Olahraga Piala Dunia 2022

Pembukaan Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Qatar Kalah 2-0 dari Ekuador

Senin, 21 November 2022 - 01:35 | 19.39k
Pembukaan Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Qatar Kalah 2-0 dari Ekuador
Selebrasi Enner Valencia usai mencetak gol di laga Qatar vs Ekuador, pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Natacha Pisarenko
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua gol Enner Valencia, membawa Ekuador sebagai pemenang setelah mengalahkan tuan rumah Qatar pada laga pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al-Bayt, Al-Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam.

Enner Valencia membuka kemenangan itu dengan penalti di menit ke 16 dan sundulan kepala di menit ke 32.

Ekuador sendiri menjalani kampanye kualifikasi yang mengesankan , hanya kalah sekali di kandang.

Sedangkan tuan rumah Qatar adalah juara bertahan Asia, memenangkan gelar Piala Asia pertama mereka pada tahun 2019 dan juga finis ketiga di Piala Arab 2021.

Enner Valencia memiliki awal impian untuk Piala Dunianya saat Ekuador menggandakan keunggulan mereka berkat bola panjang yang indah dari luar kotak penalti di sebelah kanan saat bola menemukan penyerang itu yang menyundul bola dengan luar biasa ke kanan Al Sheeb.

Bahkan bisa dibilang memiliki hat-trick 30 menit jika bukan karena gol yang dianulir sebelumnya.

Qatar berada dalam masalah nyata  karena mereka bahkan belum menyentuh bola di dalam kotak  Ekuador. Almoez Ali tanpa basa-basi menjatuhkan Valencia yang maju di luar kotak penalti dan mendapat kartu kuning pertama di pertandingan itu.

Tanda-tanda frustrasi yang jelas dari para pemain Qatar karena mereka tidak mampu merangkai operan bersama karena tim Ekuador mendominasi penguasaan bola hingga 58%.

Kartu kuning juga dikeluarkan untuk pemain Ekuador, Caicedo karena menjatuhkan pemain Qatar di dekat garis tengah dan wasit langsung mengeluarkan kartu tersebut.

Di Stadion Kriket Kota Asia di pinggiran Doha, ribuan orang menonton pertandingan pembukaan Piala Dunia itu. Sekelompok orang Ghana sedang berdiskusi, berdebat, dan memprediksi tontonan yang sedang berlangsung.

"Qatar perlu menyerang, menguasai lebih banyak," kata Joseph Asante, seorang buruh seperti disampaikan kepada Al Jazeera. "Mereka tampak lebih gugup saat menguasai bola. … Mungkin ini kesempatannya," kata dia.

Kegembiraan di stadion datang dari sisi kanan, tribun Ekuador. Sebaliknya ada keheningan yang menakutkan dari tuan rumah. Ini bukan bagian dari rencana permainan.

Reporter Al Jazeera yang berada di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador melaporkan, bahwa pendukung negara itu menjadi "liar" setelah kapten Enner Valencia membuat timnya unggul 2-0 melawan tuan rumah Piala Dunia Qatar.

"Orang-orang mengatakan bahwa tim Qatar berada di bawah tekanan lebih dari tim Ekuador dan itu merupakan keuntungan bagi yang terakhir," kata reporter itu.

"Sejauh ini sepertinya begitu. Ekuador mendominasi bola. Dan setiap kali ada sesuatu yang mendekati tujuan, orang-orang melompat-lompat dan berdoa," tambahnya.

Selain Ekuador yang kini memuncaki klasemen, Qatar berada di grup A Piala Dunia 2022 bersama Belanda dan juara Afrika, Senegal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES