Olahraga Piala Dunia 2022

Robert Lewandowski Inspirasi Skuad Polandia

Senin, 14 November 2022 - 11:18 | 15.34k
Robert Lewandowski Inspirasi Skuad Polandia
Pelatih Timnas Polandia Czeslaw Michniewicz mengandalkan striker senior Robert Lewandowski di Piala Dunia 2022. (foto: FIFA)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelatih Timnas Polandia Czeslaw Michniewicz menyebut keberadaan striker senior Robert Lewandowski menjadi sosok penting bagi tim di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Robert adalah pemain yang fantastis dan seseorang yang diinginkan oleh setiap tim di dunia dalam susunan pemain mereka. Meskipun dia seorang striker, dia melakukan lebih banyak untuk tim kami daripada hanya mencetak gol. Dia kapten sejati tidak hanya di lapangan tetapi juga di luar lapangan," ucap Czeslaw Michniewicz seperti dikutip dari FIFA+.

Di Piala Dunia 2022, Polandia yang berada di Grup C akan mengawali laga melawan Meksiko pada 22 November. Setelah itu, Polandia akan menghadapi Arab Saudi dan raksasa Amerika Latin, Argentina.

Czeslaw Michniewicz menyebut, Robert Lewandowski yang berusia 34 tahun adalah sosok panutan, terutama untuk pemain muda. Pelatih berusia 51 tahun ini bercerita, di kamp pelatihan tim nasional, Robert Lewandowski yang sudah mencetak 76 gol dan bemain sebanyak 176 kali besama Timnas Polandia sering terlihat berbicara dengan para pemain muda dan memberi mereka nasihat. 

"Kerja sama kami berjalan sangat baik. Kami berbicara banyak tentang apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik terkait tim. Robert sangat ingin pergi ke Piala Dunia ini, dan terbukti bahwa dia melakukan semua yang dia bisa untuk mewujudkannya. Sikap itu menyebar ke seluruh tim. Robert adalah duta yang sangat baik untuk sepak bola Polandia," ucapnya.

Timnas-Polandia-b.jpgRobert Lewandowski menjadi sosok penting bagi tim di Piala Dunia 2022 Qatar. (foto: imago)

Czeslaw Michniewicz yang ditunjuk sebagai pelatih Polandia pada Januari 2022 lalu juga berbicara mengenai peran pemain muda. Dia meyakini, pemain muda akan memberi dampak bagus di Qatar nanti. Pemain muda banyak dibawa Czeslaw Michniewicz ke timnas senior. Czeslaw Michniewicz sebelumnya melatih timnas U-21. Karena itu, banyak muka-muka baru yang menghuni The Eagles, - julukan Timnas Polandia. 

"Saya mengenal banyak pemain yang sekarang saya panggil untuk tim nasional dengan sangat baik dari pekerjaan saya dengan tim nasional U-21. Mereka tahu bagaimana saya bekerja dan kami banyak berbicara sebelum kamp pelatihan pertama, yang membuat segalanya lebih mudah bagi kami semua ketika saya pertama kali menerima pekerjaan itu," ucapnya. 

"Itu juga berdampak pada seluruh tim nasional dan atmosfer di dalamnya. Namun, kita harus ingat bahwa ada juga pemain di tim kita yang masih muda dan menjanjikan. Saya memikirkan Nicola Zalewski di Roma atau Jakub Kaminski di Wolfsburg. Mereka adalah pemain hebat yang bisa berkontribusi banyak untuk skuat kami."

Target Lolos Fase Grup

Polandia bergabung dengan Meksiko, Arab Saudi, dan Argentina di Grup C. Czeslaw Michniewicz menyebut sebagai grup yang sulit dan menantang, khususnya pada lawan non Eropa. Namun, ia memastikan, saat ini semuanya akan fokus pada laga pertama yang penting dan sulit melawan Meksiko.

"Kami melawan tiga tim non-Eropa, jadi lebih sulit bagi kami untuk menonton langsung pertandingan lawan kami. Meskipun tidak diragukan lagi kami akan menghadapi tiga rival yang menantang dan tiga pertandingan yang sangat sulit, kami berusaha untuk tetap mengikuti pengamatan kami terhadap lawan kami," ucapnya.

Dengan lawan yang super berat, Czeslaw Michniewicz mencoba realitis dan berharap bisa memenuhi target awal, yakni lolos dari fase grup.

"Melewati babak sistem gugur akan memenuhi harapan kami serta para penggemar dan jurnalis. Kami memiliki skuad yang menarik, termasuk bintang kelas dunia dalam diri Robert Lewandowski, pemain (lainnya) yang memainkan peran utama untuk klub mereka di liga terbaik Eropa, dan beberapa pemain muda yang sangat berbakat. Perpaduan antara pemuda dan pengalaman itu jelas merupakan keuntungan bagi kami. Saya ingin para penggemar mencintai kami dan melihat tim di lapangan berjuang dan memberikan yang terbaik. Tentu saja, melewatinya akan sukses, tetapi kami tahu betapa sulitnya tugas yang menanti kami," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES