Olahraga

Mengetahui Proses Seleksi untuk Memilih Pemenang Ballon dOr

Selasa, 18 Oktober 2022 - 15:13 | 27.41k
Karim Benzema terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or tahun 2022. (FOTO: AFP)
Karim Benzema terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or tahun 2022. (FOTO: AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKarim Benzema terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or 2022. Itu adalah hasil penampilan luar biasa sepanjang tahun 2021 hingga 2022 ini di semua kompetisi.

Bintang Real Madrid tersebut meraih penghargaan bergengsi tersebut pada malam penghargaan yang dilakukan di Theatre Du Chatelet, Paris, Perancis, Selasa (18/10/2022) dini hari WIB.

Advertisement

Dalam penghargaan itu, pemain asal Perancis tersebut berhasil menyisihkan deretan pemain lain seperti Kevin De Bruyne dan Sadio Mane.

Benzema menjadi pemain Perancis kelima yang mampu memenangi Ballon d'Or setelah Raymond Kepo, Michel Platini, Jean-Pierre dan Zinedine Zidane.

Sedangkan Lionel Messi, pemain PSG tersebut memenangkan Ballon d'Or paling banyak dengan enam trofi, dan kedua yakni Cristiano Ronaldo memiliki lima trofi.

Lalu, bagaimana sih proses seleksi untuk memilih pemenang Ballon d'Or bekerja? Bagaimana prosedur pemungutan suaranya?

Mengutip dari GOAL, daftar awal yang terdiri dari 30 nama yang bakal bersaing merebutkan Ballon d'Or disusun oleh tim editorial di Fance Football, sebuah publikasi sepakbola mingguan Perancis yang merupakan salah satu kabar ternama.

Lalu setelah itu, dewan juri yang terdiri dari para jurnalis dari berbagai negara disatukan, termasuk jurnalis dari Indonesia sendiri. Mereka kemudian diberi tugas untuk memilih pemain yang mereka anggap layak untuk menduduki posisi pertama, kedua dan ketika.

Proses Voting  Ballon d'Or

Setelah dewan juri ditentukan, mereka lalu akan memilih lima pemain teratas mereka dari dalam daftar 30 nama pemain dan kemudian menyusunnya berdasarkan peringkat prestasi sesuai penilaian mereka.

Aturan dan regulasi yang harus dipatuhi oleh dewan juri dalam pemilihan dan menentukan peringkat lima besar dalam pilihan mereka adalah, pertama, penampilan individu dan kolektif (pemenang) sepanjang tahun. Kedua, kelas pemain (bakat dan fair play). Dan ketiga, penilaian keseluruhan dari karir pemain.

Pemain yang berada di peringkat teratas dalam setiap pilihan jurnalis akan mendapatkan enam poin, dengan yang kedua mendapatkan empat poin, yang ketiga untuk peringkat berikutnya dan berkurang satu poin sampai posisi kelima.

Memilih pemenang Ballon d'Or

Setelah setiap anggota dewan juri memilih lima pemain teratas mereka untuk penghargaan Ballon d'Or, total poin dihitung dan ditambahkan, dan pemain yang menerima poin terbanyak akan diberikan penghargaan tertinggi.

Namun jika ada dua pemain dengan nilai yang sama diposisi pertama, maka yang teratas akan ditentukan oleh berapa kali mereka terpilih di urutan nomor satu dalam setiap daftar milik para jurnalis. Jika masih seimbang, maka akan dilihat seberapa banyak mereka dipilih di posisi kedua, lalu ketiga dan begitu seterusnya.

Jika masih sama, maka akan diadakan voting atau pemungutan suara yang baru hanya untuk menentukan pemenang di antara dua pemain yang memiliki nilai sama. Seandainya masih belum ketahuan pemenangnya, maka direkrut editorial France Football, sebagai ketua juri akan dipanggil untuk membuat keputusan akhir.

Performa Karim Benzema

Tahun 2021 hingga 2022 ini Karim Benzema memang tampil dengan performa yang luas biasa. Dengan Real Madrid, ia total mencetak 11 gol plus 15 assist dari 46 penampilan di semua kompetisi tahun 2021-2022.

Rinciannya, ia mencetak 27 gol dari 32 pertandingan Liga Spanyol dan 15 gol dari 12 penampilan di panggung Liga Champions. Gol-gol dari pemain Muslim tersebut jadi faktor penting di balik keberhasilan Los Blancos jadi juara Liga Spanyol dan Liga Champions.

Dengan timnas Perancis, total musim lalu Karim Benzema mencetak 50 gol dan 16 assists dari 56 pertandingan di level klub dan timnas yang menghadirkan empat trofi bergengsi baginya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES