Olahraga Tragedi Stadion Kanjuruhan

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jumlah Korban Meninggal Terbesar Kedua di Dunia

Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:42 | 158.04k
Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jumlah Korban Meninggal Terbesar Kedua di Dunia
Aremania saat turun ke lapangan pasca kekalahan tim Singo Edan atas Persebaya. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
FOKUS

Tragedi Stadion Kanjuruhan

TIMESINDONESIA, MALANGTragedi Stadion Kanjuruhan Malang saat pertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) mencatat jumlah korban meninggal 127 orang.

Jumlah korban meninggal dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan disampaikan Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta Minggu (2/10/2022) dini hari saat jumpa pers di Polres Malang.

Kapolda Jatim mengatakan, sebanyak 34 orang meninggal di Stadion Kanjuruhan dan 93 orang sisanya meninggal di rumah sakit. "Dalam kejadian ini, meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri," katanya.

Jumlah korban meninggal kemungkinan bisa bertambah mengingat masih ratusan orang yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Kapolda Jatim mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 180 orang yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS Kanjuruhan dan RS Wafa Husada, yang keduanya berada di Kepanjen. Adapun sebagian sisanya dibawa ke RSUD dr Saiful Anwar di Kota Malang.

Selain korban meninggal dunia, tragedi Stadion Kanjuruhan juga membuat rusak fasilitas stadion. Tercatat ada 13 unit kendaraan yang mengalami kerusakan, 10 di antaranya merupakan kendaraan milik polisi.

Tragedi Stadion Kanjuruhan Korban Meninggal Terbanyak

Sementara itu, hasil olah data yang dilakukan TIMES Indonesia, jumlah korban meninggal di Stadion Kanjuruhan merupakan nomor dua paling banyak di dunia.

Sejarah mencatat, korban suporter meninggal terbanyak dalam sejarah sepak bola dunia terjadi di Estadio Nacional, Lima, Peru pada 24 Mei 1964. Saat itu, korban meninggal mencapai 328 orang dan 500 lebih lainnya terluka.

Adapun jumlah meninggal dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan sebanyak 127 orang. Jumlah ini lebih banyak dari tragedi di Acara Sports Stadium, Accra, Ghana pada 5 September 2001 yang menelan 126 orang jiwa.

Berikut peristiwa dengan korban jiwa terbanyak di sepak bola:

1. 4 Mei 1964 Lima, Peru

Ada 328 orang tewas dan 500 lainnya terluka dalam kerusuhan di Stadion Nasional setelah Argentina mengalahkan Peru dalam pertandingan kualifikasi Olimpiade.

2. 23 Juni 1968 Buenos Aires, Argentina

Ada 74 orang tewas dan lebih dari 150 lainnya terluka setelah pertandingan River Plate vs Boca Juniors. 71 orang tewas adalah pendukung Boca Juniors.

3 . 2 Januari 1971 Glasgow, Skotlandia

Laga di Stadion Ibrox Park di Glasgow antara  Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers menyebabkan 66 orang tewas. Tragedi itu terjadi karena pembatas runtuh ketika ribuan penggemar berjalan keluar dari stadion.

4. 20 Oktober 1982 Moskow, Rusia

Total 66 orang tewas saat penonton meninggalkan pertandingan Piala UEFA antara Spartak Moscow dan Haarlem, dari Belanda, di Stadion Luzhniki.

5. 29 Mei 1985  Brussel, Belgia

Ada 39 orang tewas dalam kerusuhan yang terjadi pada final Piala (Liga) Champions antara Liverpool dan Juventus di Stadion Heysel, Brussel, Belgia.

6. 12 Maret 1988 Kathmandu, Nepal

Ada 93 orang tewas ketika ribuan penggemar sepak bola yang berdesakan ke pintu keluar stadion yang terkunci untuk menyelamatkan diri ketika tiba-tiba terjadi badai.

7. 15 April 1989 Sheffield, Inggris

Tercatat 96 tewas dan ratusan terluka di Stadion Hillsborough yang penuh sesak. Peristiwa ini terjadi babak semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest pada 15 April 1989.

8. 16 Oktober 1996 Guatemala City, Guatemala

Ada 84 orang tewas dan 147 lainnya terluka saat kualifikasi Piala Dunia antara Guatemala dan Kosta Rika.

9. 9 Mei 2001 Stadion Accra Sport, Ghana

Ada 126 orang meninggal saat pertandingan derby Liga Utama Ghana, antara tuan rumah Hearts of Oak menjamu Asante Kotoko.

10. 1 Februari 2012 Port Said, Mesir

Total 74 orang tewas dan lebih dari 500 lainnya terluka setelah pertandingan antara al-Masry dan al-Ahly. Kejadian ini membuat Liga Mesir dihentikan selama satu tahun.

11. 1 Oktober 2022 Malang, Indonesia

Pihak kepolisian menyebut ada 127 orang meninggal dunia dalam tragedi Stadion Kanjuruhan Malang ini. Kericuhan terjadi usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang. Suporter masuk lapangan sementara polisi menembakkan gas air mata yang membuat penonton panik dan berdesakan keluar. Korban meninggal kebanyakan karena sesak nafas, berdesak-desakan dan terinjak saat mencoba keluar dari tribun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES