Olahraga

Lionel Messi Lewati Rekor Cristiano Ronaldo

Senin, 26 September 2022 - 10:26 | 25.59k
Lionel Messi Lewati Rekor Cristiano Ronaldo
Lionel Messi berhasil melewati rekor rekor gol non penalti milik Cristiano Ronaldo. (foto: Reuters/Benoit Tessier) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mega bintang Argentina Lionel Messi berhasil melewati rekor gol non penalti milik Cristiano Ronaldo. Lionel Messi melakukan ini setelah menjadi penentu kemenangan 1-0 PSG melawan Lyon dalam pertandingan Ligue 1 Prancis, Minggu (25/9/2022)semalam.

Gol Lionel Messi ke gawang Lyon itu menjadikan pemain berusia 35 tahun itu mencetak 672 gol non penalti selama karir profesionalnya. Jumlah gol tersebut membuat Lionel Messi melewati raihan 671 gol non penalti yang dibuat Ronaldo.

Hebatnya lagi, capaian Lionel Messi ini diraih dengan jumlah pertandingan yang lebih sedikit dari yang sudah dijalani Ronaldo. 672 gol non penalti yang dileksakkan Lionel Messi terpaut 150 laga lebih sedikit dibandingkan dengan Ronaldo.

Persaingan Messi vs Ronaldo

Ronaldo-Messi.jpgCristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan saat laga internasional antara Portugal dan Argentina.  (foto: Laurence Griffiths/Getty Images)

Persaingan statistik dua pemain besar ini memang menarik untuk diikuti. 

Messi menjadi pemain yang paling sering meraih trofi Ballon d'Or. Messi menjadi pemain peraih Ballon d'Or terbanyak sampai saat ini. Adapaun mega bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo baru meraih lima trofi.

Namun Ronaldo yang saat ini sudah berusia 37 tahun masih bisa membanggakan diri karena lebih sering memperkuat timnasnya ketimbang Messi bersama Argentina.

Sejauh ini pemain Manchester United itu sudah 189 kali membela Portugal dan tampil dalam empat Piala Dunia, lima Piala Eropa dan sekali putaran final Nations League dan sekali Piala Konfederasi.

Ronaldo-Messi-2.jpg

Sedangkan Messi baru 162 kali membela Argentina termasuk dalam empat Piala Dunia dan enam Copa America. Messi juga baru merengkuh satu trofi internasional.

Ronaldo juga masih mengungguli Messi dalam jumlah gol termasuk gol penalti, yakni 699 gol dari 941 pertandingan dalam semua kompetisi untuk empat klub berbeda

Ronaldo juga mencetak lebih dari 50 gol dalam satu musim selam enam musim berturut-turut bersama Real Madrid dari 2010-2011 sampai 2015-2016.

Sedangkan Messi total mencetak 688 gol dari 822 pertandingan bersama Barcelona dan PSG.

Mengutip Daily Mail, Messi juga pernah menciptakan lebih dari 30 gol dalam satu musim selama 13 musim berturut-turut bersama Barcelona dari 2008-2009 sampai 2020-2021. 

Messi Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022

Lionel-Messi-2.jpgFoto kolase capaian Lionel Messi meraih tujuh gelar pemain terbaik, Ballon d'Or.

Meski demkian, Messi untuk tahun ini tidak masuk nominasi Ballon d'Or. Dalam daftar nomine Ballon d'Or 2022 telah diumumkan oleh France Football pada Sabtu (13/8/2022) nama mantan pemain Barcelona ini tidak ada. Sedangkan nama Ronaldo tetap ada.

Messi gagal masuk nominasi karena ada faktor penilaian performa. Selama ini, Ballon d'Or selalu dinilai berdasarkan penampilan pemain pada satu tahun kalender mulai dari Januari hingga Desember. 

Namun, untuk edisi Ballon d'Or 2022, juri akan menilai performa seorang pemain dalam rentang waktu satu musim dari Agustus 2021 hingga Juli 2022.

Lionel Messi selama kurun waktu itu penampilannya jeblok bersama PSG. Sementara Cristiano Ronaldo tetap moncer bersama Manchester United bahkan menjadi top skor tim musim lalu dengan 18 gol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES