Olahraga

Cinta Puspita Raih Medali Perunggu Pra Popnas 2022

Rabu, 14 September 2022 - 12:42 | 58.27k
Petinju wanita Kota Batu, Cinta Puspita Indrasari Putri meraih medali perunggu kelas 48 kg dalam Pekan Pra Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) tahun 2022 yang dilaksanakan di Samarinda, Kalimantan Timur. (Foto: Pertina Kota Batu for TIMES Indone
Petinju wanita Kota Batu, Cinta Puspita Indrasari Putri meraih medali perunggu kelas 48 kg dalam Pekan Pra Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) tahun 2022 yang dilaksanakan di Samarinda, Kalimantan Timur. (Foto: Pertina Kota Batu for TIMES Indone

TIMESINDONESIA, BATU – Kebanggaan untuk Kota Batu, petinju wanita Kota Batu, Cinta Puspita Indrasari Putri meraih medali perunggu kelas 48 kg dalam Pekan Pra Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) tahun 2022 yang dilaksanakan di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pertarungan pertama Cinta ditingkat nasional ini menjadikan pengalaman berharga karena bertemu petinju senior. Dalam semifinal ia bertemu dengan petinju dari Sulawesi Selatan.

Ketua Pengurus Cabang Pertina Kota Batu, Ismail Ngabalin bersyukur atas prestasi ini, meski menurut laki-laki yang juga ayah dari Cinta ini, kondisi Cinta saat pertandingan berlangsung dalam keadaan kurang fit.

"Perjuangannya (Cinta-red) kadang diluar dugaan kita, selain kondisi saat itu kurang fit, dibandingkan petinju lainnya, usianya dibawah petinju lainnya," ujar Ismail Ngabalin.

Rata-rata petinju lawan, menurut Ngabalin kelahiran tahun 2005, sementara Cinta lahir tahun 2009. Saat ini Cinta masih duduk di kelas 2 SMPN 1 Kota Batu.

Petinju-wanita-Kota-Batu-Cinta-Puspita-Indrasari-Putri-a.jpg

Ismail menjelaskan bahwa Cinta mendapatkan panggilan untuk pemusatan latihan Pra Popnas cukup mendadak.

"Kondisi kesehatan Cinta drop sebelum berangkat pemusatan latihan di Ngawi. Selama lima hari pemusatan latihan di Ngawi, karena perubahan cuaca, Cinta sempat sakit pilek dan batuk," ujar Ismail.

Setelah lima hari pemusatan latihan, delapan petinju Jatim termasuk Cinta langsung menuju Surabaya, kemudian bertolak ke Samarinda.

"Sebenarnya saat bertanding kondisinya dibawah 50 persen, tapi Cinta tetap ngotot berangkat. Saat semifinal, 10 menit sebelum timbang badan, Cinta pingsan, sebenarnya tidak bisa bertanding, Dia tetap memaksa bertanding," terang Ismail.

Karena semangatnya, Cinta melanjutkan pertandingan, mesti mata sebelah kirinya terluka terkena pengunci sarung tangan petinju Sulawesi Selatan yang terbuka.

"Kena bola mata, hingga darahnya beku, kita sempat ngamuk ke wasit karena kurang jeli," ujar Ismail.

Menurut Ismail, perjuangan Cinta Puspita Indrasari Putri ditingkat nasional ini adalah perjuangan pertama. "Kita baru saja selesai dari Porprov, belum ada latihan, apalagi panggilan mendadak, tidak ada persiapan khusus, tapi bagaimana pun, kita berterima kasih kepada Disdikpora Jatim yang telah memberikan kesempatan berharga ini untuk Cinta," ujarnya.

Petinju-wanita-Kota-Batu-Cinta-Puspita-Indrasari-Putri-b.jpg

Seperti yang diketahui, Kementerian Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menujuk Kalimantan Timur sebagai tuan rumah Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2022 zona 4 yang akan digelar pada tanggal 9-16 September 2022 mendatang.

Pra Popnas ini dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor di Stadion Batakan Balikpapan, Jumat (9/9/2022). Total tujuh provinsi bersaing di Zona IV untuk mengisi slot menuju Popnas yang akan berlangsung di Sumatera Utara. 

Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur mengatakan semua pelaksanaan prakualifikasi Popnas akan dilangsungkan di Samarinda. Tepatnya di Stadion Sempaja.

Pra Popnas ini mempertandingkan ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan yakni basket, voli, bulu tangkis, sepakbol, pencak silat, takraw, tenis dan tinju. Atlet terbanyak dikirimkan Kaltim ada 173 atlet. Kedua, Jawa Timur menjadi kontingen kedua yang menurunkan atlet terbanyak dengan total 171, disusul oleh Sulawesi Selatan dengan 114 atlet, Sulawesi Barat 95 atlet, Sulawesi Tengah 74 atlet, Nusa Tenggara Timur 59 dan Nusa Tenggara Barat 33 atlet.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES