati," sambungnya. 

Villa Ciptaningati Mojokerto, seperti namanya selalu terus berbenah. Villa ini terdiri dari berbagai jenis rumah adat. Rumah Utama, Manado, Madura, Wayang, Desa, Segitiga, dan Gabah. 

Marcomm Villa Ciptaningati Mojokerto, Dorthea Rutruntu mengatakan bahwa villa ini mampu menampung 350 pengunjung sekaligus. Villa ini terbagi menjadi beberapa kompleks di perbukitan Desa Wiyu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

Rumah Utama Villa Ciptaningati terdiri dari 15 kamar. Setiap kamarnya mampu diisi oleh 4 orang. 

Selain itu, Villa Ciptaningati mempunyai Kompleks Rumah Manado. Terdapat Aula besar yang mampu diisi oleh 300 orang. Kompleks ini terdapat 6 kamar. Setiap kamarnya mampu diisi antara 8-10 orang. 

Villa Ciptaningati juga mempunyai Kompleks Rumah Wayang. Terdapat aula kecil yang bisa  memuat 75-100 orang. Terdapat 5 kamar. Dimana setiap kamarnya bisa diisi 6 orang. 

“Pengunjung cenderung memilih Rumah Wayang ini karena mencari lebih privat. Fasilitasnya kamar mandi dalam termasuk air panas,” kata Thea, sapaannya. 

Selain itu, terdapat Kompleks Rumah Madura Villa Ciptaningati. Rumah ini bisa diisi oleh 8 orang. 

Salah satu kompleks rumah ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

“Harga weekdays Rp175 ribu per orang. Harga weekend Rp200 ribu per orang. Fasilitasnya adalah tiga kali makan dan dua kali coffea break,” kata Thea. 

Villa Ciptaningati juga memiliki Wisata Alam dan Edukasi. Terpisah oleh sungai kecil diantaranya. Kompleks ini terdapat fasilitas penginapan dan sekaligus rekreasi. 

Kompleks Wisata Alam dan Edukasi ini mempunyai Café Dapur Ciptaningati, Miniatur candi, Kolam renang, dan aneka spot swafoto. Salah satunya yang paling menarik adalah Garuda Mandala Nusantara.

Kolam-Renang-Villa-Ciptaningati-c.jpgSalah satu rumah yang bisa dinikmati pengunjung di kompleks Villa Ciptaningati, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (26/8/2023) (Foto: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia) 

Terdapat patung garuda besar yang mencengkeram bola dunia. Patung besar ini menghadap ke utara. Di depannya terdapat dua patung sosok penting dalam Sejarah Indonesia. Yakni Mahapatih Gajahmada dan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.

Thea menjelaskan bahwa Kompleks Wisata Alam dan Edukasi ini terdapat Rumah Pari (Segita), Rumah Beras (Segitiga) dan Rumah Gabah. 

“Untuk sewa rumah Pari dan Beras atau segitiga, di hari weekend adalah Rp750 ribu. Dapat menampung 6 orang. Include breakfast 1 kali nasi goreng,” katanya. 

Kalau untuk weekdays biaya sewa kamarnya hanya Rp500 ribu rupiah. Biaya ini sudah termasuk pajak dan breakfest satu kali. 

Rumah Gabah itu punya kamar mandi dalam. Rumah ini mampu diisi antara 10-15 orang. Harga sewa rumah Gabah sendiri adalah Rp1 juta untuk weekdays (Senin-Kamis). Sedangkan untuk weekend dipatok dengan harga Rp1,5 juta. Seluruhnya sudah termasuk fasilitas breakfast. 

Thea juga menjelaskan bahwa Café Dapur Ciptaningati selalu merubah menunya setiap hari. Setiap harinya menu yang disajikan adalah masakan-masakan khas nusantara. Uniknya, anda dapat menikmati hidangan sembari menatap Garuda Mandala Nusantara. Selain itu café ini mengusung konsep rumah joglo yang sangat erat dengan kebudayaan Jawa. 

Pengunjung yang datang tidak harus menginap. Pengelola juga membuka Ciptaningati untuk umum. Cukup merogoh kocek Rp10 ribu anda sudah bisa menikmati Ciptaningati ditambah anda bisa berenang secara gratis.

Wahyuning-Utami.jpg

Villa Ciptaningati memiliki 20 karyawan. 15 orang karyawan akan selalu bergiliran di masing-masing kompleks, sehingga memberikan pelayanan terbaik terhadap para pengunjung. 

Informasi lengkap mengenai Villa Ciptaningati dapat mengunjungi instagram resmi @griyaciptaningati_pacet. Reservasi dapat menghubungi 4 admin dengan nomor sebagai berikut. 081234562454 (admin 1). 081216288070 (admin 2). 089674908306 (admin 3). 081237963421 (admin 4).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES