Olahraga

Borong 14 Emas, Cabor Dayung Kabupaten Bandung Juara Umum di Porprov Jabar

Jumat, 18 November 2022 - 16:38 | 20.09k
Borong 14 Emas, Cabor Dayung Kabupaten Bandung Juara Umum di Porprov Jabar
Manajer Tim Dayung Kabupaten Bandung, Rudie Kusmayadi mengalungkan medali emas kepada atlet dayung Kabupaten Bandung. (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Cabang olahraga dayung Kabupaten Bandung berhasil mendapatkan prestasi gemilang memboyong 14 medali emas, di ajang Porprov Jabar ke XIV/2022.

Dengan perolehan 14 medali emas itu,  Kabupaten Bandung menjadi yang terbanyak mengoleksi medali dari cabor dayung, hingga dinobatkan sebagai juara umum dari cabor Dayung untuk Porprov 2022.

Tim Cabor Dayung yang  tanding kandang, karena berlaga sebagai tuan rumah ini, menggelar seluruh pertandingan dayung di Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan dan aliran Sungai Cisangkuy, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.

Tim Kabupaten Bandung sudah menunjukkan keperkasaannya dalam menguasai klasemen perolehan medali dari awal kompetisi. Hal ini terlihat sejak awal pertandingan, di mana tim dayung Kabupaten Bandung terus menduduki posisi pertama dalam raihan medali di Porprov XIV Jabar 2022.

Menyusul di posisi kedua, diraih oleh kontingen Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor dengan raihan medali masing masing 6 emas. Adapun jenis Nomor yang dipertandingan cabor Dayung diantaranya Rowing, Canoeing, TBR (dragon boat) dan Slalom.

TIM-Dayung-Kabupaten-Bandung.jpg

Cabor Dayung  untuk Porprov kali ini  diikuti oleh  17 kota dan kabupaten se-Jawa Barat. diantaranya Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kota Cimahi, Kab. Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut dan Kabupaten Subang.

Perolehan medali emas tim dayung Kabupaten Bandung pada Porprov XIV sudah melampaui target yang sebelumnya ditetapkan oleh KONI Kabupaten Bandung yaitu delapan emas dan di atas perolehan medali emas pada Porprov XIII tahun 2018 yaitu 3 emas.

Manajer Tim Dayung Kabupaten Bandung, Rudie Kusmayadi menyampaikan hasil yang dicapai oleh Tim Dayung Kabupaten Bandung merupakan prestasi yang luar biasa membanggakan.

“Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dalam latihan yang sudah dijalani serta didukung dengan kekompakan dari para pengurus, pelatih dan atlet,” kata Rudie yang juga Ketua Umum Pengcab PODSI Kabupaten Bandung, Jumat (18/11/22).

Rudie yang menjabat Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung ini berharap raihan medali emas dari tim dayung dapat memberikan sumbangsih besar bagi akumulasi perolehan medali Kabupaten Bandung.

Prestasi cabor dayung tak luput dari apresiasi Bupati Bandung Dadang Supriatna karena telah membawa nama harum Kabupaten baik di Tingkat Jabar hingga di tingkat nasional, terutama di PON Papua.

"Saya bangga dan terharu dari target sebanyak delapan medali, ternyata hasil di lapagan mampu menyabet 14 medali emas, serta perak dan perunggu. Artinya medali ini dapat menambah perbendaharaan medali bagi kontingen Kabupaten Bandung di ajang Proprov XIV Jabar 2022," kata Bupati Bandung.

Dengan hasil ini Bupati Bandung, Dadang Supriatna menilai Cabor Dayung telah sukses menjadi tuan rumah dan sukses dalam pembinaan atlet dayung. di Kabupaten Bandung  dan menunjukkan kehadalannya dalam menguasai nomor-momor dan kelas yang dipertandingkan dari awal kompetisi.

Hal ini terlihat sejak awal pertandingan, di mana Tim Dayung Kabupaten Bandung terus menduduki posisi pertama dalam raihan medali di Porprov XIV Jabar 2022.

Posisi kedua, diraih kontingen Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor dengan masing masing 6 medali emas.

Hingga Jumat (18/11/22), Kontingen Kabupaten Bandung hingga Jumat (18/11) masih bertengger di peringkat keempat Porprov Jabar XIV.

Setelah beberapa hari bertengger di posisi 5 besar, mulai menaiki satu tangga klasemen dan mengejar target untuk menjadi 3 Besar.

Perolehan medali Kabupaten Bandung sudah mencapai  182 medali,  dengan perincian 62 medali emas, 52 medali perak dan 68 medali perunggu.

Capaian ini  menempatkan Kabupaten Bandung berada di posisi 4 teratas pada klasemen sementara perolehan medali Porprov Jabar 2022.

Pencapaian tersebut, tentu tidak lepas dari peran Bupati Bandung Dadang Supriatna yang selalu memberikan motivasi kepada semua atlet yang bertanding di Porprov Jabar. Salah satunya dengan pemberian bonus bagi yang berhasil meraih medali.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES