News Commerce

10 Rekomendasi Situs Freelance untuk Tambahan Uang Mahasiswa

Sabtu, 25 Mei 2024 - 04:22 | 27.94k
Ilustrasi mahasiswa kerja partime. (Foto: Akademi AI Indonesia)
Ilustrasi mahasiswa kerja partime. (Foto: Akademi AI Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bekerja sebagai freelancer tentunya dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja freelance full time asalkan memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Sehingga hal ini bisa mendapatkan penghasilan untuk mahasiswa.

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini memungkinkan semua dilakukan secara online, begitu juga dengan pekerjaan. Sekarang ini bekerja bisa dilakukan dari mana saja karena terhubung oleh internet. Sehingga peluang pekerjaan freelance semakin banyak.

Bahkan saat ini untuk mendapatkan informasi lowongan kerja juga tidak sesulit dahulu. Sekarang ini banyak situs loker yang menawarkan pekerjaan secara freelance. Nah jika kamu mahasiswa yang memiliki keahlian dibidang tertentu bisa mencobanya untuk mendapatkan tambahan uang saku.

Rekomendasi Situs Freelance Terbaik

Mahasiswa tentunya memiliki banyak waktu luang. Dari pada tidak memanfaatkan waktu luang dengan baik, maka dengan menjadi freelancer maka kamu bisa mendapatkan uang saku. Karena seorang freelancer memiliki keunggulan fleksibilitas waktu, tentunya pekerjaanya bisa kamu sesuaikan agar tidak mengganggu waktu kuliah.

Hal menguntungkan lain menjadi seorang freelancer mampu menghemat pengeluaran, karena kamu tidak perlu pergi kekantor untuk wawancara atau mengikuti banyak tes selama proses rekrutmen. Kamu cukup membuat portofolio keahlian kamu dan pihak pemberi kerja akan mencari tenaga freelancer.

Untuk memulainya, maka ada 10 situs freelance terbaik sebagai referensi mencari pekerjaan freelance untuk menambah penghasilan, di antaranya adalah:

1. OLX

Situs OLX dikenal sebagai situs jual beli barang bekas yang terkenal di Indonesia. Namun, ternyata OLX bisa menjadi alternatif mencari lowongan kerja. Dari data yang terkumpul terdapat sekitar 40.000 lowongan di OLX, atau naik 18% dari kuartal sebelumnya.

Dari jumlah itu 32.000 dihubungi oleh calon pekerja yang berminat. Jika dirata-rata, satu iklan lowongan pekerjaan di OLX diminati sebanyak 10 pelamar. Bahkan OLX memiliki pasarnya tersendiri, karena sebagian besar lowongan di OLX bergerak di sektor informal bukan professional.

Data di tahun 2016 terdapat 150.000 iklan selama kuartal pertama. Dari situ sekitar 21.000 iklan laku atau naik 42%. Jika kamu ingin mencobanya, maka kamu cukup menuliskan kata kunci di kolom pencarian, kemudian kamu enter dan muncul banyak informasi pekerjaan full time maupun freelance.

Selanjutnya kamu tinggal memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Bahkan informasi loker yang terdapat di situs OLX juga tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

2. Fastwork

Situs freelance Fastwork didirikan pada tahun 2015 di New York. Bahkan saat ini platform tersebut semakin melebarkan pasarnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Situs ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, dengan fokus pada proyek-proyek yang berkaitan dengan teknologi digital, seperti desain grafis, pengembangan perangkat lunak, dan perencanaan perjalanan.

3. Upwork

Situs selanjutnya adalah Upwork. Disini kamu bisa mendapatkan pekerjaan freelance sesuai bidang pengalaman yang dikuasai. Moto Upwork adalah “Anything you can do on a computer can be done through Upwork”. Artinya kamu bisa melakukan semuanya dari website ini, asalkan berbasis komputer.

Di website ini juga menyediakan pekerjaan freelance yang cocok. Kamu cukup lengkapi profil, dan kamu dapat mencari, serta menerima undangan pribadi yang kamu inginkan. Gaji yang kamu terima mungkin berbeda-beda tergantung pengalaman dan pekerjaan yang dimiliki.

Semakin banyak proyek yang berhasil kamu kerjakan, semakin besar pula kemungkinan kamu mendapatkan berbagai pekerjaan freelance selanjutnya lho.

4. Projects

Projects merupakan website khusus freelancer terkenal di Indonesia. Platform ini khusus menyediakan berbagai pekerjaan freelance. 

Banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, seperti dibidang teknologi, pembuatan website, aplikasi, desain logo, penerjemahan, hingga penulisan artikel.

Tak hanya dalam situs ini kamu bisa menggunakan program Affiliate Referral, di mana kamu bisa mendapatkan bonus jika mengajak orang lain bergabung. Ketika kamu membuka situs ini kamu akan mendapatkan website yang sederhana dan mudah digunakan.

Selain itu, di situs Projects kamu bisa memiliki peluang untuk menjual produk digital sendiri dan ada juga program afiliasi yang menguntungkan tentunya semua hal ini tidak bisa kamu temukan pada situs loker freelance lainnya.

5. ProZ

Untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa yang baik dan tulis menulis, maka website freelancer berikut ini cocok untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan freelance sebagai penerjemah. Selain itu, ProZ juga memberikan peluang pekerjaan freelance yang berhubungan dengan penulisan konten.

Untuk kamu yang ingin menjadi freelance pada platform ini memang memiliki persaingan  yang ketat. Karena kualitas artikelnya sangat spesifik, meski demikian, banyak peluang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan sebagai freelancer.

7. Toptal

Salah satu situs freelance terbaik adalah Toptal. Karena situs ini memiliki klien-klien besar di seluruh dunia, sehingga bayaran di situs ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan Platform lainnya. Biasanya situs ini banyak menawarkan pekerjaan dibidang desain, keuangan, hingga pengembagan program.

Bahkan sejak tahun 2009 hingga kini telah banyak menghubungkan antara pekerja freelance di segala bidang. Namun situs ini memiliki sistem seleksi yang ketat. Dari bahasa dan kepribadian, analisis kemampuan yang mendalam, karakter, test project.

8. LinkedIn

Sebenarnya linkedIn bukanlah situs lowongan pekerjaan. Tetapi dengan situs ini kamu terhubung dengan para pekerja profesional, freelancer, hingga pemilik perusahaan. Namun, karena pada platform ini terbentuk komunitas, maka banyak informasi pekerjaan yang ditawarkan pada situs ini.

Pada platform ini kamu membuat akun profile kamu yang berisi biodata, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga keahlian yang kamu miliki. Sehingga jika ada pihak pemberi kerja tertarik dengan profil kamu, maka mereka bisa menghubungi kamu.

9. Freelancer

Jika kamu belum menemukan pekerjaan freelance yang cocok, maka kamu bisa mengunjungi situs lowongan kerja Freelance. Website ini menjadi salah satu yang terbesar untuk pekerjaan freelance. Bahkan mereka telah menghubungkan lebih dari 26 juta pekerja dan freelancer di seluruh dunia.

Meskipun platform ini khusus untuk orang-orang yang ingin bekerja freelance untuk membantu perusahaan. Tetapi ada juga lowongan pekerjaan full time yang bisa kamu temukan. Kamu bisa menemukan berbagai jenis, mulai dari entri data, desain logo dan situs web, terjemahan, pemasaran internet, SEO, dll.

Bahkan akan dituliskan 6 orang freelancer terbaik pada setiap kategori, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak dilirik.

10. Glints

Glints adalah platform terkenal untuk pekerjaan freelance. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan, baik full time, part time, freelance maupun pekerjaan berdasarkan proyek. Untuk mendapatkan pekerjaan freelance sangat mudah dilakukan, kamu cukup ketik di kolom pencarian kerja yang kamu minati.

Kemudian akan muncul berbagai jenis pekerjaan baik itu full time, part time, atau pekerjaan berdasarkan proyek, yang bisa disesuaikan dengan jadwal. Kamu cukup mengetik freelancer, maka akan muncul opsi pekerjaan yang menawarkan kerjasama untuk bekerja freelance. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES