Olahraga WSBK Mandalika 2022

Berpeluang Kunci Juara Dunia di Sirkuit Mandalika, ini Komentar Alvaro Bautista

Jumat, 11 November 2022 - 14:54 | 6.82k
Pembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista saat menjalani free practice 2 dalam WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/11/2022). (foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Pembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista saat menjalani free practice 2 dalam WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/11/2022). (foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
FOKUS

WSBK Mandalika 2022

TIMESINDONESIA, MANDALIKA – Pembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista berpeluang mengunci gelar juara dunia World Superbike 2022 (WSBK) pertamanya di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini. Namun pembalap  asal Spanyol itu proses juara tidak akan mudah dan meyakini balapan akan berjalan rumit dan sulit.

Alvaro Bautista mengatakan, ia lebih fokus dalam masalah teknis dan mencoba untuk melakukan yang terbaik ketimbang memikirkan gelar juara dunia WSBK 2022.

Advertisement

"Sejujurnya, saya tidak merasa gugup," kata Bautista yang dikutip situs resmi WSBK pada Kamis (10/11/2022).

"Ini akan menjadi pertama kalinya kami bersama Ducati, jadi kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, terutama pada Jumat untuk menemukan referensi yang baik, pengaturan motor, gearing. Yang pasti kami harus bekerja seperti yang kami lakukan di Argentina."

Alvaro Bautista saat ini unggul 82 poin atas saingan terdekatnya di klasemen pebalap, Toprak Razgatlioglu dari tim Pata Yamaha with Brixx yang merupakan juara bertahan WSBK.  Alvaro Bautista saat ini total telah mengumpulkan 507 poin dengan dua seri balapan tersisa.

Kemudian di posisi ketiga klasemen WSBK 2022 ada Jonathan Rea dari Kawasaki Racing Team, dengan raihan 409 poin atau tertinggal 98 poin dari Bautista.

Musim WSBK 2022 sendiri tinggal menyisakan dua seri, yakni WSBK Mandalika dan WSBK Australia di Phillip Island. Alvaro Bautista bisa mengemas gelar juara WSBK 2022 di Indonesia dengan catatan dia finis dengan keunggulan 17 poin atas Toprak dan satu poin atas Rea.

 

Toprak Tercepat di Latihan Bebas

Alvaro-Bautista-wsbk-2.jpgPembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista saat menjalani free practice 2 dalam WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/11/2022). Alvaro Bautista  berpeluang mengunci gelar juara dunia di Mandalika. (foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Sementara itu, Toprak Razgatlioglu menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas 1 (free practice), Jumat (11/11/2022).
Melahap lintasan yang kering, Toprak mencatat waktu 1 menit 36.938 detik. Iker Lacuona dari tim HRC menjadi tercepat kedua dengan catatan waktu 1 menit 37.127 detik.

Sementara itu, Alvaro Bautista hanya bisa menempati posisi ke-3 tercepat. Pebalap asal Spanyol itu hanya kalah 0,571 detik dari Toprak Razgatlioglu. Bautista memacu motor Ducati Panigale V4R selama 19 lap dalam sesi yang berlangsung 45 menit ini. 

 

Skenario Juara Alvaro Bautista 

Alvaro-Bautista-wsbk-3.jpgPembalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista saat menjalani free practice 2 dalam WSBK Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/11/2022). Alvaro Bautista saat ini memuncaki klasemen sementara dan unggul 80 poin dari pesain terdekatnya Toprak Razgatlioglu. (foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Berdasarkan situs resmi WSBK, berikut skenario Alvaro Bautista untuk memenangkan gelar juara WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika:

Bila Bautista menang dan Razgatlioglu finis di urutan ke-8 atau lebih rendah maka dia akan dinobatkan sebagai juara di Race 1 yang akan berlangsung Sabtu (12/11).

Rea, yang peluang gelarnya sangat tipis, perlu memenangkan setiap balapan Mandalika agar tetap bertahan dalam perburuan gelar sebelum pindah ke seri terakhir di Phillip Island, Australia.

Bila Bautista menang Race 1 dan Razgatlioglu finis ke-2, maka Bautista harus memenangkan Superpole Race untuk merebut gelar.

Bila Razgatlioglu memenangkan Race 1 dan Bautista finis ke-2, Bautista harus memenangkan Race Superpole dan Razgatlioglu finis P9 atau lebih rendah untuk menyegel gelar.

Selain itu, bila Bautista finis di luar dua besar, maka perebutan gelar dunia akan dilanjutkan pada Minggu (13/11) saat Superpole Race dan Race 2 digelar.

Apabila Bautista memenangkan kejuaraan akhir pekan ini maka itu akan menandai pertama kalinya dalam sejarah Ducati bahwa mereka memenangkan kejuaraan MotoGP dan WSBK di musim yang sama.

Alvaro Bautista memenangkan gelar juga akan memberikan Ducati kejuaraan WSBK pertama mereka sejak dimenangkan Carlos Checa pada 2011. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES