News Commerce

Trans Shopping Mall Resmikan Penggunaan Sistem Panel Surya Terbesar

Senin, 27 November 2023 - 18:34 | 76.73k
Direktur PT Para Bandung Propertindo memberikan sambutan dalam acara peresmian penggunaan sistem panel surya terbesar di Trans Shopping Mall Bandung bersama Xurya. (FOTO: Djarot/TIMES Indonesia)
Direktur PT Para Bandung Propertindo memberikan sambutan dalam acara peresmian penggunaan sistem panel surya terbesar di Trans Shopping Mall Bandung bersama Xurya. (FOTO: Djarot/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGTrans Shopping Mall Group dengan harapan dan bangga memperkenalkan langkah revolusioner menuju masa depan yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan teknologi tenaga surya yang canggih ke dalam fasilitas-fasilitasnya.

Melalui kerja sama yang erat dengan Xurya, telah dicapai tonggak penting dalam komitmen Trans Shopping Mall terhadap praktik pembangunan yang ramah lingkungan.

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Trans Shopping Mall Group, Trans Studio Mall Bandung merasa berbahagia dan berharap penerapan teknologi pembangkit listrik tenaga surya yang terbesar dan pertama bisa dijadikan sebagai contoh Shopping Mall di Bandung yang peduli terhadap terhadap lingkungan dan mendukung pemerintah.

"Saya mengikuti dari awal pembahasan tentang penerapan teknologi pembangkit tenaga surya ini dan saya merasa bahagia karena teknologi tersebut mulai beroperasi. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah bekerja sama dalam perwujudan penerapan teknologi ini, Mitsui, Xurya, orang-orang TSM yang membantu terealisasi," ujar Apri Geuther, Direktur PT Para Bandung Propertindo, Senin (27/11/2023).

"Setelah di Bandung, minggu depan akan beroperasi di Trans Shopping Cibubur, lalu Makasar," ungkap Apri.

Penerapan teknologi ini memang luar biasa karena bisa membantu lingkungan sekitar, terhindar dari polutan yang semakin banyak saat ini. Dengan penerapan teknologi listrik tenaga surya, alokasi listrik bisa jauh lebih hemat karena dibantu teknologi tersebut.

"Inisiasi kami yang berfokus pada bangunan yang ramah lingkungan telah mencapai tingkat baru yang menakjubkan ketika kami memanfaatkan kekuatan tak terbatas dari matahari untuk mengurangi emisi karbon dan memberikan kontribusi bagi masa depan yang lebih bersih dan lebih ramah lingkungan. Transformasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya global untuk mengurangi pemanasan global," ujar Hendrik P. Silalahi, Corporate GM of Engineering Trans Shopping Mall menambahkan.

Selanjutnya, Trans Shopping Mall Group akan melanjutkan dengan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di bangunan-bangunan  yang berada di daerah lain seperti Cibubur, Makassar, Surabaya, dan seterusnya.

Diperkirakan total energi bersih yang dihasilkan mencapai 7,5 juta kWh per tahun atau setara dengan penurunan emisi karbon sebesar 6,6 juta kilogram per tahun. Dengan total kapasitas daya PLTS Atap yang terpasang menjadi PLTS Atap mal terbesar di Indonesia.

"PLTS Atap Xurya yang telah dioperasikan di Trans Studio Mall Bandung mampu menghasilkan energi bersih sebesar 1,5 juta kWh setiap tahunnya atau setara dengan penurunan emisi karbon sebesar 1,4 juta kilogram per tahun. Skala penurunan emisi karbon ini setara dengan dampak positif dari penanaman lebih dari 18 ribu pohon," ulas Hendrik.

Ia menuturkan bahwa komitmen Trans Shopping Mall Group terhadap praktik berkelanjutan sejalan dengan seruan dari pemerintah dan komunitas global dalam menghadapi perubahan iklim dan melindungi lingkungan. Dengan adanya penerapan tenaga surya ini, Trans Shopping Mall telah mengambil langkah besar dalam mengurangi dampak negatif terhadap bumi serta mendukung terwujudnya masa depan yang lebih sehat.

Hendrik memaparkan bahwa untuk memastikan performa dan dampak positif yang maksimal dan berkelanjutan selama 20 tahun masa operasional PLTS Atap, Trans Studio Mall Bandung akan mendapatkan fasilitas pengoperasian dan pemeliharaan (O&M) rutin dari Xurya.

Selain itu, Ia juga menerangkan bahwa Trans Shopping Mall telah mengimplementasikan berbagai program lainnya dalam upaya menciptakan bangunan yang ramah lingkungan di Trans Studio Mall Bandung, seperti pengelolaan ruang terbuka hijau, penggunaan lampu hemat energi, sistem pendingin berbasis air, dan pengolahan sampah mandiri.

"Sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan yang menjadi mercusuar di kota Bandung, Trans Studio Mall Bandung selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam inovasi dan kesadaran lingkungan. Komitmen ini pula yang mendorong kami untuk mengadopsi teknologi tenaga surya yang canggih dan memanfaatkan energi matahari untuk mendukung kegiatan operasional mall ini," imbuh Hendrik.

"Dengan dedikasi yang kita miliki, Trans Shopping Mall Group berharap dapat menjadi contoh teladan bagi dunia usaha dalam hal tanggung jawab terhadap lingkungan. Kami ingin menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan dapat berjalan beriringan. Realisasi pemasangan PLTS Atap ini juga merupakan hasil dari hubungan strategis antara CT Corpora dan Mitsui & Co., Ltd. di Indonesia, dimana Trans Shopping Mall Group adalah salah satu bisnis pilar CT Corpora dan Xurya adalah afiliasi dari Mitsui & Co., Ltd," jelasnya.

Hendrik juga menginformasikan bahwa Trans Studio Mall Bandung  bisa menjadi destinasi gaya hidup terbaik di kota Bandung pilihan konsumen yang berada dalam satu Kawasan terintegrasi yang terdiri dari Mal, Hotel dan Theme Park. .Apalagi dengan lebih dari 200 outlet retail brand high-end internasional, serta lebih dari 100 outlet makanan, Trans Studio Mall Bandung yang terdiri dari 5 lantai dengan GFA (Gross Floor Area) seluas 100.000 m2 dengan fasilitas parkir yang luas memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan.

Ia juga menerangkan bahwa mengenai, PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) yang menjadi mitra realisasi teknologi tenaga surya ini adalah perusahaan energi terbarukan yang berbasis di Indonesia dengan visi untuk merevolusi industri energi di Indonesia. Xurya menjadi pelopor dalam metode pembiayaan tanpa investasi untuk memberikan insentif kepada perusahaan komersial dan industri untuk beralih menuju sumber energi surya.

"Dan keberadaan. Xurya bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam menggunakan energi bersih dan terbarukan dengan memberikan layanan terpadu mulai dari desain, studi kelayakan, instalasi, pengoperasian dan pemeliharaan, serta pendanaan bagi pelanggan," imbuh Hendrik.

"Kami dengan bangga mengumumkan langkah ini sebagai bagian dari upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES