Olahraga

Diwarnai Dua Gol Bunuh Diri, Timnas Indonesia Kalahkan Timor Leste 4-1

Kamis, 27 Januari 2022 - 21:19 | 56.50k
Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (Foto: PSSI)
Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (Foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Timor Leste dalam laga uji coba FIFA Matchday yang diadakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada (27/1/2022), di laga itu Timnas unggul 4-1.

Kendati Shin Tae-yong sejak awal mengisyaratkan uji coba melawan Timor Leste adalah persiapan untuk menghadapi Piala AFF U-23, namun di awal babak pertama beberapa pemain senior tampak diturunkan. Diantaranya adalah Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Fachruddin Aryanto dan Evan Dimas. 

Pemain-pemain muda mendapatkan kesempatan di laga itu seperti Achmad Figo, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh hingga Bayu Mohamad Fiqri. 

Timnas mengambil alih permainan sejak awal pertandingan. Kesempatan pertama untuk menjebol Timor Leste didapatkan oleh Dedik Setiawan, sayang peluang pemain Arema FC ini masih belum berhasil jadi gol. 

Timor Leste yang mengandalkan kecepatan lebih banyak mendapatkan peluang melalui serangan balik. Namun beberapa peluang bisa digagalkan oleh lini pertahanan Timnas yang digalang  oleh Alfeandra Dewangga 

Kans Timnas untuk membobol gawang Timor Leste terjadi di menit 16, akselerasi Irfan Jaya membuka ruang tembak di dalam kotak penalti. Namun sayang, usahanya gagal berbuah gol karena bola melebar tipis di sisi kanan gawang Timor Leste. 

Serangan Timnas berlanjut, kali ini kembali Dedik Setiawan ciptakan peluang. Berawal dari lemparan bola Sani Rizki, Dedik yang dapatkan bola langsung membalikkan badan dengan melepaskan tembakan keras, beruntung bagi Timor Leste bola masih membentur mistar. 

Sebaliknya Timor Leste yang minim peluang justru mampu unggul di menit 35, memanfaatkan serangan balik cepat. Paulo Gali Freitas berhasil cetak gol dari sudut  sempit meski dalam kawalam Alfeandra Dewangga. 

Timor Leste nyaris memperplebar keunggulan kalau saja mampu memanfaatkan hadiah penalti di menit 44 saat Syahrul Trisna menjatuhkan Paulo Gali. Berusaha menebus kesalahan, Syahrul Trisna berhasil menepis bola hasil eksekusi Mauzinho.
 
Di babak kedua, tiga  pemain dimasukkan sekaligus yakni Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan dan Hanis Saghara. Perubahan ini akhirnya membuahkan hasil, di menit 65 skema serangan apik ditunjukkan oleh Evan Dimas yang berikan umpan bola atas pada Ronaldo, lalu bola diberikan pada Ricky Kambuaya yang berhasil mencetak gol lewat tendangan kerasnya. 

Timnas berbalik unggul menjadi 2-1 di menit 73, berawal dari handsball yang dilakukan oleh Gumario Augusto di kotak penalti, Pratama Arhan yang bertugas menjadi algojo melaksanakan tugasnya dengan baik. Kendati arah bola bisa ditebak oleh kiper Timor Leste Mendonca Da Silva, namun belum bisa menggagalkan sepakan Arhan. 

Setelah unggul permainan Timnas menjadi lebih enteng. Tak tampak permainan terburu-buru seperti babak pertama. Bahkan Timor Leste kini tampak dalam tekanan, di menit 77, lemparan bola ke dalam oleh Arhan salah diantisipasi oleh kiper Timor Leste Mendonca yang akhirnya masuk ke gawang sendiri yang membuat skor berubah menjadi 3-1.

Di menit 80 Timnas menambah gol menjadi 4-1, kali ini berawal dari umpan silang Arhan pada Hanis, namun bola dipotong oleh sundulan Filomino yang akhirnya malah membuat bola bersarang ke gawang sendiri. 

Kemenangan 4-1 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Berikutnya Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Timor Leste pada 30 Januari mendatang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES